Sukses

6 Fakta Menarik Mauritius, Negara di Lepas Pantai Timur Afrika yang Memiliki Ilusi Air Terjun Bawah Laut

Mauritius merupakan negara kepulauan di Samudra Hindia, terletak di lepas pantai timur Afrika. Secara fisiografis, wilayah yang memiliki air terjun bawah laut itu adalah bagian dari Kepulauan Mascarene.

Liputan6.com, Jakarta - Mauritius merupakan negara kepulauan di Samudra Hindia, terletak di lepas pantai timur Afrika. Secara fisiografis, wilayah itu adalah bagian dari Kepulauan Mascarene. Ibu kota Mauritius adalah Port Louis.

Mengutip dari Britannica, Jumat, 9 Juni 2023, Mauritius terletak sekitar 800 km di  timur Madagaskar, Samudera Hindia. Wilayah terluarnya adalah Pulau Rodrigues, terletak sekitar 550 km ke arah timur, Beting Cargados Carajos ke arah timur laut, dan Kepulauan Agalega di utara dari pulau utama. Mauritius juga mengklaim kedaulatan atas Kepulauan Chagos ke arah timur laut, meskipun klaim ini dibantah oleh Inggris.

Pulau Mauritius berasal dari gunung berapi dan hampir seluruhnya dikelilingi oleh terumbu karang, Danau Vacoas salah satu waduk utama adalah sumber air utama. Negara kepulauan ini tidak memiliki penduduk asli, melainkan ditemukan oleh penjajah Eropa pada abad ke-16.

Sejak saat itu bangsa Hindia, China, dan Eropa berdatangan ke sana dan membentuk budaya percampuran. Masih banyak hal mengenai Mauritius selain letak geografisnya. Berikut enam fakta menarik Mauritius yang dirangkum Liputan6.com pada Jumat, 9 Juni 2023.

1. Air Terjun Bawah Laut

Pulau Mauritius punya pemandangan yang menakjubkan jika dilihat ketika melintasi pulau bagian barat karena memiliki air terjun bawah laut di dekat pantainya. Namun uniknya air terjun bawah air ini cuma ilusi dari pasir yang ada di lautan mauritius.

Ilusi pasir ini terjadi lantaran percampuran pasir dan lumpur yang menciptakan ilusi air terjun bawah air. Gabungan tersebut seperti seolah jatuh ke dalam jurang, potret pemandangan Mauritius ini bertebaran di dunia maya dengan nama Underwater Vortex Mauritius. Lebih uniknya lagi, ilusi mata ini juga bisa dilihat dengan Google Maps.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Penduduk di Mauritius Bicara Banyak Bahasa

Kira-kira dua pertiga penduduknya berasal dari Indo-Pakistan, yang sebagian besar adalah keturunan buruh kontrak yang dipekerjakan di industri gula selama abad ke-19 dan awal abad ke-20. Sekitar seperempat populasinya adalah Kreol (keturunan campuran Prancis dan Afrika), dan ada sejumlah kecil orang keturunan Tionghoa dan Prancis-Mauritius.

Sementara untuk bahasa, meskipun bahasa Inggris adalah bahasa resmi hanya dituturkan oleh sebagian kecil populasi. Kreol, sebuah logat bahasa Prancis, dituturkan oleh sekitar empat per lima populasi dan merupakan lingua franca negara tersebut.

Bhojpuri, bahasa Indo-Arya, dituturkan oleh sepersepuluh populasi, dan Prancis dituturkan oleh sebagian kecil orang. Bahasa lain yang digunakan di pulau itu termasuk bahasa Hindi, China, Marathi, Tamil, Telugu, dan Urdu. Mauritians umumnya berbicara dua, tiga, atau bahkan lebih bahasa, dan sistem pendidikan mendukung berbagai pengajaran bahasa.

3. Kepadatan Penduduk Tertinggi di Afrika

Mauritius memiliki populasi  sekitar 1,3 juta orang yang tinggal pada luas 790 mil persegi. Mauritinus merupakan salah satu negara yang mempunyai kepadatan penduduk tertinggi di dunia dengan 1.634 orang per mil persegi. Negara lainnya yaitu Monaco, Singapura, Bahrain, Bangladesh, dan Malta yang lebih tinggi jumlahnya.

3 dari 4 halaman

4. Mauritius Punya Hewan Langka

Jika ke Mauritius Anda akan menemukan banyak hewan yang mungkin tak ada di belahan bumi lain. Salah satunya Mauritius adalah habitat asli dari burung dodo yang telah punah.

Burung dodo merupakan jenis yang tidak bisa terbang. Menurut peneliti kepunahan burung dodo terjadi sejak manusia datang ke Mauritius.

Ukurannya yang besar membuat burung dodo mudah terlihat. Belum lagi dodo tidak takut dengan manusia. Di pulau Mauritius tak ada predator yang memangsa burung dodo.

Burung dodo terakhir terbunuh pada 1681. Kini burung dodo menjadi simbol negara Mauritius. Selain burung dodo ada pula pink pigeon, jenis merpati langka yang hanya ada di Mauritius tapi karena aktivitas manusia, satwa langka di Mauritius ini juga terancam punah.

5. Wisata di Mauritius

Sebagai negara kepulauan tentu wisata antarpulau atau island hopping sangat menarik dilakukan di Mauritius, apalagi jarak antarpulaunya sangat dekat. Dengan kapal cepat, turis dapat dengan mudah mencapai pulau-pulau terdekat, seperti Ile aux Cerfs, Ile aux Aigrettes, Ilot Gabriel, Ile d'Ambre, Ile au Ronde, Ile Benetiers, Ile de deux Cocos, Coin de Mire, atau Flat.

Mauritius juga memiliki destinasi menyelam yang menakjubkan dengan tingkat kesulitan dan kedalaman yang bervariasi. Dua dari tempat menyelam terbaik Mauritius terletak tak jauh dari Pearle Beach Hotel dan Villas Caroline Hotel di Flic en Flac, Rempart Serpent dan La Cathédrale.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner di Mauritius

Mengutip dari laman TasteAtlas, Jumat, 9 Juni 2023, Roti Chaud adalah roti pipih tradisional yang berasal dari Mauritius. Camilan ini pada dasarnya adalah roti pipih yang diisi dengan rougaille (saus berbahan dasar tomat) dan kari kacang mentega yang dikenal sebagai gros pois.

Roti pipih diisi, digulung menjadi bungkus, lalu disajikan dengan susunan acar dan chutney. Roti biasanya dibuat dengan kombinasi tepung, minyak, air hangat, dan garam, sedangkan grois pois dibuat dengan kombinasi kacang mentega, tomat, kaldu, ketumbar, bawang putih, dan jahe.

Hidangan ini bisa ditemukan di warung makan pinggir jalan Mauritius, tapi bisa juga disiapkan di rumah. Selanjutnya ada Hakien sebagai hidangan tradisional Mauritius yang terdiri dari bungkus adonan tepung yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan diisi dengan bahan-bahan seperti daging babi, udang, sayuran, atau ayam.

Karena kemiripannya dengan lumpia China yang terkenal, dapat dikatakan bahwa hakien dipengaruhi oleh masakan China. Biasanya hidangan disajikan sebagai hidangan pembuka, dengan saus cabai-bawang putih atau chutney di sampingnya, digunakan untuk mencelupkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini