Sukses

Sempat Dirahasiakan, Pangeran William dan Kate Middleton Datang ke Pernikahan Putra Mahkota Kerajaan Yordania Pangeran Hussein

Kehadiran Pangeran William dan Kate Middleton sempat dirahasiakan dan hanya dikonfirmasi oleh media pemerintah Yordania beberapa jam sebelum dimulainya upacara istana.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Inggris William dan istrinya Kate Middleton diumumkan telah tiba untuk menyaksikan momen sakral pernikahan Putra Mahkota Hussein dan pengantinnya dari Arab Saudi. Kehadiran para bangsawan Inggris dirahasiakan dan hanya dikonfirmasi oleh media pemerintah Yordania beberapa jam sebelum dimulainya upacara istana.

Dari siaran langsung yang disiarkan melalui Facebook Watch terlihat Pangeran William dan Putri Kate tiba sore hari. Pasangan kerajaan itu terlihat serasi, Kate memakai gaun bernuansa peach dengan kerah tinggi dan perhiasan mencolok yang seperti biasa menampilkan sisi anggunnya sebagai calon ratu masa depan, sementara William memakai setelan jas hitam dan dasi biru. 

Kate tampak tersenyum ketika disambut Ratu Rania Al Abdullah dan tampak mengobrol sedikit sebelum memasuki area resepsi. Mengutip dari laman CBS News, Kamis malam (1/6/2023), pernikahan pewaris tahta Yordania berusia 28 tahun dan Rajwa Alseif yang memiliki darah keturunan Arab itu jadi tonggak bersejarah bagi Yordania. Perayaan yang dimulai Kamis sore, juga memperkenalkan Hussein kepada khalayak yang lebih luas.

Pernikahan itu akan menopang urutan suksesi keluarga kerajaan, menyegarkan citranya setelah perseteruan istana. Bahkan dapat membantu Yordania yang miskin sumber daya menjalin ikatan strategis dengan tetangganya yang kaya minyak, Arab Saudi.

Penandatanganan kontrak pernikahan akan berlangsung di Istana Zahran di Amman, yang belum pernah melihat kemegahan dan keadaan seperti itu sejak tahun 1993, ketika, pada hari yang cerah di bulan Juni, Abdullah menikahi Rania, yang lahir di Kuwait dari orang tua Palestina. Beberapa dekade sebelumnya, ayah Abdullah, mendiang Raja Hussein, mengikrarkan sumpahnya di taman yang sama dengan istri keduanya, warga Inggris Antoinette Gardiner.

Pada Kamis pagi, para tamu dari Arab Saudi untuk pria mengenakan jubah dishdasha putih dan wanita dengan abaya berwarna cerah. Mereka masuk melalui lobi marmer Hotel Four Seasons di Amman. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dihadiri Tokoh Penting Dunia

Noura Al Sudairi, bibi dari mempelai wanita, mengenakan celana olahraga dan sepatu kets dalam perjalanan untuk sarapan. "Kami semua sangat bersemangat, sangat senang dengan persatuan ini," katanya.

Ia menyambung, "Tentu saja itu hal yang indah untuk keluarga kami, dan untuk hubungan antara Yordania dan Arab Saudi."

Selain Pangeran dan Putri Wales, daftar tamu termasuk sederet bangsawan dan pejabat asing, termasuk bangsawan senior dari Eropa dan Asia. Turut hadir Ibu Negara Jill Biden dan utusan iklim AS John Kerry.

Kemungkinan peserta lainnya termasuk bangsawan Saudi, karena ibu Alseif menelusuri asal-usulnya ke istri pendiri Arab Saudi yang berpengaruh, Raja Abdul-Aziz Al Saud, Ayahnya yang miliarder memiliki perusahaan konstruksi besar di kerajaan. 

Kegembiraan atas pernikahan kerajaan sebagai acara kerajaan terbesar Yordania selama bertahun-tahun telah berlangsung beberapa hari sebelumnya di ibu kota Amman. Seperti keramaian spanduk ucapan selamat Putra Mahkota Hussein dan pengantinnya yang berseri-seri menghiasi bus dan menggantung di jalan-jalan lereng bukit yang berkelok-kelok. 

3 dari 4 halaman

Spekulasi Busana Pengantin Wanita

Pengamat kerajaan berspekulasi tentang perancang gaun mana yang akan dipilih Alseif dan masih menjadi rahasia resmi.  Nancy Tirana, seorang magang hukum berusia 28 tahun, mengatakan bahwa dia menghabiskan minggu lalu untuk mengamati setiap gerakan dan jahitan pakaian Alseif.

"Dia sangat cantik, sangat anggun, dan terlihat jelas dari bahasa tubuhnya betapa dia mencintai sang ratu," katanya, mengacu pada ibu Hussein yang glamor, Rania.

"Aku merasa seperti semua Jordan akan menikah," sambung Tirana saat dia makan mansaf, hidangan nasional Jordan yang terbuat dari daging kambing dan nasi, sebelum menuju ke konser bertema pernikahan.

Sebanyak 11 juta warga Yordania telah menyaksikan putra mahkota muda menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir, saat ia semakin bergabung dengan ayahnya, Raja Abdullah II, dalam penampilan publik. Hussein telah lulus dari Universitas Georgetown, bergabung dengan militer dan memperoleh pengakuan global berbicara di Majelis Umum PBB.

Pernikahannya, kata para ahli, menandai ritus peralihan penting berikutnya. "Ini bukan hanya pernikahan, ini adalah presentasi calon raja Yordania," kata analis politik Amer Sabaileh sambil menambahkan bahwa "Masalah putra mahkota telah ditutup."

Pernikahan tersebut dapat menciptakan momen singkat yang menyenangkan bagi warga Yordania selama masa ekonomi yang sulit, termasuk pengangguran kaum muda yang terus-menerus dan ekonomi yang sedang sakit. 

 

4 dari 4 halaman

Menggabungkan Tradisi dan Modernitas

Pejabat istana telah mengubah acara tersebut - seminggu setelah ulang tahun ke-77 Jordan - menjadi semacam kampanye. Menggabungkan tradisi dan modernitas, keluarga kerajaan memperkenalkan tagar pernikahan (#Merayakan Al Hussein) dan logo yang ada di mana-mana yang memadukan inisial pasangan tersebut menjadi kata-kata Arab "Kami bersukacita"

Foto dan gulungan dari pesta pacar Alseif - perayaan pra-pernikahan tradisional yang menampilkan pengantin wanita dan teman perempuan serta kerabatnya. Selain itu upacara pertunangan pasangan itu di Arab Saudi musim panas lalu telah terpampang di media yang terkait dengan negara.

Kerajaan menyatakan hari Kamis ini sebagai hari libur umum sehingga kerumunan orang dapat berkumpul setelah upacara pernikahan untuk melambaikan tangan ke iring-iringan jip Land Rover merah pasangan itu. Akan ada prosesi tradisional penunggang kuda yang mengenakan mantel merah pada masa pemerintahan pendiri negara itu, Raja Abdullah I.

Puluhan ribu simpatisan diharapkan berduyun-duyun ke konser gratis dan acara budaya. Layar besar telah dipasang di seluruh negeri agar orang banyak dapat menyaksikan acara tersebut dibuka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.