Sukses

Penjual Fancam Konser Agust D Suga BTS di Jakarta Diancam Boikot Warganet

Bertajuk "SUGA | Agust D D-DAY TOUR," Agust D Suga BTS akan menggelar konser tiga hari, 26--28 Mei 2023, di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - It's finally D-Day! ARMY, sebutan penggemar BTS, resmi menyudahi penantian konser solo perdana Agust D alias Suga BTS di Indonesia. Bertajuk "SUGA | Agust D D-DAY TOUR," Suga BTS akan menggelar konser tiga hari, 26--28 Mei 2023, di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Di tengah euforia menyambut konser tersebut, ada saja drama media sosial yang menyeruak. Setelah "foto Suga di imigrasi bocor," dan menciptakan ombak kekesalan penggemar, ada warganet yang juga bikin gondok karena jualan fancam konser Suga BTS.

Melalui utas di akun Twitter @pasar_engene, 22 Mei 2023, tertulis, "WTS (want to sell) FANCAM KONSER AGUSTD SUGA IN JAKARTA, bukan tiket. FANCAM (114K), 2 FOTO VENUE SITUATION, 2 VIDEO FANCAM 30DETIK (1 VIDEO FOCUS), Bonus peper greeting."

"(Pakai) IPHONE 13 pm, without wm (watermark) bisa klaim wm (watermark), Gdrive/setting 4k, 1 sampai 2 jam, View dari tribune," sambungnya. "Notes semua video dan data yang dijual tidak dijual atau dipakai atau di-share pada orang lain, termasuk tidak digunakan oleh owner, hanya kepada yang beli, semua video hanya untuk buyer."

"Bisa req mau fancam lagu apa, tapi ada beberapa lagu yang udah taken ya," katanya terkait fancam konser Agust D. "Untuk yang request suruh pake kamera dslr, aku ga bisa. Satu, karana aku bukan media, ke-2 dslr (kamera kamera lens) termasuk prohibited item, kecuali kalau festival musik dan kalau dibolehin bawa, ke-3 transfer data susah, dan 4 menyesuikan harga supaya ekonomis."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dirujak Warganet

Lebih lanjut akun itu menulis, "Kalau kalian cari foto or video yang pakai canon eos 5d mark IV yang pake 70-200 mm ada seller lain, dan ini untuk file datanya di pengunaan pribadi dan hak milik orang yang beli, kalau kalian mau pakai untuk apapun itu hak pengunaan kalian."

Di kolom komentar, iklan ini dikritik warganet, dengan salah satunya menulis, "Peak capitalism." "ARMY, enggak usah beli ya. Nanti banyak banget fancam gratis tis tis yang bisa kalian lihat," sambung pengguna lain.

"Terlalu aneh. Ngapain coba jualan fancam?" komentar seorang warganet. "Apa aja dijadiin duit. Real ARMY mah share fancam or streaming kemaren rame banget tuh yang nonton lancar jaya dan G.R.A.T.I.S dong," sahut yang lain.

"Ini admin base-nya nggak mau take down. Malu kali udah banyak yang drag. Ada-ada aja huru hara menjelang konser," tulis yang lain menambahkan bahwa ia hanya ingin ARMY benar-benar bisa menikmati konser solo Suga "tanpa drama."

3 dari 4 halaman

Aturan Konser Agust D Suga BTS

Dalam unggahan media sosialnya, promotor konser Agust D Suga BTS, iME Indonesia, sudah merilis aturan terkait protokol kesehatan dan barang bawaan para penonton. Mereka menulis, "Dear ARMY, demi kenyamanan dan keamanan, pastikan Anda mengikuti protokol kesehatan dan harap periksa item yang dilarang untuk SUGA | Agust D 'D-DAY' TOUR di JAKARTA."

Protokol kesehatannya meliputi menggunakan masker sepanjang waktu, suhu tubuh maksimal 37 derajat celcius, sudah melakukan vaksin COVID-19 booster, sering membersihkan tangan, mencuci tangan secara berkala, serta menutup mulut dan hidung saat batuk maupun bersin.

Sementara, barang-barang yang dilarang adalah tas kebesaran, makanan dan minuman dari luar, botol minuman yang ada isinya, koper, kursi, benda panjang atau payung besar, drone, flashlight dan laser pointer, kamera berlensa, iPad dan tablet, selfie stick dan gimbal stabilizer, tripod, serta senjata dan benda tajam.

Tidak ketinggalan, obat-obatan terlarang, minuman beralkohol, rokok maupun vape, korek api dan objek mudah terbakar lainnya, noise device, kipas tangan besar, head ban besar, wedding veil, costumes, bendera, serta hewan peliharaan juga dilarang masuk venue konser.

4 dari 4 halaman

Ketentuan Tas di Konser Agust D Suga BTS

Promotor juga menjelaskan ketentuan tas yang boleh dibawa ke dalam venue konser Agust D Suga BTS, yakni purse, clutch,waist, drawstring, dan sling bag. Sementara, barang-barang yang dibawa adalah KTP atau paspor, wristband, ekstra masker, power bank, hand sanitizer, wet tissue, dan ARMY bomb.

Di antaranya, penggemar berterima kasih promotor melarang menggunakan wedding veil, sehingga meme "Yoongi, Marry Me," yang mulai dinilai berlebihan, tidak dilanggengkan di konser solo perdana rapper BTS itu di Indonesia. 

Suga telah memulai tur dunia pada 26 April 2023. Amerika Serikat jadi perhentian perdana sebelum berlanjut ke Indonesia, Thailand, Singapura, Korea, dan Jepang. Melansir NME, berikut jadwal lengkap tur dunia Suga di Asia sejauh ini:

Mei

26 – Jakarta, Indonesia, Pameran Konvensi Indonesia

27 – Jakarta, Indonesia, Pameran Konvensi Indonesia

28 – Jakarta, Indonesia, Pameran Konvensi Indonesia

Juni

2 – Yokohama, Jepang, Pia Arena MM

3 – Yokohama, Jepang, Pia Arena MM

4 – Yokohama, Jepang, Pia Arena MM

9 – Bangkok, Thailand, Impact Arena

10 – Bangkok, Thailand, Impact Arena

11 – Bangkok, Thailand, Impact Arena

16 – Singapura, Singapore Indoor Stadium

17 – Singapura, Singapore Indoor Stadium

18 – Singapura, Singapore Indoor Stadium

24 – Seoul, Korea Selatan, Stadion Indoor Jamsil

25 – Seoul, Korea Selatan, Stadion Indoor Jamsil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.