Sukses

Kontes Kecantikan yang Bakal Diikuti Pemenang Puteri Indonesia 2023 Usai YPI Tak Lagi Kirim Wakil ke Miss Universe

Lisensi Miss Universe Indonesia telah berpindah tangan dari Yayasan Puteri Indonesia atau YPI ke PT Capella Swastika Karya. Itu berarti YPI tak lagi mengirim wakil Indonesia ke ajang Miss Universe. Lantas, kontes kecantikan apa yang akan diikuti oleh pemenang Puteri Indonesia 2023?

Liputan6.com, Jakarta - Lisensi Miss Universe Indonesia telah berpindah tangan dari Yayasan Puteri Indonesia atau YPI ke PT Capella Swastika Karya. Itu berarti YPI tak lagi mengirim wakil Indonesia ke ajang Miss Universe. Lantas, kontes kecantikan apa yang akan diikuti oleh pemenang Puteri Indonesia 2023?

"Puteri Indonesia 2023 akan berlomba di Miss International 2023, runner-up 1 akan berangkat ke Miss Supranational 2023, runner-up 2 akan mewakili Indonesia di ajang Miss Charm 2024," kata Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani dalam sambutannya saat malam grand final Puteri Indonesia 2023, Jumat, 19 Mei 2023.

Dalam grand final yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, wakil Jawa Barat Farhana Nariswari Wisandana dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023. Farhana akan berlaga di Miss International 2023 yang akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang, pada 26 Oktober 2023.

Runner-up 1 jatuh kepada Yasinta Aurellia dari Jawa Timur yang juga menyandang gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2023. Ia akan berkompetisi di Miss Supranational 2023 yang rencananya berlangsung di Malopolska, Polandia, pada 14 Juli 2023.

Sedangkan, runner-up 2 diraih oleh wakil Lampung, Lulu Zaharani Krisna Widodo sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2023. Lulu nantinya akan berlaga di Miss Charm 2024 yang diagendakan terlaksana pada 24 Februari 2023 mendatang di Vietnam. Sementara, Patricia Bella Olina (Bangka Belitung 2), Puteri Modiyanti (DKI Jakarta 2), dan Dinda Nur Safira (DI Yogyakarta 1) masuk dalam enam besar kontes Puteri Indonesia 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beri Beasiswa kepada Seluruh Finalis

Dalam video, Putri juga menjelaskan bahwa Pemilihan Puteri Indonesia atau PPI adalah platform yang tertua dan terbesar di Indonesia. PPI dikatakannya telah melahirkan puteri-puteri yang merupakan sumber daya manusia terbaik.

YPI dan PT Mustika Ratu Tbk bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi pemerintah dan swasta, seperti Universitas Indonesia, IPMI, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Bina Sarana Informatika. Sinergi ini dijalin untuk memberi beasiswa kepada pemenang, peraih atribut yang terpilih, dan semua finalis.

"Untuk pendidikan S1 maupun melanjutkan Program S2 dengan kebebasan memilih jurusan yang ada," lanjutnya.

Putri menyebut tahun ini PPI diikuti 45 finalis dari 34 provinsi. "39 finalis merupakan pilihan juri dan enam finalis adalah hasil voting masyarakat," katanya. "Adapun tema yang kami angkat tahun ini adalah "Melalui Puteri Indonesia 2023 kita bangun generasi berintegritas, menjunjung keragaman budaya sebagai makna baru kecantikan," terangnya.

Pihaknya juga berupaya mengajarkan bahwa kecantikan bukan hanya sebatas wajah semata atau beauty. Putri mengungkapkan kecerdasan dan keterampilan yang merupakan brain harus terus diasah.

"Tata krama pergaulan atau perilaku atau behaviour juga terus diperbaiki," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Jawaban Kemenangan Farhana

Jawaban Farhana ketika di Top 3 membawanya berhasil dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023. Saat grand final, ketiga finalis harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Putri Kus Wisnu Wardani dalam waktu 60 detik.

"Farhana, pertanyaannya adalah apakah berbuat baik dan berbuat benar itu sama? Kalau jawabanmu adalah berbeda, maka jelaskanlah perbedaannya," kata Putri.

Farhana lantas menyatakan kesiapannya untuk menjawab kepada pemandu acara Choky Sitohang. Perempuan berusia 26 tahun itu kemudian menjawab dengan mantap dengan menggunakan bahasa Inggris.

"Good evening Indonesia. I believe that doing something good and doing something right are two different things. Doing something good is when we do something based on our intention or desire, helping others is something good for example, but it's not always right (Selamat malam Indonesia. Saya percaya bahwa melakukan sesuatu yang baik dan melakukan sesuatu yang benar adalah dua hal yang berbeda. Melakukan sesuatu yang baik adalah ketika kita melakukan sesuatu berdasarkan niat atau keinginan kita, membantu orang lain adalah sesuatu yang baik misalnya, tapi itu tidak selalu benar)," ungkap Farhana.

4 dari 4 halaman

Tepuk Tangan Meriah

Farhana kemudian melanjutkan jawabannya. "However doing something right is beyond that. It is doing something involving moral values, involving God, and last but not least when you do something that you really really believe deep inside your heart. Thank you (Namun melakukan sesuatu yang benar lebih dari itu, itu adalah melakukan sesuatu yang melibatkan nilai-nilai moral, melibatkan Tuhan, dan yang tak kalah pentingnya, ketika Anda melakukan sesuatu yang benar-benar Anda yakini jauh di lubuk hati Anda. Terima kasih)," tutupnya.

Jawaban Farhana tersebut lantas disambut tepuk tangan meriah dan sorak sorai penonton yang bergemuruh di JCC. "Wow very touchy, thank you," kata Chocky. "I love the answer," timpal Patricia Gouw yang juga memandu acara tersebut.

Sementara, Pemilihan Puteri Indonesia ke-26 ini mengangkat kekayaan budaya dan keindahan dari Provinsi Lampung. Finalis Puteri Indonesia 2023 datang dari berbagai profesi, mulai dari mahasiswi, dokter, model, pengacara, public figure, karyawati hingga pengusaha.

Ketiga pemenang dimahkotai tiga mahkota Borobudur baru yang lebih mewah, agung dan memesona persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT). Mahkota untuk Puteri Indonesia 2023 terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.