Sukses

Dermatologis Ungkap 3 Produk Skincare Mahal yang Bisa Diganti dengan Opsi Alternatif

Dr Muneeb Shah, seorang dermatologis menjelaskan bagaimana tiga produk perawatan kulit utama yang mahal dan orang-orang gunakan setiap hari sebenarnya memiliki alternatif yang lebih murah.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang dermatologis membocorkan tentang produk skincare mahal yang tidak selalu berarti lebih baik dalam perawatan kulit. Hal itu diungkapkan Dr Muneeb Shah yang menjelaskan bagaimana tiga produk perawatan kulit utama yang orang-orang gunakan setiap hari sebenarnya memiliki alternatif yang lebih murah.

"Pembersih adalah sesuatu yang Anda gunakan setiap hari. Jika Anda memiliki pembersih yang mahal, itu akan sangat boros," ungkapnya seperti dikutip dari The Sun, Jumat 12 Mei 2023.

Dr Shah mengatakan mencari pembersih lembut yang menghidrasi adalah kuncinya. Dia mengaku lebih memilih jenis hydrating cream daripada foam cleanser, yang dijual seharga 7 pound sterling atau setara Rp129 ribu di Amazon.

Selain itu micellar water yang sering digunakan untuk membantu menghilangkan riasan, sebaiknya tidak perlu membelinya secara royal untuk mendapatkan kebersihan yang terbaik. Dr Shah menjelaskan, "Cari sesuatu di bawah 15 pound sterling (setara Rp277 ribu), seperti La Roche Posay Micellar Water."

Dia juga mengungkap saat mencari pelembap untuk melengkapi rutinitas perawatan kulit, pilihlah sesuatu yang akan "memulihkan pelindung kulit yang sehat". "Ada penelitian yang menunjukkan pelembab yang lebih mahal cenderung mengandung alergen umum," kata Dr Sha lagi.

"Cari sesuatu yang bebas pewangi, yang mengandung ceramide," sambungnya.

Awal minggu lalu, Dr. Shah mengungkapkan dua mode kulit yang berlebihan, dan pertukaran murah yang lebih baik untuk perawatan kulit Anda. Sebagai dermatologis, ia mengimbau masyarakat untuk tidak membeli sikat pembersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Silikon Pencuci Wajah hingga Pengangkat Komedo

Perangkat pencuci wajah silikon telah menjadi hal yang populer di media sosial selama beberapa tahun terakhir. "Kuas bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rutinitas Anda, tetapi apakah itu perlu? Tidak," katanya dalam video yang dibagikan di media sosial.

Beberapa ahli bahkan telah memperingatkan efeknya yang berpotensi merusak. Alih-alih membeli kuas, ia menyarankan orang cukup menggunakan jari mereka untuk membersihkan wajah yang menurutnya sama efektifnya dan gratis.

Menurutnya hal itu juga bisa menggunakan kain flanel yang tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan riasan, tetapi juga berfungsi ganda sebagai exfoliator. Dalam video terpisah, dokter itu mengecam strip pori kesayangan TikTok.

"Strip pori cukup keras dan tidak mengatasi masalah yang mendasarinya," kata Dr. Shah.

Cara terbaik untuk menghilangkan dan mengurangi kemungkinan munculnya komedo adalah dengan pengelupasan kimiawi yang lembut. Dia menyebut The Ordinary's Salicylic Acid 2 persen Solution adalah pilihan yang populer dan terjangkau, dengan harga hanya 5 pounsterling atau Rp92 ribu di deciem.com.

3 dari 4 halaman

Skincare Tepat untuk Remaja

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, 5 Mei 2023, ketika anak-anak memasuki usia remaja, maka mereka cenderung mulai memerhatikan kesehatan kulitnya. Tak jarang, akhirnya ikut mencoba beberapa produk skincare untuk merawat kulit.

Sekarang memang banyak merek skincare yang mengklaim produknya aman digunakan mulai usia remaja. Meski demikian, memilih produk skincare untuk kulit remaja tetap harus hati-hati.

Pasalnya, tak semua kandungan bahan di dalam skincare aman dan cocok digunakan untuk kulit remaja yang cenderung sensitif. Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa cara memilih skincare untuk remaja:

1. Jangan tergiur produk populer

Sekarang ini, banyak beauty influencer yang membuat konten review skincare. Beberapa produk yang direview biasanya adalah merek-merek terkenal yang memang sedang banyak dicari.

Tak jarang, hal itu bisa menggaet para konsumen yang sedang mencari produk untuk kebutuhan kulitnya. Tetapi, Anda tidak perlu selalu tergiur dengan review atau iklan tersebut. Sebab, kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Anda perlu menyesuaikannya dengan jenis kulitmu.

4 dari 4 halaman

2. Kenali jenis kulit

Mengetahui jenis kulit merupakan hal yang sangat penting untuk memilih skincare yang sesuai. Hal ini bisa lebih memudahkan Anda dalam mencari solusi untuk setiap permasalahan kulit.

Kenali jenis kulit terlebih dahulu, apakah berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif. Setiap jenis kulit memiliki permasalahan dan penanganan yang berbeda.

3. Kenali permasalahan kulit

Setelah mengetahui jenis kulit, Anda akan dengan mudah mengetahui permasalahan kulit yang sedang dialami. Hal itu akan memudahkan dalam mencari produk skincare sesuai dengan permasalahan kulit, misalnya jerawat, kulit kering, noda hitam, kulit kusam, atau masalah kulit lain.

4. Utamakan basic skincare

Menjadi pemula dalam dunia skincare, maka tidaklah perlu langsung membeli banyak produk. Cukup rutin menggunakan basic skincare lebih dulu sebelum mulai menggunakan skincare dengan bahan aktif lain. Anda bisa menggunakan basic skincare berupa face wash, toner, pelembap, dan sunscreen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini