Sukses

Lepas Jubah Saat Pemotretan Resmi Penobatan Raja Charles III, Kate Middleton Disebut Pakai Gaun Lama

Dibalik jubah biru yang tersemat di tubuh Kate Middleton di penobatan Raja Charles III, istri Pangeran William itu mengenakan gaun warna putih ivory yang desainnya sangat tak asing.

Liputan6.com, Jakarta - Penobatan Raja Charles III dan sang istri, Camilla menjadi Raja dan Ratu pemimpin monarki Inggris baru saja usai digelar pada akhir pekan lalu. Salah satu yang paling dibicarakan dalam momen bersejarah tersebut, apalagi kalau bukan gaya penampilan elegan dan mengagumkan dari Princess of Wales, Kate Middleton.

Kate yang hadir dengan mengenakan jubah biru resmi kerajaan dan double headpiece mewah yang terlihat seperti tiara di kepalanya memang membuat semua orang yang melihatnya jadi kagum.  Lewat foto keluarga resmi usai penobatan yang diunggah di laman akun Instagram resmi Raja Charles III dan Ratu Camilla baru-baru ini, terungkap bahwa dibalik jubah biru yang tersemat di tubuh Kate, istri Pangeran William itu mengenakan gaun warna putih ivory yang desainnya sangat tak asing.

Gaun dress dengan siluet cutting garis leher kerah V dihiasi elegan dengan sulaman, dan detail yang sama di sepanjang bagian lengannya. Kate melengkapi penampilannya dengan kalung berlian milik mendiang Ratu Elizabeth II, kalung Diamond Festoon.

Melansir laman Hello Magazine, Selasa, 9 Mei 2023, gaun putih yang dipakai Kate di sesi pemotretan resmi penobatan Raja Charles III tersebut adalah gaun dengan desain yang sama dari desainer Alexander McQueen, seperti yang Kate kenakan di acara pesta resepsi Diplomatic Corps Reception pada 2019.

Bedanya, gaun yang terbuat dari velvet alias beludru yang dikenakannya pada 2019 tersebut berwarna navy blue alias biru tua dan dipasangkan dengan tiara legendaris, Lover's Knot Tiara dari Garrard.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warna Putih di Kerajaan Inggris

Selain itu, terungkap pula alasan mengapa anggota inti keluarga kerajaan Inggris seperti Kate, Camilla dan Charlotte semuanya memakai busana serba putih saat pemotretan.

Warna outfit saat acara penobatan ternyata punya sejarah panjang. Dimulai dari era Ratu Victoria yang diketahui juga mengenakan pakaian warna putih untuk penobatan. Ratu Victoria yang kala itu masih berusia 19 tahun, dalam perjalanan ke Westminster Abbey, mengenakan gaun satin putih berlapis di bawah jubah beludru merah tua.

Setelah resmi dinobatkan dan diproklamasikan sebagai ratu, Ratu Victoria diketahui mengenakan gaun linen putih berpotongan renda. Sejarah memakai busana warna putih dalam acara penobatan pemimpin monarki Inggris, dilanjutkan oleh mendiang Ratu Elizabeth II pada 2 Juni 1953. Saat itu ia mengenakan gaun warna putih emas rancangan Norman Hartnell

Menurut Royal Collection Trust, gaun putih yang Ratu Elizabeth II pakai waktu itu, sekarang dianggap sebagai salah satu, contoh desain gaun dari abad ke-20 yang paling penting.

3 dari 4 halaman

Hiasan Kepala Kate Middleton

Menurut pakar warna Gabi Winters dari Chromology, ada alasan khusus kenapa para bangsawan secara tradisional memilih mengenakan warna putih dalam momen sebesar dan sepenting ini.

"Putih adalah warna yang melambangkan kedamaian dan awal yang baru. Jadi secara kebetulan, makna psikologis di balik pilihan warna putih ini sangat pas untuk memperbaharui dan merayakan hubungan diplomatik antara negara-negara yang berbeda," jelas Gabi.

"Meskipun itu bukan warna yang merangsang indera, putih seperti mewakili kanvas kosong yang menunggu untuk ditulisi. Putih merupakan warna reflektif yang menciptakan kesederhanaan, dan membuka jalan ke depan," sambungnya.

Momen menarik lainnya dari penobatan Raja Charles III adalah Kate Middleton dan Putri Charlotte tampil kompak karena sama-sama mengenakan hiasan kepala memukau buatan Jess Collett X Alexander McQueen.

Melansir People, Sabtu (6/5/2023), ibu-anak itu juga memakai gaun serupa, sama-sama rilisan Alexander McQueen. Ini dianggap sebagai anggukan khusus untuk pernikahan Kate dan Pangeran William, karena si desainer juga berada di belakang gaun renda pengantin yang tidak terlupakan.

4 dari 4 halaman

Perhiasan Ibu Mertua Kate Middleton

Kedua pakaian tersebut menampilkan sulaman benang yang menampilkan motif mawar, thistle, daffodil, dan shamrock untuk menandakan empat negara yang membentuk Inggris Raya. Atas permintaan Raja dan Ratu, Pangeran dan Putri Wales sama-sama mengenakan jubah formal dan mantel untuk penobatan.

Kate Middleton juga mengenakan beberapa perhiasan yang menakjubkan, dengan penghormatan yang menyentuh pada para wanita kerajaan sebelumnya. Ia tampil berkilau dengan sepasang anting mutiara dan berlian milik mendiang ibu mertuanya, Putri Diana.

Ia juga mengenakan Kalung Festoon George VI, yang dibuat tahun 1950 atas permintaan Raja George VI untuk putrinya Putri Elizabeth, yang kemudian jadi Ratu Elizabeth II. Mendiang Ratu mengenakan kalung itu selama 70 tahun masa pemerintahannya.

Kate Middleton dan Putri Charlotte sering memakai pakaian serasi, kadang-kadang bahkan sama warna dengan busana Pangeran William, Pangeran George, dan Pangeran Louis untuk potret keluarga yang sempurna.

Pangeran Louis, yang semula dikabarkan absen dari panobatan kakeknya, Raja Charles III, akhirnya ikut bergabung bersama orangtua dan dua kakaknya. Ini membuat ketiga anak Kate Middleton dan Pangeran William hadir di upacara penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini