Sukses

Intip Koleksi Busana Kolaborasi H&M X Mugler yang Soroti Body Positivity

Selain busana yang menyoroti body positvity, kolaborasi H&M X Mugler ini juga menghadirkan aksesori gender-fluid.

Liputan6.com, Jakarta - "Memancarkan jiwa sejati Mugler," begitulah koleksi busana kolaborasi H&M X Mugler dideskripsikan. Setiap potongannya, baik aksesori maupun busana, "digerakkan energi Mugler yang tidak tertahankan: ceria, muda, gaungkan body positivity, dan menyesuaikan identitas masing-masing individu."

Dijelaskan bahwa koleksi busana wanita terdiri dari baju dengan bagian bahu kebesaran khas Mugler dengan pinggang ramping yang membentuk tubuh. Ekspresi modern dari House of Mugler, yakni multi-seaming spiral berada di seluruh koleksi.

Ini terepresentasi dalam baggy jeans, jeans thong berikat nilon dan denim, serta jaket. Trench coat, yang sayangnya tidak rilis di Indonesia, jaket kulit dengan detail scarf memanjang disertai ilusi cat suit, legging, bodysuit cut-out, serta gaun dengan hiasan dekaden pun melengkapi rangkaiannya.

Sementara, koleksi busana prianya menampilkan kumpulan dari bahan kulit, termasuk celana panjang dan blazer. Pilihan koleksi denim termasuk jaket berukir dengan padding yang menonjolkan bentuknya. Pakaian dengan tailoring rapi dapat dilapisi dengan desain print bintang tembus pandang dan tank top berkorset yang membuat tampilan kian edgy.

Warnanya didominasi palet netral, seperti hitam, namun ada juga semburat biru, merah muda lembut, dan hijau neon yang berani. Rangkaiannya pun dilengkapi dengan aksesori gender-fluid.

Dalam rangkaiannya ada sarung tangan tipis dan celana ketat, tas, syal, serta body chain perak dan emas. Juga, terdapat anting dan kalung dalam berbagai proporsi dan bentuk, mulai dari bentuk tetesan air mata hingga bintang Mugler yang ikonis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghidupkan Arsip Fesyen Mugler

Dijelaskan bahwa bagian dari koleksi yang menghidupkan arsip fesyen Mugler merupakan kumpulan hits terbaik Thierry Mugler dari era 80-an dan 90-an. Setiap gaya yang dikurasi Casey Cadwallader, direktur kreatif Mugler, hadir dengan label spesialnya sendiri, menampilkan tanda tangan Thierry Mugler yang mewujudkan warisan sang pendiri.

Dalam praktiknya, ia juga menampilkan gaun beludru hitam dengan membentuk lekukan pinggang dan lengan menggembung, gaun korset renda, setelan rok dengan detail jahitan, serta jaket khusus berwarna hijau. Aksesori untuk koleksi ini antara lain anting berbentuk bumerang dan bros ganda yang dihubungkan dengan rantai.

Dalam keterangannya, Cadwallader berkata, "Koleksi ini adalah momen penting bagi House of Mugler. (Ini merupakan) kesempatan untuk merayakan sejarah kami dan karya-karya yang kami cintai hari ini. Kolaborasi ini mencakup banyak ciri khas kami, mulai dari cat suit dan gaun bodycon hingga penjahitan, denim, dan perhiasan, serta aksesori yang cantik dan berani."

3 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Total, busana wanita dalam koleksi ini terdiri dari 49 potong dan 22 aksesori, sementara terdapat 27 potong dan empat aksesori untuk koleksi busana pria. Ukuran untuk busana wanita, yakni 32--46, lalu pria mulai dari 46.

Seharga mulai dari Rp600 ribu, koleksi H&M X Mugler akan tersedia secara online di ID.HM.COM dan offline di H&M Grand Indonesia hari ini, Kamis (11/5/2023), mulai pukul 8.00 WIB. Disebut bahwa akan ada batasan waktu dan setiap orang hanya bisa beli satu item dari setiap piece saat berbelanja langsung di toko.

Ini bukanlah koleksi busana kolaborasi perdana H&M yang rilis di Indonesia. Sebelumnya, mereka sudah lebih dulu bekerja sama dengan ilustrator lokal, Martcellia Liunic, yang merupakan sosok di balik jenama Liunic on Things. "Mereka bilang, tema (koleksi busana anak-anak) Spring/Summer dan membebaskan aku mau bagaimana dalam proses desainnya," kata Martcellia dalam jumpa pers virtual, 21 April 2022.

Selama satu tahun bekerja sama menggarap proyek kolaborasi itu, Martcellia menyebut, ia mendapat pengalaman yang menyenangkan. Ia berkata, "Kayak enggak ada revisi. Mereka sangat-sangat menghargai dan aku dilibatkan dalam setiap tahap. Komunikasinya bagus banget."

4 dari 4 halaman

Rangkaian Busana Kolaborasi Sebelumnya

Communications and Sustainability Manager H&M Indonesia, Karina Soegarda, menyambung bahwa koleksi ini dibuat dengan menampilkan keceriaan anak-anak. Bagaimana secara visual, ia menambahkan, itu bisa membangkitkan semangat. "Koleksi busana anak ini menyasar mulai dari baby sampai anak berusia 14 tahun," katanya. "Ini tidak hanya dijual di 57 toko H&M di Indonesia, namun juga outlet kami di seluruh dunia."

Karina mengatakan bahwa koleksi ini terdiri dari banyak potongan busana. Ada atasan, bawahan, crewneck, rok, swimwear, one piece baby suit (yang hanya tersedia secara online), bucket hat, tas, ragam akesori sampai hoodie, baik untuk anak perempuan maupun laki-laki.

Secara keseluruhan, palet warna koleksi busana anak-anak ini terdiri dari pink, lilac, biru laut, hitam, putih, merah terang, dan hijau zamrud.

"Dengan koleksi ini, kami ingin menghadirkan desain print yang menyenangkan, dengan warna-warna cerah, dan desain yang segar. Ilustrasi Martcellia Liunic adalah pelengkap luar biasa," kata Head of Kidswear Design H&M, Sofia Löfstedt, dalam keterangannya.

Ia menyambung, "Ini terutama karena kami ingin menginspirasi anak-anak untuk merasa bebas ketika mengekspresikan diri, membawa kegembiraan, dan kreativitas ke dalam kehidupan sehari-hari. Kami bangga membawa lebih banyak teknik pencetakan inovatif ke depan, menjadikan setiap baju dari koleksi ini sebagai cara baik untuk memulai musim cerah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini