Sukses

Annisa Pohan Ngaku Kebagian Tugas Pilihkan Tema Baju Lebaran Keluarga SBY Sepeninggal Ani Yudhoyono

Tak ikuti tren warna sage yang populer untuk baju lebaran tahun ini, keluarga SBY memilih warna putih. Annisa Pohan dan adik iparnya menjadi seksi sibuk sepeninggal Ani Yudhoyono.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuat baju seragam untuk merayakan lebaran Idul Fitri 2023. SBY beserta anak-anak, menantu, dan para cucunya kompak memakai pakaian muslim berwarna putih. Padahal, warna sage seolah jadi tren untuk baju lebaran Idul Fitri tahun ini.

Annisa Pohan, istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putra sulung SBY, mengungkapkan kalau mereka memang selalu memakai pakaian yang sama setiap kali momen lebaran.

"Keluarga kami punya kebiasaan untuk berseragam ketika menyambut hari-hari penting khususnya Idul Fitri. Dulu biasanya Memo (Ani Yudhoyono, istri SBY) yang paling sibuk menentukan warna dan tema lebaran setiap tahunnya. Setelah Memo berpulang, akhirnya hal itu menjadi tanggung jawab saya dan Aliya (menantu kedua SBY)," ungkapnya, dikutip dari Instagram Annisa Pohan, Selasa, 25 April 2023.

Lantaran harus sibuk dengan aktivitas politik sang suami, Annisa bahkan telah memesan baju lebaran sebelum bulan Ramadhan tiba. Ia memesan baju tersebut dari para perajin kain di daerah.

"Kebetulan selama mendampingi mas Agus keliling Nusantara saya banyak bertemu dengan UMKM binaan kader Partai Demokrat,” ungkap Annisa Pohan.

"Sehingga tahun ini saya dan keluarga memilih UMKM binaan ibu Siti Mufattahah yaitu bordir Tasikmalaya dan dengan kain dasarnya adalah tenun Garut," tambah ibu satu anak ini.

Baju lebaran yang digunakan oleh para keluarga SBY saat sholat Idul Fitri berupa baju koko bahan katun untuk pria dan gamis organza bagi para wanita. Semua seragam lebaran Idul Fitri itu dibuat dengan warna broken white dan bordir tasik.

"Uniknya saya dan Aliya sepakat, untuk motif bordir diambil dari daerah kami masing-masing," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Leluhur Ayah Annisa Pohan

 

Untuk keluarga AHY, baju lebaran dibuat dengan bordir motif Ulos dari Sumatera Utara asal leluhur ayah Annisa Pohan. Sementara, keluarga putra kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dibordir dengan motif songket Palembang, Sumatera Selatan, yang menjadi asal leluhur Aliya (istri Ibas).

Baju yang digunakan oleh SBY sendiri dibordir motif perpaduan budaya keduanya, berupa Batak dan Palembang. "Proses pembuatannya tidak sebentar karena ini adalah pekerjaan tangan, dan alhamdulillah bisa selesai pas banget tepat waktu dengan segala tantangannya," terang Annisa Pohan.

Momen pemotretan keluarga SBY tersebut diunggah oleh putra pertamanya, Agus Harimurti Yudhoyono dan sang menantu Annisa Pohan, di Instagram pribadinya @annisayudhoyono dan @agusyudhoyono.

"Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar, la ilaha illallah wallahu akbar. Alllahu akbar walillahil hamd. Alhamdulillah, pagi ini, tepat tanggal 22 April 2023 atau 1 Syawal 1444 H, saya bersama keluarga besar Sarwo Edhie Wibowo menunaikan Sholat Ied secara berjama’ah di Puri Cikeas, Bogor," tulis Agus, dikutip Sabtu, 22 April 2023.

3 dari 4 halaman

Seragam Keluarga SBY

Ia menuliskan bahwa sesuai tradisi keluarga setiap tahunnya, setelah selesai sholat mereka biasanya melanjutkan dengan sungkem dan juga saling memaafkan. Di momen usai sholat Ied, tampak seragam keluarga SBY yang didominasi serba putih.

SBY memakai baju koko lengan panjang, begitu juga Agus dan ditemani istri serta putrinya dalam kaftan bergaya bohemian berdetail bordir. Dalam sebuah potret yang dibagikan juga terekam Agus, Annisa dan Almira putrinya berpelukan saling bermaaf-maafan.

Dalam potret keseluruhan keluarga, mereka berkumpul di sebuah pendopo dengan SBY berada di tengah diapit oleh anak, keponakan, menantu, sepupu serta cucu. Kemeriahan lebaran idul fitri yang terasa lengkap setelah hampir tiga tahun merasakan lebaran dalam suasana pandemi. 

Di tengah-tengah anggota keluarga berkumpul, di banyak foto yang dibagikan sosok Almira Tunggadewi Yudhoyono jadi perhatian. Putri tunggal Agus dan Annisa tersebut membuat pangling, lantaran telah menjadi gadis remaja.

4 dari 4 halaman

Sosok Putri Annisa Curi Perhatian

Almira yang lahir pada 2008 kini telah berusia 14 tahun. Sosok Almira tampak mudah dikenali, sebab sekilas mewarisi wajah cantik sang ibu yang dulunya seorang model.

Jika kembali ke beberapa tahun silam saat masih kecil, Almira cukup sering disorot sebagai salah satu cucu dari SBY. Kini telah beranjak dewasa. Selama sesi foto untul ucapan lebaran, tampak gerak geriknya cenderung kalem sebagai gadis perempuan. Seperti saat berpose bersama kedua orangtuanya, Almira memakai busana kembaran bernada biru dengan ornamen khas hari raya. Tatanan rambutnya di belah dua, lalu menyampirkan kerudung biru senada.

Sesuatu yang berbeda dari Almira, ia mengenakan pulasan tipis makeup di area mata. Selain itu, Almira memberikan sapuan pewarna bibir yang cukup soft sangat sesuai untuk gadis berusia belasan tahun.

Jika kembali ke beberapa tahun silam saat masih kecil, Almira cukup sering disorot sebagai salah satu cucu dari SBY. Selama sesi foto untuk ucapan lebaran, gerak-geriknya cenderung kalem sebagai gadis perempuan. 

Seperti saat berpose bersama kedua orangtuanya, Almira memakai busana kembaran bernada biru dengan ornamen khas hari raya. Tatanan rambutnya dibelah dua, lalu menyampirkan kerudung biru senada. Wajahnya dipulas make up tipis, terutama di bagian kelopak mata dan bibir, yang sesuai untuk gadis berusia belasan tahun. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.