Sukses

Meghan Markle Bereaksi Usai Disebut Tulis Surat untuk Raja Charles III soal Rasisme Keluarga Kerajaan

Meghan Markle dikabarkan menyebutkan nama anggota keluarga kerajaan senior yang diduga rasis dalam surat yang dikirimkannya kepada Raja Charles III pada 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota keluarga kerajaan senior yang diduga rasis disebutkan secara sensasional dalam surat pada 2021 dari Meghan Markle kepada Raja Charles III. Hanya beberapa hari setelah diumumkan bahwa Meghan Markle tidak hadir di penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023, dilaporkan bahwa dia telah mengungkapkan keprihatinannya tentang "bias tak sadar" dalam keluarga kerajaan melalui sebuah surat kepada Raja, Telegraph melaporkan pada Jumat, 21 April 2023.

Dikutip dari Page Six, Sabtu, 22 April 2023, sebuah sumber mengonfirmasi pada Page Six, "Ya, ada korespondensi, ada surat bolak-balik dari Duchess of Sussex kepada raja." "Tapi dia sudah pindah, ini dua tahun lalu, tidak ada hubungannya dengan keputusannya untuk tidak menghadiri penobatan," sumber itu menekankan.

Laporan tersebut pasti akan sangat memalukan bagi keluarga kerajaan Inggris mengingat Raja Charles III dan Permaisuri Camilla bersiap untuk dinobatkan di depan khalayak global. Menurut media tersebut, catatan tersebut dikirim setelah wawancara Oprah Winfrey pada Maret 2021.

Meghan Markle saat itu menuduh bahwa seorang anggota keluarga kerajaan Inggris telah berspekulasi tentang warna kulit putranya yang belum lahir. Surat-surat itu mengidentifikasi nama anggota senior keluarga kerajaan yang diduga membuat komentar tersebut.

Pada saat wawancara, orang dalam istana mengarahkan bahwa itu bukan Ratu Elizabeth II ataupun Pangeran Phillip. Buku Christopher Andersen bertajuk "Brothers And Wives: Inside The Private Lives of William, Kate, Harry and Meghan" menyebut Charles sebagai orang yang mempertanyakan warna kulit Archie, tetapi hal ini tidak pernah terbukti.

Juru bicara Meghan Markle buru-buru meluruskan kabar tersebut ke Hello!, dikutip Minggu (23/4/2023). "Duchess of Sussex menjalani kehidupannya saat ini, tidak memikirkan korespondensi dua tahun lalu terkait percakapan empat tahun lalu. Setiap dugaan sebaliknya adalah salah dan terus terang konyol. Kami mendorong media dan berbagai koresponden kerajaan untuk menghentikan sirkus melelahkan yang mereka buat sendiri."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tudingan Rasis

Telegraph diberi tahu bahwa baik Charles maupun Markle "mengakui bahwa ucapan individu tersebut tidak dibuat dengan niat jahat". Namun, publikasi tersebut menambahkan, "Istana juga menyadari rasa frustrasi Sussex bahwa korespondensi email awal tentang Penobatan tidak merujuk pada anak-anak mereka dan potensi keterlibatan mereka. Kelalaian tersebut hanya memicu perasaan mereka bahwa keluarga mereka memainkan peran kedua setelah Wales."

Selama wawancara Oprah, Markle menuduh bahwa "beberapa percakapan" telah terjadi antara anggota keluarga kerajaan yang tidak disebutkan namanya dan Duke tentang seperti apa rupa putra mereka yang belum lahir. Ia mengatakan "aman" untuk berasumsi ada kekhawatiran tentang warna kulitnya, tetapi mantan aktris itu menolak menyebutkan nama orang yang terlibat, dengan mengatakan, "Saya pikir itu akan sangat menghancurkan mereka."

Ketika ditanya tentang masalah tersebut, suaminya, Pangeran Harry, menolak berbicara lebih jauh, tetapi menyatakan bahwa itu hanya satu percakapan yang terjadi. "Itu canggung. Saya sedikit terkejut," katanya.

3 dari 4 halaman

Raja Charles III Terkejut

Charles dikatakan terkejut dengan klaim tersebut. Sementara, saudara laki-laki Harry, Pangeran William, mengecam, "Kami bukanlah keluarga yang rasis."

Pada 2021, penulis "Finding Freedom" menuduh keluarga Sussex telah mempertimbangkan untuk menyebutkan nama kerajaan rasis di TV, tetapi berpikir itu akan terlalu berisiko menghancurkan. Saat mempromosikan bukunya, "Spare," Harry, mengatakan dia tidak pernah menuduh keluarga kerajaan melakukan rasisme, tetapi mengatakan mereka bersalah atas "bias tak sadar".

Sementara, Pangeran Harry telah dikonfirmasi akan datang ke penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023 mendatang di London, Inggris. Namun, Pangeran Harry tidak akan ditemani oleh istrinya, Meghan Markle ke momen bersejarah itu.

Dikutip dari People, Kamis, 20 April 2023, Istana Buckingham mengumumkan pekan lalu bahwa Duchess of Sussex akan tinggal di California, Amerika Serikat bersama kedua anaknya, yakni Pangeran Archie dan Putri Lilibet. Raja Charles III dikatakan "senang" putranya akan ada di sana, tetapi rekonsiliasi yang lebih luas yang diharapkan banyak orang dalam keluarga belum terjadi.

4 dari 4 halaman

Meghan Markle Absen di Penobatan Raja Charles III

"Pada titik ini, ini menjadi sangat pribadi," kata seorang teman dekat pasangan ini kepada People secara eksklusif dalam cerita sampul minggu ini. "Mungkin apa yang mereka inginkan tidak tercapai, tetapi pada akhirnya, dia pergi ke sana untuk mendukung ayahnya."

Keretakan yang sedang berlangsung antara Pangeran Harry dan keluarganya terlihat jelas pada akhir Maret 2023. Kala itu, Duke of Sussex berada di London untuk sidang pengadilan dalam tuntutannya terhadap Associated Newspapers tetapi tidak menemui ayahnya Raja Charles III atau saudara laki-lakinya Pangeran William.

"Segalanya tegang," kata orang dalam istana.

Raja Charles III sangat sedih dengan tuduhan ketidaksetiaan dan manipulasi media yang dilakukan Pangeran Harry terhadap keluarga kerajaan Inggris dalam memoarnya, Spare, yang dirilis pada Januari 2023. Tapi itu akan menjadi "keinginan pertama" Charles agar Harry bergabung dengan mereka di penobatan, kata seorang sumber yang mengenal para bangsawan.

Penobatan akan terasa pahit bagi Pangeran Harry. Selain hadir tanpa Meghan, kemungkinan besar ia tidak memiliki peran resmi dan tidak diharapkan untuk berpartisipasi dalam acara lain yang direncanakan, termasuk penampilan di balkon Istana Buckingham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.