Sukses

Moonbin ASTRO Meninggal Dunia, Wawancara Lamanya soal Keputusan Ekstrem Kembali Mencuat

Kabar Moonbin ASTRO meninggal dunia sontak membuat berbagai pihak terkejut. Duka mendalam juga dirasakan oleh apra penggemar setianya.

Liputan6.com, Jakarta - Awan duka tengah menyelimuti dunia hiburan Korea Selatan. Salah satu talentanya, Moonbin ASTRO ditemukan meninggal dunia pada Rabu, 19 April 2023 sekitar pukul 20.10 waktu setempat, oleh manajernya di rumah idol itu yang berlokasi di Gangnam-gu, Seoul.

Kabar Moonbin ASTRO meninggal dunia sontak membuat berbagai pihak terkejut. Duka mendalam juga dirasakan oleh apra penggemar setianya.

Dikutip dari Kbizoom, Kamis (20/4/2023), kepergian Moonbin ASTRO turut memunculkan wawancaranya di masa lalu. Majalah mode Cosmopolitan merilis sebuah wawancara bertajuk "Is this Moonbin's true value? (Inikah kepribadian Moonbin sesunggunya?)" pada September 2022 lalu.

Ketika ditanya, "Jika kamu adalah seorang malaikat dan kamu dapat melakukan satu hal baik, apa yang akan kamu lakukan?", Moonbin menjawab, "Aku ingin memberikan kesempatan lain kepada orang-orang yang membuat pilihan ekstrem."

Ia berkata, "Kita tidak pernah tahu kapan dan di mana sesuatu akan terjadi, tetapi kita tidak selalu berpikir tentang kematian, bukan? Memikirkan hal-hal yang membahagiakan saja, seperti apa yang akan kita makan hari ini atau apa yang akan kita pakai besok, tidaklah cukup untuk sehari. Itulah mengapa sangat menyedihkan dan disesalkan bahwa beberapa orang berpikir untuk membuat pilihan yang ekstrem."

Ada pula pertanyaan untuknya tentang pendapat Moonbin mengenai hukum sebab dan akibat. "Saya percaya itu ada. Dalam Buddhisme, mereka menyebutnya 'karma'. Meskipun saya tidak memiliki agama, saya percaya bahwa kita menuai apa yang kita tabur," jawabnya.

Moonbin menambahkan, "Saya telah melihat ke belakang dan bertanya-tanya, 'Di mana yang salah?' berkali-kali. Mengingat masa lalu itu baik, tetapi saya pikir kita tidak boleh terlalu lama memikirkan masa lalu. Saya sebenarnya memiliki kebiasaan untuk kembali ke masa lalu dan mencoba merasionalisasi peristiwa dengan menemukan beberapa kejadian dan berkata, 'Saya melakukan ini, jadi itulah mengapa semuanya menjadi seperti ini.'"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Unggahan Terakhir

Sementara, mengenai kepergian Moonbin, agensinya Fantagio menyatakan, "Moonbin anggota ASTRO tiba-tiba meninggalkan kami dan menjadi bintang di langit."

Moonbin juga membuat unggahan terakhir sebelum meninggal dunia. Pesan itu ditujukannya untuk para penggemar tercinta.

Pada 11 April 2023, Moonbin membagikan foto dandelion di akun Twitter resmi ASTRO dengan judul "Roha (fandom ASTRO adalah Aroha/Roha), ini adalah bunga dandelion! Dandelion ah~ Menyebar dan terbang bersama angin!".

Dandelion dipercaya mewakili harapan, pertumbuhan, dan penyembuhan, tanda untuk melanjutkan langkah saat keadaan sulit. Bunga itu juga melambangkan matahari, bulan, dan bintang di berbagai bagian siklusnya, tiga hal penting bagi ASTRO dan AROHA.

Dandelion adalah bunga yang dapat berkembang dalam kondisi menantang dan dapat dilihat sebagai tanda datangnya musim semi setelah musim dingin yang keras. Moonbin merenungkan hal ini dalam cuitan lanjutan, memberi tahu bunga itu untuk mengunjungi "orang-orang tersayangnya" dengan lembut dan mengumumkan bahwa musim semi telah tiba.

3 dari 4 halaman

Pernyataan Agensi Fantagio

Agensi ASTRO, Fantagio telah mengonfirmasi berita meninggalnya Moonbin ASTRO, yang sebelumnya diumumkan polisi, lapor Soompi. Pada Kamis dini hari (20/4/2023), waktu Korea Selatan, Fantagio merilis pernyataan yang berbunyi, "Ini adalah Fantagio."

"Pertama, kami mohon maaf karena harus menyampaikan berita duka dan memilukan ini," lanjutnya. "Pada 19 April (2023), personel ASTRO, Moonbin, tiba-tiba meninggalkan kita dan kini telah jadi bintang di langit."

"Meski tidak bisa dibandingkan dengan kesedihan keluarga yang harus berpisah dengan putra dan saudara tercinta mereka, rekan-rekan senimannya dan staf di sini di Fantagio, yang telah lama bersamanya, juga sangat berkabung atas kepergiannya di tengah keterkejutan dan kesedihan luar biasa," ujar pihaknya.

Mereka menyambung, "Lebih menyakitkan lagi bagi kami untuk menyampaikan berita mendadak ini pada para penggemar yang telah memberi cinta dan dukungan tidak terhingga pada Moonbin. Karena kami tahu betul betapa tidak tertandinginya (Moonbin) yang telah meninggal dalam cintanya pada para penggemar, yang terus-menerus ia pikirkan, kesedihan jadi semakin luar biasa."

4 dari 4 halaman

Laporan Polisi atas Kepergian Moonbin ASTRO

Fantagio berkata, "Agar keluarga yang berduka, yang telah jatuh ke dalam kesedihan mendalam karena tragedi yang tiba-tiba ini, dapat dengan hormat berduka atas kepergian (Moonbin) dan mengucap perpisahan mereka, kami memohon pada Anda untuk menahan diri dari laporan spekulatif atau jahat."

"Sesuai keinginan keluarga yang ditinggalkan, pemakaman akan digelar setenang mungkin, dengan dihadiri keluarga, sahabat dekat, dan rekan-rekan agensi. Sekali lagi, kami mengungkap duka cita kami yang mendalam saat almarhum menempuh jalan terakhirnya," tutupnya.

Di sisi lain, menurut polisi, Moonbin ASTRO telah meninggal dunia pada usia 25 tahun. Kantor Polisi Gangnam Seoul telah melaporkan bahwa pada 19 April 2023 sekitar pukul 20.10, waktu setempat, Moonbin ditemukan meninggal dunia di kediamannya di distrik Gangnam Seoul oleh manajernya, yang segera memanggil polisi.

Polisi menyatakan, "Tampaknya Moonbin bunuh diri," menambahkan, "Kami saat ini sedang mendiskusikan kemungkinan autopsi untuk menentukan penyebab pasti kematian (Moonbin)." Sebelum meninggal, Moonbin dijadwalkan tampil di Dream Concert mendatang sebagai bagian dari unit ASTRO Moonbin & Sanha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini