Sukses

Tetap Aman dan Nyaman Selama Musim Libur Lebaran di Tempat Wisata

Di musim libur Lebaran sejumlah tempat wisata sudah menyiapkan dan mengantisipasi kemungkinan pengunjung akan jauh lebih banyak dari biasanya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi terjadinya lonjakan kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2023 di sejumlah tempat wisata di Indonesia.  Sandiaga juga mengimbau pengelola tempat wisata untuk terus gerak cepat dan gerak bersama, serta memperhatikan kawasan wisata mulai dari pintu masuk, tempat parkir, keamanan, kebersihan, dan kenyamanan. Sebab menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari bentuk pemulihan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

Selain pengelola tempat wisata, Sandiaga juga mengimbau pemerintah daerah untuk membentuk satuan tugas (satgas) mulai dari Satpol PP, dinas perhubungan, dinas pariwisata, dinas kesehatan, jajaran TNI dan Polri, dan jajaran dinas terkait lainnya untuk mengawasi kawasan objek wisata dan aktivitas pengunjungnya.

Hal itu mulai dilakukan sejumlah tempat wisata. Salah satunya adalah Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta yang selalu dipadati pengunjung saat masa liburan, termasuk libur lebaran. Seperti di tahun lalu, TM Ragunan akan buka pada hari kedua lebaran. Sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk menyambut para pengunjung, termasuk mengantisipasi membludaknya pengunjung karena di tahun ini tidak ada lagi pembatasan dari pemerintah.

"Jadi kita sudah siapkan dan mengantisipasi kemungkinan pengunjung akan jauh lebih banyak dari Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Beberapa fasilitas untuk mempermudah dan memperlancar semua aktivitas pengunjung," terang Kepala Humas Taman Satwa Ragunan (TMR) Wahyudi Bambang kepada Liputan6.com, Jumat, 14 April 2023.

"Untuk fasilitas parkir misalnya, kita sudah siapkan beberapa tempat di dalam maupiun di luar area TMR yang mudah-mudahan bisa menampung pengunjung yang membawa kendaraan roda dua maupin roda empat. Selain itu transportasi umum seperti busway juga beroperasi seperti biasa," tambahnya.

Dengan sudah tidak ada lagi PPKM, pihak TMR tidak membatasi jumlah pengunjung. Meski begitu, para pengunjung tetap harus memakai masker apalagi kemungkinan besar akan ada banyak kerumunan pengunjung di dalam kawasan wisata di Jakarta Selatan tersebut.

Untuk itu, mereka akan menambah tenaga petugas dengan mendatangkan sejumlah tenaga lepas selama libur Lebaran tahun ini. Pihak TM Ragunan juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti kepolisian, TNI, Dishub, pemprov DKI, Satpol PP dan pihak-pihak lainnya yang terkait agar pengunjung yang datang tetap merasa aman dan nyaman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Sentral Parkir di Pekan Libur Lebaran

 

"Untuk jam buka, biasanya kita buka jam 7 pagi sampai jam 4 sore. Tapi di hari lebaran nanti kita belum tetapkan pastinya jam berapa, jadi masih kita bahas, belum bisa kita umumkan. Bisa saja buka lebih pagi atau sebaliknya, nanti kita informasikan lagi," tutur Wahyudi.

Selain Ragunan, tempat wisata lainnya yang biasanya banyak dikunjungi saat libur lebaran adalah Ancol. Mereka pun sudah melakukan berbagai persiapan maupun acara khusus.Agar aktivitas Liburan Lebaran dapat berlangsung dengan kondusif dan nyaman untuk semua, Ancol kembali menerapkan sistem Sentral Parkir khusus di tanggal 23 - 25 April 2023.

Pengunjung yang masuk dengan membawa kendaraan pribadi akan diarahkan untuk mengisi kantong parkir yang tersedia. Kawasan Ancol dapat memuat 6.000 lebih mobil dan 17.000 lebih motor. Sebagai fasilitas transportasi internal, manajemen Ancol menyediakan 61 unit bus wara wiri dan 3 rangkaian kereta wisata sato-sato yang bisa digunakan oleh semua pengunjung secara gratis.

"Semua keajaiban ini kami hadirkan khusus bagi seluruh masyarakat yang ingin mendapatkan pengalaman baru menikmati masa libur Lebaran 2023 dan kami harap dengan semua persiapan yang matang, aktivitas rekreasi dapat berjalan dengan kondusif dan lebih baik." ujar Eddy Prastiyo, Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat, 14 April 2023.

Selain itu, mereka menawarkan promo spesial yaitu 1 harga tiket senilai Rp280 ribu pengunjung sudah bisa rekreasi di semua unit rekreasi yaitu Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol, Atlantis Water Adventures dan Jakarta Bird Land sebanyak 1 kali untuk masing-masing unit dan tiket ini berlaku untuk dua hari berturut–turut.

 

3 dari 4 halaman

Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

 

 

Untuk mengaktifkan benefit ini, pengunjung wajib mendaftarkan sidik jari di unit rekreasi yang dikunjungi pertama kali sebagai syarat kunjungan ke unit rekreasi berikutnya

Untuk jam buka tiap wahana di Ancol berbeda-beda. Area Taman dan Pantai buka dari pukul 06.00 - 24.00 WIB, Dunia Fantasi pukul 10.00 - 20.00 WIB, Sea World Ancol pukul 09.00 - 17.00 WIB, Ocean Dream Samudra pukul 09.00 - 17.00 WIB Atlantis Water Adventures pukul 08.00 - 17.30 WIB dan Jakarta Bird Land pukul 09.00 - 17.00 WIB

Selain di Jakarta, tempat wisata lainnya yang ramai dipadati pengunjung adalah di Bandung. Salah satunya Trans Studio Bandung. Dalam menghadapi libur lebaran ini, mereka mempersiapkan wahana dan fasilitas dalam kondisi prima agar berjalan lancar dan aman pada saat libur lebaran nanti.

Begitu pula dengan berbagai pertunjukkan dihadirkan setiap harinya untuk menghibur seluruh pengunjung yang datang mulai dari opening dance, the magical parade of zoo crew, Cadabra Show hingga Special Effect Action Show.

"Kami akan menghadirkan show terbaru yang cocok sekali untuk menemani si kecil dalam berlibur lebaran. Ada Jurassic Live Show yang akan hadir mulai 20 April -1 Mei 2023. Show terbaru ini akan mengajak pengunjung cilik untuk berinteraksi langsung dan bermain dengan Dinosaurus," jelas Head of Marcomm Trans Studio Bandung, Triya Filia Santi pada Liputan6.com, Jumat, 14 April 2023.

Seperti tempat-tempat wisata lainnya yang tidak lagi menerapkan pembatasan, Trans Studio Bandung juga melakukan kebijakan serupa. Meski begitu, semua pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker yang berlaku selama berada di dalam Trans Studio Bandung.

4 dari 4 halaman

Mengecek Stok Bahan Makanan

 

Tak hanya tempat wisata, sejumlah restoran atau tempat makan bakal dipadati pengunjung. Untuk itu, para pengelola tempat makan harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan mengantisipasi banyaknya tamu yang datang. Hal itu pun dilakukan oleh manajemen restoran Dapur Solo yang menyediakan beragam kuliner khas Indonesia.

Hal yang disiapkan untuk menghadapi libur lebaran tahun ini, salah satunya adalah memperhatikan dan mengecek ketersediaan stok bahan makanan. Persiapan ini sangat penting karena pada umumnya beberapa vendor makanan pasti akan tutup, jadi dari jauh-jauh hari sudah dipersiapkan.

"Untuk mengantisipasi jika pengunjung ramai, kita memberlakukan sistem reservasi secara on the spot. Jadi pengunjung yang datang sebelumnya sudah kita infokan kalau keadaan outlet sedang ramai hingga waktu ygan ditentukan," ungkap Tiara Arunita selaku Marketing Dapur Solo pada Liputan6.com, Jumat, 14 April 2023.

"Kita juga mempersiapkan tim kita di outlet agar melakukan kinerjanya masing-masing secara cekatan dan tepat waktu, sehingga customer yang sedang makan tidak menunggu lama, dan bisa bergantian dengan customer selanjutnya," sambung Tiara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini