Sukses

Pangeran George Akan Ditugaskan Bawa Pedang Pelindung di Penobatan Raja Charles III

Pangeran George bertugas menjadi Page of Honour (pendamping kehormatan) termuda di antara empat pendamping lainnya dalam acara penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Terungkap peran spesifik Pangeran George di hari penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023. Putra sulung Pangeran William dan Kate Middleton itu akan membawa pedang upacara di hari penobatan yang menyimbolkan perlindungan bagi Charles dari segala potensi ancaman.

Dikutip dari Mirror, Jumat (14/4/2023), sementara perencanaan prosesi penobatan terus didetailkan dan daftar tamu terus diperbarui, Pangeran George sudah dipastikan akan bertugas sebagai Page of Honour. Ia tidak akan bertugas sendirian, tetapi total ada empat Page of Honour yang bertugas membawa pedang sambil mengenakan mantel merah, celana putih, dan stoking. 

George akan menjadi yang termuda di rombongan pendamping Raja Charles. Tiga lainnya adalah anak-anak teman Raja Charles III, yakni Lord Oliver Cholmondeley, Nicholas Barclay, dan Ralph Tollemache. George akan mengenakan pakaian yang sangat berbeda dari seragam sekolah regulernya dan cocok untuk menggambarkan posisinya sebagai pewaris takhta Inggris kedua.

Melansir The Sun, Rabu, 5 April 2023, Ratu Camilla juga akan didampingi empat Page of Honour dalam prosesi penobatan itu. Mereka adalah tiga cucu Camilla, Gus Lopes, Louis Lopes, dan Freddy Parker Bowles, serta keponakan Camilla, Arthur Elliot.

Gus dan Louis Lopes adalah putra kembar anak Camilla, Laura Lopes, yang kini berusia 13 tahun. Sementara, Freddy Parker Bowles adalah putra Tom Parker Bowles yang berusia 12 tahun serta Arthur Elliot 11 tahun. Para pendamping nantinya akan ditugasi memegang ekor jubah Raja dan Ratu selama penobatan yang diperkirakan akan berlangsung sekitar 2,5 jam.

Dengan hanya tiga minggu tersisa, seorang sumber menyebut latihan untuk acara penobatan itu baru digelar sekali. Pengaturan tempat duduk masih belum diputuskan dan pembangun telah diminta untuk membuat tanjakan karena khawatir Raja Charles III bisa tersandung karena jubah seremonialnya yang berat saat berjalan ke kursi singgasana setelah dimahkotai. Namun, Istana Buckingham membantah klaim tersebut dengan para pembantunya bersikeras semuanya berjalan lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Figur Pangeran George

Sosok George terakhir kali terlihat di publik saat menghadiri kebaktian Paskah kerajaan bersama dua saudaranya, Charlotte dan Louis, serta kedua orangtuanya, Kate dan William. Figurnya yang tinggi menjulang jadi sorotan. Di usianya ke-9, ia hampir menyusul tinggi orangtuanya yang juga tinggi.

Penggemar terkejut dengan tinggi badan George. Seorang warganet menulis di media sosial, "George menjadi sangat tinggi !! Ketiganya tinggi. Tapi aku tidak percaya dia baru akan berusia 10 tahun!!"

Lainnya berkomentar, "Pangeran George adalah seorang pemuda yang tinggi dan tampak kokoh seperti keluarga Spencer! Sangat mirip dengan Pangeran George! Kakak Diana & khususnya ayahnya."

"Pangeran George akan menjadi pria jangkung!" tulis penggemar ketiga. Seorang warganet lainnya menambahkan, "Pangeran George semakin tinggi!! Dia berusia sembilan tahun!"

Dalam upacara penobatan Raja Charles, George tidak akan melihat sepupunya Archie dan Lilibet. Keluarga Sussex memastikan bahwa hanya Pangeran Harry yang menghadiri acara penting itu, sementara Meghan Markle dan dua anaknya tetap berada di Amerika Serikat.

3 dari 4 halaman

Raja Charles III Kecewa

Raja Charles dilaporkan kecewa karena sebagian anggota keluarganya tidak akan hadir pada kesempatan itu. Seorang sumber mengatakan kepada The Sun, "Raja senang bahwa Harry, putranya, yang dia sebut 'anak laki-laki tersayang' akan berada di Biara."

"Dia menginginkannya di sana. Menyedihkan, dia sangat kecewa karena dia tidak akan melihat Meghan atau cucunya tetapi memahami situasinya."

Acara tersebut jatuh pada hari yang sama dengan ulang tahun keempat Archie, dengan Meghan tinggal di AS untuk menjaganya dan putri mereka yang berusia 22 bulan, Lilibet. Meghan disebut akan menggelar perayaan ulang tahun putranya di rumah.

Sebelumnya, Pangeran Harry dikonfirmasi akan menghadiri upacara penobatan tanpa Meghan Markle dan dua anknya. Melansir People, Kamis, 13 April 2023, Istana Buckingham mengonfirmasi hal itu pada Rabu, 12 April 2023. 

Bangsawan berusia 38 tahun itu ingin hadir untuk mendukung ayahnya pada momen penting dalam hidupnya, kata seorang teman pada People. Meski ada tiga hari acara seputar penobatan, termasuk konser di Kastil Windsor dan hari sukarelawan, Harry diperkirakan tidak akan menghadiri acara lain selain upacara penobatan.

4 dari 4 halaman

Terima Undangan Penobatan Raja Charles III

Pada 5 Maret 2023, The Sunday Times melaporkan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle menerima undangan penobatan, meski keputusan mereka untuk hadir tidak diungkap. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara pasangan itu mengatakan, "Saya dapat mengonfirmasi bahwa Duke baru-baru ini menerima korespondensi email dari kantor Yang Mulia mengenai penobatan."

"Keputusan segera tentang apakah Duke dan Duchess akan hadir atau tidak akan diungkapkan oleh kami di kali ini," imbuhnya.

Pada Februari 2023, sumber yang dekat dengan Harry dan Meghan memberi tahu People bahwa undangan ke acara bersejarah itu belum diperpanjang. Namun, orang dalam istana mengatakan bahwa pasangan itu akan diundang ke penobatan ayahnya.

Mengomentari penobatan dalam wawancara bulan Januari 2023 dengan Tom Bradby dari ITV di memoarnya Spare, Harry berkata, "Ada banyak hal yang bisa terjadi antara sekarang dan nanti. Tapi, Anda tahu, pintu selalu terbuka. Bola ada di lapangan mereka. Banyak yang harus didiskusikan, dan saya sangat berharap mereka bersedia untuk duduk dan membicarakannya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini