Sukses

Batal Gelar Piala Dunia U-20, Gibran Rakabuming Bakal Undang Manchester City Lawan Persis Solo di Stadion Manahan?

Persis Solo bakal menggelar laga uji coba pra musim melawan tim luar negeri, sesuai dengan janji Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Bisa jadi lawan yang diundang adalah Manchester City.

Liputan6.com, Jakarta - Stadion Manahan Solo mengalami renovasi cukup signifikan untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023. Sayangnya, pentas akbar itu akhirnya batal dihelat di Indonesia.

Kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 pun segera berakhir. Beberapa klub sudah mempersiapkan untuk kompetisi musim depan, salah satunya adalah dengan menggelar laga persahabatan. Hal itu juga akan dilakukan oleh Persis Solo.

Persis Solo bakal menggelar laga uji coba pra musim melawan tim luar negeri, sesuai dengan janji Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Bisa jadi lawan yang diundang adalah klub asal Inggris, Manchester City.

Setelah direnovasi, Stadion Manahan pun kini bisa dibilang sudah siap untuk menggelar acara bertaraf internasional. Secara keseluruhan, kesiapan dari segi fasilitas dan infrastruktur, kualitas Stadion Manahan sudah memenuhi syarat dan spesifikasi yang telah ditetapkan dalam ketentuan FIFA.

Menurut Gibran Rakabuming, rampungnya proses renovasi ini membuat Stadion Manahan siap menyambut era yang penuh dengan berbagai gebrakan baru. Persiapan yang sebelumnya dilakukan untuk menyambut gelaran Piala Dunia U-20 2023 memang menjadi momentum tersendiri bagi stadion berkapasitas 20 ribu penonton ini untuk bersolek.

"Stadion Manahan sebagai istana kedua sepak bola Indonesia siap menyambut era yang penuh catatan historis," kata Gibran melalui akun Instagramnya, Selasa, 11 April 2023. "Kendati gagal menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2023, Stadion Manahan akan terus bersolek demi menyambut berbagai event olahraga pengganti yang bertaraf internasional," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Mengundang Manchester City

Sebelumnya, Persis Solo memang sudah sempat menyampaikan rencananya mengundang klub luar negeri untuk bertanding melawan Laskar Sambernyawa pada agenda pramusim. "Bulan Juni nanti. Bukan Piala Wali Kota karena sudah ada agenda sendiri. Ini tim internasional, yang sudah konfirmasi baru dua tim dari Asia dan Eropa,” terang Gibran.

Salah satu klub besar yang berpotensi diundang untuk menghadapi Persis Solo di Stadion Manahan ialah klub raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City.  Pasalnya, Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep, sempat berjumpa dengan pemilik klub Manchester City, Sheikh Mansour, pada medio pertengahan November 2022.

Pertemuan itu terjadi ketika Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di kediamannya, Kampung Sumber, Solo. Dalam kesempatan itu, tampak pula Gibran dan Bobby Nasution. Mereka terlihat duduk bersama dalam satu meja bersama Sheikh Mansour yang berstatus sebagai pemilik Man City

Seperti klub-klub Eropa lainnya, Manchester City akan menjalani masa istirahat untuk menyambut musim 2023/2024 yang biasanya baru berlangsung pada bulan Agustus. Sebelum menjalani musim baru, mereka akan menjalani latihan dan pertandingan pra musim.

 

3 dari 4 halaman

Stadion Manahan Sudah Memenuhi Standar Internasional

Beberapa hari lalu, Gibran sempat mengunggah infografik sejumlah fasilitas yang dimiliki Stadion Manahan usai renovasi untuk Piala Dunia U-20. Meski Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Gibran Rakabuming Raka menyebutkan kalau Stadion Manahan siap menjadi tempat perhelatan pertandingan kelas dunia.

Melalui media sosial baik Twitter dan Instagam resminya @gibran_rakabuming, Gibran mengunggah infografik Stadion Manahan dari salah satu media nasional, dan menuliskan rencana usai renovasi Stadion Manahan.

Gibran menulis Stadion Manahan diresmikan pada 1998, berkapasitas 20.000 penonton dengan single seat. Area parkir dapat menampung 2.300 motor dan 300 mobil. Toilet penonton tersedia 32 unit.

"Terdapat ruang kesehatan, ruang secretariat, ruang wartawan, ruang konferensi pers, ruang wasit, ruang ganti, dan ruang pemanasan pemain. Di dalam kompleks terdapat lapangan tenis, bisbol, softbol, voli, basket, bulu tangkis, tenis meja, panjat tebing, ruang biliar, velodrome, dan gelanggang olah raga,” tulis Gibran. Ia menambahkan, Manahan usai renovasi pada 2020 telah lulus untuk menggelar laga internasional FIFA.

4 dari 4 halaman

Foto Stadion Manahan Solo

"Solo siap menjadi kota destinasi olah raga bersama Stadion Manahan yang siap menjadi tempat perhelatan pertandingan berkelas dunia," tulis Gibran di akun Instagramnya.

Gibran Rakabuming Raka memberikan respons menyusul batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Salah satunya terlihat dalam cuitannya di Twitter. Gibran mengunggah foto Stadion Manahan Solo yang sudah direnovasi, rencananya untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2023.

"Ada yang batal tapi bukan puasa," cuit Gibran melalui akun @gibran_tweet sambil mencantumkan foto Stadion Manahan Solo, Kamis (30/3/2023), melansir kanal Bisnis Liputan6.com.

Padahal beberapa hari sebelum berita itu datang, ia sempat menyatakan kesiapan stadion tersebut untuk digunakan saat Piala Dunia U-20. Stadion Manahan Solo memang terlihat begitu indah dan siap pakai. Warganet yang melihat cuitan Gibran pun ramai-ramai memberikan komentar. "Pecinta sepak bola hari ini puasa semua," tulis seorang warganet.

"Wkwkwk jangan sedih," komentar warganet lainnya menyemangati Gibran lewat cuitan Stadion Manahan Solo yang batal digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini