Sukses

J-Hope BTS Mulai Jalani Wajib Militer 18 April 2023, Bakal Latihan di Angkatan Darat

Big Hit Agency lebih dulu memperingatkan para penggemar untuk tidak membuat kerumunan saat J-Hope BTS memasuki kamp pelatihan untuk menjalani wajib militernya.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal wajib militer (wamil) J-Hope BTS terungkap. Ia akan mulai menjalani pelatihan sebagai tentara aktif pada 18 April 2023, menurut sumber dari kemiliteran, dikutip dari KBIZoom, Kamis (13/4/2023).

J-Hope dijadwalkan memasuki kamp pelatihan Divisi A Angkatan Darat di Provinsi Gangwon. Setelah menerima pelatihan dasar militer selama lima minggu, ia akan ditugaskan ke sebuah unit pada akhir Mei 2023.

Agensi yang menaungi J-Hope BTS, Big Hit Music, lebih dulu menyampaikan rencana wamil main dancer BTS itu lewat sebuah pernyataan resmi pada Sabtu, 1 April 2023. Mereka mengumumkannya dalam bahasa Korea, Inggris, dan Mandarin.

Agensi mengawalinya dengan berterima kasih atas dukungan para penggemar untuk BTS dan J-Hope. Mereka juga menegaskan bahwa tidak akan ada acara resmi saat J-Hope memasuki kamp pelatihan. Momen itu dibatasi hanya untuk keluarga calon tentara saja.

"Untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi dari kerumunan, penggemar disarankan untuk tidak mengunjungi tempat tersebut. Sebaliknya, kami meminta Anda untuk menyimpan kata-kata dukungan dan perpisahan yang menghangatkan hati di hati Anda," jelas Big Hit.

Mereka juga mengingatkan agar para penggemar tidak tergiur membeli paket tur ilegal terkait masuknya J-Hope untuk menjalani wamil. "Kami juga menyarankan Anda untuk tidak terpengaruh secara negatif dengan membeli tur tidak resmi atau paket produk yang menggunakan IP artis secara ilegal."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anggota Kedua BTS yang Jalani Wamil

J-Hope sebelumnya telah menyelesaikan proses pembatalan penundaan pendaftaran wamil, bulan lalu. Ia juga mengikuti prosedur untuk memenuhi kewajibannya sebagai warga negara Korea Selatan.

Pemilik nama asli Jung Hoseok akan jadi anggota BTS kedua yang menjalani wamil, mengikuti jejak Jin yang telah mendaftar sebagai tentara aktif di Angkatan Darat pada Desember 2022. Anggota tertua BTS itu kini menjalani peran sebagai instruktur pelatihan di Divisi ke-5 Angkatan Darat.

Telah dilaporkan bahwa anggota BTS lain juga akan memenuhi tugas militer mereka secara berurutan sesuai rencana masing-masing. Dalam kasus BTS Suga, ia ditetapkan sebagai pekerja layanan sosial alih-alih tentara aktif melalui pemeriksaan fisik Administrasi Tenaga Kerja Militer pada akhir tahun lalu.

Otoritas militer telah menyatakan bahwa setelah anggota BTS mendaftar, mereka akan diberikan kesempatan berpartisipasi dalam acara atau kegiatan nasional untuk tujuan kepentingan umum jika mereka menginginkannya. Para personel BTS dianggap sebagai "individu luar biasa di bidang budaya dan seni populer" di bawah "Undang-Undang Dinas Militer" saat ini dan menerima Order of Cultural Merit pada 2018.

3 dari 4 halaman

Pamer Potong Rambut

Sebelumnya, J-Hope juga mengunggah foto terbaru dengan emoji berbentuk gunting di media sosialnya. Dalam foto tersebut, J-Hope tampil dengan potongan rambut pendek yang langsung menarik perhatian. Di pagi hari di hari yang sama, J-Hope mengadakan siaran langsung di Weverse dengan V dan Jungkook, mengatakan "Saya memotong rambut saya".

Saat itu, waktu pendaftaran J-Hope belum diumumkan. Tapi, ARMY menduga waktunya sudah dekat karena idol bernama asli Jung Ho Seok itu sudah memangkas rambutnya. 

Seperti Jin, J-Hope juga meninggalkan para penggemar sementara dengan karya. Mengutip kanal Regional Liputan6.com, J-Hope resmi merilis single sekaligus MV teranyarnya bertajuk On The Street, pada 3 Maret 2023 pukul 2 siang KST atau pukul 12 WIB. Single tersebut merupakan projek kolaborasi J-Hope bersama J-Cole.

Media Korea melaporkan bahwa dalam projek kolaborasi ini, J-Hope BTS ikut menyusun dan menulis single terbarunya tersebut. Dia juga turut mendesain tulisan "On The Street" feat J-Cole, yang ada dalam MV yang dirilis.

4 dari 4 halaman

Single On The Street Cetak Rekor

Di keterangannya, Big Hit Music menjelaskan, motif trek dari kata street, dapat diartikan sebagai tempat di mana orang-orang melalui kehidupannya sehari-hari. Tetapi, hal itu juga sebagai sebuah metafora untuk sebuah kehidupan yang juga berasal dari Street Dance, genre yang mewakili akar J-Hope sebagai seniman.

"Itu merupakan jalan yang akan terus dia tempuh bersama penggemarnya di seluruh dunia," tulis BigHit Music.

On the Street adalah single terbaru idol bernama asli Jung Hoseok itu setelah dia merilis album debut solo-nya, Jack in The Box pada 15 Juli 2022 lalu. Big Hit Music juga menyampaikan akan terus memberikan informasi terkait proses wajib militer yang akan dilaksanakan oleh J-Hope.   

Hanya dalam sehari, video klip tersebut telah ditonton lebih dari 9 juta kali dan kebanjiran 170 ribuan komentar. "Lagu ini terasa hidup. Gue suka betapa musiknya mencerminkan kemajuan yang mengoneksikan dunia dan budaya," cetus pengguna di kolom komentar.

"Lagu ini bermakna dalam dengan nada yang keren," yang lain menyahut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.