Sukses

Respons Imam Saat Sholat Tarawih Saat Kucing Melompat ke Arahnya, Tetap Khusyuk Sembari Mengelus

Tingkah polah kucing selalu berhasil mencuri perhatian banyak pasang mata di jagat maya. Salah satu yang tengah jadi perbincangan hangat adalah kucing yang melompat ke arah imam sholat tarawih.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkah polah kucing selalu berhasil mencuri perhatian banyak pasang mata di jagat maya. Salah satu yang tengah jadi perbincangan hangat adalah kucing yang melompat ke arah imam sholat tarawih.

Dikutip dari Insider, Jumat (7/4/2023), seekor kucing calico kecil muncul secara mengejutkan ketika para jemaah sedang sholat pada Senin, 3 April 2023. Imam Walid Mehsas dilaporkan memimpin sholat tarawih, sholat malam selama bulan suci Ramadhan, di sebuah masjid di Bordj Bou Arreridj, Aljazair, menurut BBC.

Selama sholat tarawih, kucing dengan bulu oranye, hitam, dan putih itu mencoba menarik perhatian imam dengan menggaruk kakinya. Momen itu terabadikan dalam sebuah video yang diunggah melalui akun Facebook sang imam pada Selasa, 4 April 2023.

Kucing itu langsung melompat ke perut imam dan naik ke atas bahunya. Namun, imam tampak tidak terpengaruh. Imam Sheikh Walid Mehsas tetap khusyuk sholat tarawih sembari mengelus kucing tersebut.

Kucing itu kemudian mengusap pipi imam dengan ekornya dan menjilat wajahnya sebelum melompat turun. Video berdurasi dua menit dan 22 detik itu telah disaksikan lebih dari 1,1 juta kali di Facebook.

Video juga disukai lebih dari 79 ribu kali dengan lebih dari 5.500 komentar yang membanjiri kolom komentar. Momen hangat itu menyentuh banyak warganet. Kolom komentar pun dipenuhi beragam tanggapan.

"Yang saya sukai adalah kerendahan hati Imam dan keteguhannya dalam berdoa, semoga Tuhan melindunginya," tulis seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banjir Pujian

"Semoga Allah membalas Anda dan melindungi Anda Sheikh Walid atas kelembutan hati Anda. Reaksi Anda terhadap kucing yang mengangkat bahu Anda adalah belas kasih, belas kasihan, dan kebaikan. Jutaan telah terpengaruh oleh situasi Anda ini, saya berdoa kepada Allah SWT agar video ini menjadi alasan untuk membimbing banyak orang. Semoga Tuhan melindungi dan menjagamu," tulis seorang warganet.

Kemudian, warganet lain turut berkomentar, "Semoga Allah memberkati Anda, senang dengan Anda, Anda benar-benar membuat hati kami bahagia. Semoga Allah memberkati Anda, Syekh, betapa manisnya kebaikan hati di saat semuanya menjadi tanpa ampun. Semoga Allah membalas Anda dan mengangkat nasib Anda dan orang tua Anda di rumah."

"Ya Allah, shalawat dan salam atas Nabi kami, Muhammad tercinta kami, keluarga dan para sahabatnya, dan shalawat atas junjungan kami dan Muhammad yang kami cintai, serta keluarga dan para sahabatnya. Saya menoleh ke suara indah Anda saat Anda membaca kata-kata Allah, semoga Allah memberkati Anda saudaraku," tambah warganet.

"Segala puji dan syukur kepada Allah, Tuhan semesta alam, dan doa dan damai bagi Utusan Allah, damai dan berkah bagi Nabi kita Muhammad, keluarganya, sahabat dan mereka yang menjadi miliknya," tulis lainnya.

"Seolah-olah kucing itu ingin mengucapkan terima kasih karena telah membaca Al-Qur'an yang Mulia dengan suara yang menyenangkan telinganya, semoga Tuhan memberkati Anda, Syekh kami," tambah warganet.

3 dari 4 halaman

Momen Kucing Ikut Sholat

Ini bukan pertama kalinya seekor kucing "ikut serta" dalam sholat. Dikutip dari Citizen Liputan6.com, pada 2021 lalu, melalui akun TikTok @ayayambakar, pemilik akun mengunggah sebuah video yang menunjukkan tingkah iseng dua ekor kucing yang mengganggu beberapa perempuan saat sedang sholat Idul Fitri.

Kucing berwarna abu-abu dan putih belang hitam ini tampak bertingkah tak terduga di hadapan perempuan yang sedang sholat. Dalam videonya, beberapa perempuan tampak sedang khusyuk menjalankan ibadah sholat Idul Fitri.

Namun, tiba-tiba saja datang dua ekor kucing di tempat mereka sholat. Bahkan, salah seekor kucing tampak penasaran dengan air di dalam sebuah gelas yang terletak di depan mereka.

Ia pun berusaha untuk memasukkan kakinya ke dalam gelas tersebut untuk menyentuh airnya. Alhasil, tingkah absurd kucing itu pun mengundang perhatian para perempuan yang sedang khusyuk sholat. Mulanya, beberapa perempuan tampak menahan senyum dan tertawa agar sholatnya tak batal.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Namun, tak disangka kucing tersebut justru menumpahkan air dalam gelas sehingga pemiliknya tak kuasa lagi menahan tawa.

Beruntungnya, mereka telah memasuki rakaat sholat yang terakhir. Setelah mengucapkan salam, barulah para perempuan tersebut tertawa lepas gara-gara tingkah kucing peliharaannya itu.

Aksi kucing yang mengganggu pemiliknya saat sholat Idul Fitri ini pun turut mencuri perhatian warganet. Tak sedikit dari warganet yang merasa terhibur karenanya.

"Tekanan batin," tulis Eko Saputra. "Dalam hati udah istighfar pengen murka.. sambil nahan ketawa," tulis Vincenzo. "Yang pernah digangguin kucing pas sholat kita satu srver," tulis Xinn

"Diganggu makhluk halus," tulis Indaka. "Humor gue sebatas orang yang pakai mukena biru di zoom," tulis laras.edxtz.

"kucing nya pinter inisiatif mau take video sma set up camera buat footage tuan nya," tulis Rin. "kalo lu mau pelihara kucing tapi ga di ijinin Ama emak cobalah beri nama taperware pasti di izinin," tulis gepeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.