Sukses

Tingkah Usil Pangeran Louis Membuatnya Dilarang Hadiri Penobatan Raja Charles III?

Berbeda dengan Pangeran Louis, dua kakaknya: Putri Charlotte dan Pangeran George dipastikan hadir dalam acara penobatan Raja Charles III.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika penobatan Raja Charles III tepat berjarak sebulan lagi, berita persiapannya sudah lebih sering hilir-mudik. Salah satu topiknya adalah tentang kehadiran anak bungsu Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis.

Melansir PageSix, Kamis (6/4/2023), Pangeran Louis mungkin tidak menghadiri acara penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023 karena tingkah usilnya di acara-acara sebelumnya, kata sumber istana secara eksklusif pada publikasi itu. Orang dalam menambahkan, "Lagipula, ia baru berusia empat tahun."

Namun, kakak perempuannya, Putri Charlotte, akan hadir, kata sumber istana. Pangeran George disebutkan dalam undangan resmi sebagai salah satu page boys Raja. Seorang juru bicara resmi Istana Kensington berkata, "Pangeran dan Putri Wales akan membuat keputusan tentang kehadiran Pangeran Louis mendekati waktunya."

Pangeran Louis jadi berita utama pada Juni 2022 karena wajah-wajah lucu yang ia buat di balkon pada perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II. Tidak hanya menutupi telinga dan berteriak selama parade Trooping the Color, bangsawan muda ini juga menjulurkan lidah ke ibunya di agenda tiga hari kemudian.

Paman Louis, Mike Tindall, menyalahkan kejenakaannya pada "sugar high" saat itu, mengatakan pada pendengar podcast "The Good, the Bad & the Rugby" bahwa keponakannya makan "banyak permen." Pensiunan atlet berusia 44 tahun itu menyebut, "Sulit bagi (anak-anak untuk duduk di sana). Mereka semua masih kecil. Ini waktu yang lama."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya Pangeran Louis

Pangeran Louis bukan satu-satunya anggota keluarga kerajaan yang kehadirannya di acara bulan depan masih belum pasti. Juru bicara Pangeran Harry dan Meghan Markle mengkonfirmasi bulan lalu bahwa pasangan Sussex telah diundang, namun belum secara terbuka menerima atau menolak tawaran tersebut.

"Apapun yang terjadi, Harry dan Meghan akan selalu jadi berita utama," kata seorang sumber. "Mereka memang memegang kendali."

Sementara, kedua anak mereka, Archie Harison dan Lilibet Diana, dilaporkan tidak diundang untuk menghadiri acara tersebut. Dikutip dari The Sun, 12 Maret 2023, surat dari Buckingham Palace itu tidak menyebutkan Archie yang berusia tiga tahun maupun Lilibet yang berusia satu tahun.

Melansir Marie Claire, 10 Maret 2023, Duke dan Duchess of Sussex dilaporkan tidak akan memberi kepastian sampai mencapai serangkaian kompromi dengan Raja dan keluarga Kerajaan Inggris. Setidaknya ada empat syarat yang katanya diajukan Meghan dan Harry terkait ini:

1. Perayaan ulang tahun Archie

"Ulang tahun Archie jatuh pada 6 Mei, hari penobatan, dan keluarga Sussex ingin keluarga kerajaan mengakui itu," kata seorang sumber pada OK!. "Kelurga Sussex telah meminta semacam perayaan atau pengakuan untuk dimasukkan ke dalam rencana hari itu guna memastikan bahwa (momen perayaan) ulang tahun keempat Archie tidak akan hilang selama hari yang penting itu."

3 dari 4 halaman

2. Tempat Tinggal Pangeran Harry dan Meghan Markle Selama di Inggris

Menyusul pengusiran mereka dari Frogmore Cottage di Windsor, keluarga Sussex kabarnya ditawari sebuah apartemen di Istana Buckingham. Tapi, mereka justru meminta tinggal bersama Putri Eugenie dan keluarganya di Frogmore, menurut sumber OK!.

"Mereka ingin anak-anak mereka menghabiskan waktu dengan anggota keluarga lain, terutama sepupu mereka August yang kira-kira seumuran dengan Lilibet. Kedua pasangan itu sangat akrab dan sangat ingin anak-anak mereka dekat," kata seorang sumber.

3. Kemunculan di balkon Istana Buckingham

Sumber ini menambahkan bahwa keluarga Sussex dilaporkan ingin ikut muncul di balkon Istana Buckingham pada hari itu. "Ini bisa jadi masalah nyata karena Istana telah mempersempitnya jadi hanya anggota keluarga Kerajaan Inggris yang bekerja yang akan muncul di balkon," kata sumber itu. "Harry dan Meghan sangat ingin jadi bagian dari momen keluarga yang spesial itu."

4. Jaminan keamanan

Terakhir, pasangan yang berbasis di California ini mendesak kejelasan bahwa mereka dan anak-anak mereka akan aman jika kembali ke Inggris.

"Masih ada kasus hukum yang sedang berlangsung antara keluarga Sussex dan Home Office mengenai keamanan mereka. Pasangan itu menginginkan keamanan lebih saat mereka berada di Inggris dan ini perlu diselesaikan sebelum mereka menghadiri penobatan," kata sumber itu.

4 dari 4 halaman

Gelar Camilla di Kartu Undangan Penobatan Raja Charles III

Di kartu undangan upacara penobatan resmi Raja Charles III yang dirilis 4 April 2023, Camilla tidak lagi mengenakan titel Queen Consort alias permaisuri, tapi hanya ditulis sebagai Queen alias Ratu. Dikutip dari The Sun, 5 April 2023, pembantu kerajaan mengatakan bahwa 6 Mei 2023, ketika ia dinobatkan bersama Raja Charles III, adalah momen yang "tepat."

Sumber yang dekat dengan Camilla mengatakan "masuk akal" untuk menggunakan Permaisuri selama tujuh bulan terakhir untuk membedakannya dari Ratu Elizabeth II, tapi sekarang saatnya perubahan.

Seorang sumber kerajaan mengatakan, "Ratu Camilla adalah gelar yang tepat untuk mengimbangi Raja Charles atas undangan tersebut. Penobatan adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan (gelar) Ratu Camilla dalam kapasitas resmi."

Rencananya, undangan itu akan disebar pada dua ribu tamu yang akan membentuk kongregasi di Westminster Abbey. Kartu undangan tersebut didesain Andrew Jamieson, seorang seniman heraldik dan iluminator manuskrip yang karyanya terinspirasi tema ksatria legenda Arthurian.

Jamieson adalah anggota Brother of the Art Workers’ Guild dengan Raja Charles III sebagai anggota kehormatan. Karya seni asli untuk undangan itu dibuat tangan menggunakan cat air dan gouache. Sedangkan, desainnya akan direproduksi dan dicetak di kartu daur ulang dengan detail foil emas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.