Sukses

Tiket Destinasi Mudik Lebaran dengan Kereta dan Pesawat yang Paling Banyak Dipesan Tahun Ini, Salah Satunya Bali

Di masa mudik lebaran 2023, tiket untuk penerbangan melonjaknya sampai 61 persen, sedangkan untuk akomodasi itu meningkatnya 55 persen

Liputan6.com, Jakarta Pemesanan tiket perjalanan untuk semua jenis transportasi dan tiket mudik dan liburan Lebaran melalui aplikasi diprediksi meningkat menjelang Idul Fitri 1444 H.  Salah satu pemain pemesanan tiket di platform digital, Tiket.com, menjamin tidak akan ada gangguan pada aplikasi saat terjadi lonjakan traffic pemesanan tiket mudik Lebaran di platformnya.

"Kita sudah teruji event besar seperti konser Dewa 19, Blackpink dll. Saya rasa akan sangat aman banget untuk booking pesawat, bus, dan kereta api. Karena tiket transportasi itu tidak seperti konser musik yang pemesanannya hampir selalu berbarengan," terang Co-Founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa di acara Iftar Media di Jakarta, Senin, 3 April 2023.

Gaery mengatakan jadwal keberangkatan favorit pemudik untuk pulang kampung merayakan Idul Fitri akan terjadi pada periode 17 sampai 28 April 2023, karena cuti bersama dimajukan. Dia menyarankan kepada para pemudik untuk membeli tiket transportasi sejak jauh-jauh hari karena bila membeli sudah mendekati hari H lebaran diprediksi akan semakin sulit dan semakin mahal.

"Lebih cepat lebih baik, kalau bisa sekarang juga, malahan mestinya kemarin sudah kita beli, hahaha. Karena ketika beli di tanggal-tanggal favorit bakal semakin sulit dan harganya melonjak tinggi," terang Gaery.

"Kita sudah bisa lihat dari pemesanannya, untuk penerbangan itu melonjaknya 61 persen. Untuk akomodasi itu meningkatnya 55 persen,” tambahnya. Kenaikan itu memang sudah diprediksi karena di mudik lebaran tahun ini tidak ada aturan PPKM seperti tahun-tahun sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Periode Liburan Lebaran Terbesar Tahun Ini

Bersamaan dengan berakhirnya PPKM, arus mudik dan perjalanan tahun ini diprediksi melonjak tinggi. "Saya rasa lebaran ini bisa menjadi periode liburan tahunan terbesar Indonesia tahun ini," kata Gaery Undarsa.

Gaery juga mengungkapkan beberapa destinasi yang menjadi favorit menjelang Hari Raya Idul Fitri. Destinasi yang paling banyak diminati antara lain seperti Medan, Padang dan Denpasar untuk perjalanan dengan pesawat terbang.

“Kita masih menunggu jumlah pastinya, tapi sampai hari ini (3 April 2023) dari jumlah booking di tiket.com, untuk tiket penerbangan domestik yang terbanyak it uke Medan, Padang dan Denpasar. Kalau untuk tujuan internasional, terbanyak itu ke Singapura, Kuala Lumpur sama Istanbul, Turki,” ungkap Gaery.

Sementara untuk pemesanan akomodasi seperti hotel, Gaery mengatakan pemesanan terbanyak ada di Bogor, Bali dan Surabaya. "Bogor itu sudah pasti karena orang Jakarta mau staycation, liburan dan lain-lain biasanya cari tempat yang agak dekat dari Jakarta, dan paling banyak memang di Bogor. Untuk Internasional ada di Bangkok, Johor Malaysia, dan Singapura,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Tanggal Keberangkatan Mudik

Mengenai Bali, menurut Gaery, biasanya memang kerap jadi destinasi favorit untuk mereka yang ingin liburan di masa mudik lebaran. Sementara itu, tiket kereta yang paling banyak diminati sejauh ini adalah Yogyakarta, Surabaya dan Semarang. Kemudian untuk tiket bus, yang menjadi favorit masyarakat adalah Yogyakarta, Malang dan Surabaya.

Gaery menjelaskan juga bahwa di tahun ini, tanggal keberangkatan pun sudah ramai mulai 17 April mendatang dan berakhir di 28 April. "Untuk tanggal keberangkatan yang ramai itu sekitar tanggal 17 hingga 28 April. Karena cuti bersama dimajukan, jadi orang juga sudah mulai pergi tanggal 17. Jadi 17 sampai 19 itu otomatis sudah paling ramai. Pulangnya biasanya seminggu setelah itu,” ungkapnya

Di masa liburan lebaran tahun ini, tiket.com menawarkan program diskon tiket transportasi dan akomodasi lewat program Tiket Hari Raya (THR) Pol-polan dengan tema Tiket Hadirkan Rasa.

THR ini merupakan program tahunan tiket.com sejak 2018, yang sengaja dirancang untuk mengantisipasi permintaan pasar yang biasanya tinggi mendekati lebaran Idul Fitri.

4 dari 4 halaman

Tiket Penerbangan Domestik dan Internasional

"Program ini menawarkan potongan harga spesial pada semua lini produk, yaitu penerbangan domestik dan internasional, akomodasi domestik dan internasional, beserta tiket wahana pilihan dalam negeri," tutur Maria Risa Puspitasari, SVP Brand Marketing tiket.com, dalam kesempatan yang sama.

"Namun, tahun ini ada yang berbeda. Kami menghadirkan fitur baru, yaitu tiket bus dan travel. Kami baru mengenalkan fitur ini pada bulan Maret, jadi tepat sekali timing-nya dengan mudik tahun ini," tambahnya.

Fitur pemesanan tiket bus dan travel ini akan menjadi bagian program promo THR Pol-polan tahun 2023 yang akan berlangsung pada 3-24 April 2023.Moda transportasi ini menurut Gaery dianggap tepat dipilih karena menawarkan kenyamanan dan pengalaman anti-stres dibandingkan menyetir kendaraan pribadi.

Produk Bus & Travel telah tersedia di laman muka aplikasi tiket.com dengan skema diskon THR maksimal Rp125.000. Bus & Travel juga memberikan sebuah jaminan Pasti Dapat Kursi, sehingga proses perencanaan mudik agar makin mudah dan terjangkau.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.