Sukses

Melasma dan Hilangkan Kerutan Wajah Termasuk Perawatan Paling Diminati Gen X di Klinik Kecantikan

Sebanyak 50 persen wanita Indonesia mengaku kerap merasa insecure dengan kondisi kulit wajahnya sehingga mereka kerap mengunjungi klinik kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan Ramadhan dan menjelang lebaran, banyak wanita ingin tampil all-out di hadapan keluarga dan sanak saudara. Tak heran berbagai klinik kecantikan tetap ramai pengunjung selama bulan puasa ini.

Kulit wajah tentu menjadi perhatian khusus bagi mereka yang sangat peduli penampilan, termasuk para ibu. Seiring bertambahnya usia, masalah yang dialami semakin membutuhkan perawatan khusus. Kerutan, garis halus, melasma, flek hitam, serta pori-pori besar adalah beberapa di antara masalah kulit yang kerap dialami para wanita kaum Gen X.

Survei ZAP Beauty Index 2023 menunjukkan bahwa kulit wajah memang menjadi fokus utama para wanita yang rajin mengunjungi klinik kecantikan. Sebanyak 50 persen wanita Indonesia mengaku kerap merasa insecure dengan kondisi kulit wajahnya.

Bagi 57,6 persen wanita Gen X berusia 45-65 tahun, kerutan dan garis-garis halus menjadi masalah kulit utama yang tengah mereka alami. Dalam mencari solusi kecantikan, 46,5 persen wanita Gen X menginginkan perawatan kecantikan yang sesuai dengan masalah kulit yang mereka alami.

"Belakangan ini, setidaknya di awal tahun ini, banyak pelanggan kita yang datang untuk mengatasi masalah melasma atau bercak hitam pada wajah, dan juga menghilangkan kerutan pada wajah," ungkap Vice President Medical & Training ZAP dr. Dara Ayuningtyas dipl AAAM saat ditemui di acara 'Iftar Dinner With ZAP' di sebuah hotel di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 31 Maret 2023.

"Melasma ini memang cukup banyak dialami mereka yang datang ke klinik kita, dan mereka ingin cepat mengatasi melasma ini karena dianggap cukup menganggu penampilan. Kalau soal menghilangkan kerutan, itu memang sejak dulu banyak permintaannya. Sebenarnya lebih tepat disebut mengurangi kerutan karena tak mungkin kita bisa menghilangkan keruta di wajah terutama karena usia kita terus bertambah," lanjutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Metode Perawatan untuk Kurangi Kerutan

Dengan melihat data yang ada serta permintaan dari pelanggan, ZAP memperkenalkan treatment terbaru, yaitu Z-TOX Micro Injection dan Picoway yang diluncurkan pada Maret 2023. Perawatan ini bisa menjadi solusi bagi para wanita yang mengeluhkan tanda-tanda penuaan serta menginginkan solusi yang efektif dan relatif singkat.

Menuurt dr Dara, Z-TOX Micro Injection bisa menghilangkan kerutan dalam waktu lebih singkat. Metode perawatan ini menggunakan Botulinum Toxin yang telah dikenal bermanfaat untuk mengurangi kerutan di wajah.

Protein neurotoxin tersebut dihasilkan oleh bakteri Clostridium botulinum yang kemudian diinjeksikan secara intradermal di lapisan epidermis dengan menggunakan alat vital injector. "Treatment Z-TOX Micro Injection merupakan hasil dari riset panjang tim medis ZAP yang telah diujicobakan ke semua dokter kami," terang dr Dara.

"Kita mengembangkannya dengan memakai produk yang telah terdaftar BPOM dan pastinya halal. Jadi, pelanggan ZAP dapat mencoba treatment terbaru ini dengan nyaman, tanpa khawatir dampak negatifnya," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Waktu Perawatan

Z-TOX Micro Injection juga bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin memperbaiki tanda-tanda penuaan dengan hasil yang natural. Selain itu, treatment ini juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi jerawat. Waktu sekali perawatan pun cukup singkat, yaitu sekitar 30 menit untuk anastesi 30 menit dan tindakan 30 menit.

"Hasil Z-TOX Micro Injection butuh waktu satu hingga tiga hari untuk bekerja, dan bisa sampai tujuh hari pada beberapa orang. Untuk hasil yang maksimal, Z-TOX dapat diulang setiap tiga bulan sekali atau bisa juga dikombinasikan dengan treatment lainnya," jelas dr. Dara.

Tak hanya bagi para wanita, Z-TOX juga dapat dilakukan oleh pria. Treatment ini telah tersedia di ZAP Clinic, ZAP Clinic with Dermatologist, ZAP Premiere, dan MEN/O/LOGY by ZAP di seluruh Indonesia.

Dengan menggunakan teknologi denyut laser picosecond, treatment Picoway memungkinkan terjadinya transfer gelombang energi menuju lapisan kulit terdalam secara ultra singkat, lebih cepat dari satuan nanosecond. Dalam bahasa medis, menurut dr Dara, proses ini terjadi secara Photoacoustic. Pigmentasi alami, bahkan tinta tato, yang berada di bawah permukaan kulit dapat dengan efektif dijangkau.

4 dari 4 halaman

Picoway Efektif Atasi Melasma

Pigmentasi alami, bahkan tinta tato, yang berada di bawah permukaan kulit dapat dengan efektif dijangkau. Pada akhirnya, pigmen-pigmen tersebut dapat pecah menjadi partikel-partikel kecil, yang akhirnya dapat dibersihkan secara alami oleh tubuh. Berkat daya jangkaunya, treatment Picoway efektif untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi seperti melasma, flek hitam, freckles dan bekas jerawat PIH.

Tak hanya itu, treatment ini juga memberikan efek rejuvination sehingga dapat menghilangkan kerutan halus di sekitar wajah. Hal ini terjadi karena tembakan laser ke lapisan kulit terdalam mampu merangsang produksi kolagen dan elastin, membuahkan kulit yang tampak lebih muda dan segar.

Selain untuk wajah, Picoway juga mampu mengatasi strechmark, menyamarkan warna bibir yang hitam, menghilangkan bekas tato, hingga mengecilkan pori-pori. "Saat ini jumlah alat laser Picoway masih terbatas, yaitu hanya ada 45 mesin di seluruh Indonesia. Anda bisa mencoba treatment yang minim rasa sakit ini di ZAP Premiere Pondok Indah dan ZAP Premiere Menteng, Jakarta," tutup dr Dara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.