Sukses

Jumlah Kekayaan Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung yang Dipanggil Propam karena Tudingan Bergaya Hedon

AKP Agnis Juwita Manurung yang menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Malang disebut memakai sederet barang mewah yang dianggap tidak sebanding dengan gajinya.

Liputan6.com, Jakarta - Dugaan gaya hedon yang ditunjukkanKasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung memasuki babak baru. Ia diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur pada Senin, 27 Maret 2023.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana menjelaskan bahwa pemeriksaan itu dilakukan untuk mengklarifikasi konten video viral yang menyorot gaya hidup AKP Agnis Juwita Manurung. Walau mengaku belum mengetahui hasil akhir pemeriksaan, Kholis menyatakan, barang-barang mewah yang dinarasikan pada video tersebut tidak sama dengan barang yang dimiliki AKP Agnis.

"AKP Agnis memiliki bukti pembanding, di antaranya bukti foto lain, kemudian foto pendukung yang menjelaskan bahwa asal barang tersebut, atau jenis barang itu berbeda dengan yang ada di narasi," ujar Kholis, dilansir Antara, kemarin.

Ia menambahkan, bukti tersebut akan dipergunakan untuk memperkuat pernyataan dari yang bersangkutan. Berdasarkan keterangan AKP Agnis, ada sejumlah barang yang diberikan orangtuanya. Ada pula yang dibeli sendiri atau merupakan pinjaman dari rekannya.

Ia juga akan menunggu hasil klarifikasi dari AKP Agnis dalam pemeriksaan yang dilakukan di Polda Jawa Timur tersebut. "Kalau bicara terbukti atau tidak, belum bisa saya sampaikan karena upaya klarifikasi dan verifikasi masih berjalan. Nanti ada penyampaian dari Propam bahwa ini sudah sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan atau tidak," katanya.

Sebelumnya, akun TikTok @pejabatcurang mengunggah video yang memperlihatkan Kasatlantas Polres Malang itu mengenakan sejumlah barang mewah. Dia terlihat memakai kacamata Dior hingga tas mewah dari rumah mode Gucci. Potret tersebut merupakan tangkapan layar dari akun Instagram miliknya, @agnisjm. Kini, akun Instagram tersebut sudah tidak ada lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Barang-Barang Mewah yang Diduga Dimiliki AKP Agnis Juwita Manurung

Dalam video di TikTok itu diperlihatkan foto AKP Agnis, yang diduga mengenakan kacamata Dior, sedang berpose di depan kantor Satlantas Malang bersama dua petugas pria di belakangnya. "AKP Agnis ke kantor aja pake kacamata Dior loch!" tulis keterangan dalam video.

Ada juga potret AKP Agnis sedang menenteng tas mungil berwarna merah yang diduga bermerek Gucci Marmont seharga sekitar Rp18 juta lebih. "AKP Agnis lagi pamer tas Gucci seharga Iphone baru nih, senggol dong," tulisnya.

Selain itu, ada juga unggahan saat sang polwan menghadiri pesta pernikahan dan tampak menggunakan tas yang diduga Gucci Marmont Half Moon seharga Rp21 juta lebih dan sepatu heels Valentino seharga Rp19 juta. "Kondangan minimal pake Gucci harga 21 jt lah bos & heels valentino 19 jt biar keliatan sosialita," tulis keterangan dalam video.

Foto lain memperlihatkan AKP Agnis sedang duduk dan terdapat tas LV yang diduga seharga puluhan juta rupiah. Ada juga foto AKP Agnis sedang naik sepeda bermerek Specialized yang diduga seharga motor Yamaha X-Max, yaitu sekitar Rp52 juta.

3 dari 4 halaman

Berapa Harta Kekayaan yang Dilaporkan AKP Agnis Juwita Manurung?

Video tersebut juga membandingkan gaya hidup mahal Agnis dengan gaji polisi berpangkat AKP yang disebutkan dalam kisaran Rp2,9 juta sampai Rp4,7 juta. Lalu, berapa sebenarnya harta kekayaan Agnis?

Berdasarkan penelusuran di laman elhkpn.kpk.go.id, Agnis tercatat terakhir menyampaikan laporan harta kekayaannya pada 24 Januari 2023. Total kekayaan yang dilaporkannya mencapai Rp304 juta.

Dalam laporan itu, harga tertingginya berbentuk tanah dan bangunan seluas 93 meter persegi yang berada di Kota Malang. Nilainya mencapai Rp300 juta dan dilaporkan merupakan hasil usaha sendiri.

Sementara, ia mengaku tidak memiliki alat transportasi dan mesin. Ada pula harta bergerak yang dilaporkan bernilai Rp2 juta, ditambah uang kas dan setara kas senilai Rp2 juta.

Menurut akun Instagram @satlantasresmalang, AKP Agnis Juwita Manurung menjabat sebagai Kasatlantas Polres Malang setelah sebelumnya menjabat sebagai Kanit Regident Polres Malang. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 2013 itu menggantikan AKP Agung Fitriansyah, sejak 14 Juli 2022. Pelantikan dilakukan oleh Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat. 

4 dari 4 halaman

Masih Sibuk Jelang Dipanggil Propam

Sebelum dipanggil Propam Polda Jawa Timur, AKP Agnis terlihat sibuk rapat. Mengutip unggahan Instagram @satlantasresmalang, Selasa (28/3/2023), rapat itu berkaitan dengan operasi pengamanan jelang lebaran 2023 bertajuk Ketupat Semeru 2023.

Satlantas Polres Malang menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama Forum LLAJ Kab. Malang. Rapat itu dihadiri pula oleh Kadishub, Kadis PU Bina Marga,Kasatpol PP, Kepala PT Jasa Marga Malang-Pandaan, dan Kanit PJR Jatim IV.

"Kegiatan ini guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dalam menjalankan ibadah puasa dan menyambut Idul Fitri 1444 H," bunyi keterangan unggahan itu.

Namun, warganet yang mampir di akun tersebut mempertanyakan alasan akun Instagram pribadi Kasat Lantas Polres Malang yang hilang dari peredaran. "Mbak Agnis kenapa akun IG na ga ada?" tulis seorang warganet.

"Lho bu kasatlantas nya koq gak di tag min?" sindir yang lain.

"Memang udah bukan rahasia lagi, karena memang gampang nyari duit. Gampang pula menghabiskannya..Percuma di offkan IGnya, lagian udah di SC dan disebar kok foto2 kasatlantasnya," komentar warganet berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.