Sukses

Taman Hiburan Harry Potter Indoor Terbesar di Dunia Segera Buka di Tokyo Jepang, Catat Harga Tiketnya

Liputan6.com, Jakarta - Potterhead segera dapat menjelajah Dunia Sihir dan menyesap Butterbeer saat taman hiburan Harry Potter dalam ruangan terbesar di dunia dibuka di Tokyo, Jepang. Direncanakan buka pada 16 Juni 2022, taman hiburan Warner Bros Studio Tour Tokyo – The Making of Harry Potter adalah yang pertama dari jenisnya di Asia.

Melansir Straits Times, Kamis, 16 Maret 2023, ini adalah atraksi Harry Potter kedua dari Warner Bros setelah taman hiburan serupa di London, yang telah menyambut lebih dari 17 juta pengunjung sejak dibuka pada 2012. Mirip dengan aslinya, taman hiburan versi Jepang ini akan menampilkan berbagai macam pameran, kostum, properti, efek khusus, dan model yang digunakan untuk membuat film Harry Potter.

Selain melihat set seperti Hogwarts’ Great Hall dan Diagon Alley, pengunjung juga dapat duduk di Hogwarts Express dan merasakan teknologi layar hijau saat mereka melakukan perjalanan ke sekolah sihir. Namun, tidak seperti kembarannya di London, taman hiburan di Jepang ini akan membanggakan satu set yang muncul di seri Fantastic Beasts.

Taman yang dibangun di lokasi bekas Taman Toshimaen yang ditutup pada 2020 ini akan lebih besar dari yang ada di London, lapor Nikkei Asia. Fasilitas kerangka baja dua lantai itu masih dalam pembangunan, tambahnya.

Harga tiket taman hiburan Harry Potter, yakni 6.300 yen (sekitar Rp729 ribu) untuk orang dewasa, 5.200 yen (sekitar Rp602 ribu) untuk mereka yang berusia 12 hingga 17 tahun, dan 3.800 yen (sekitar Rp440 ribu) untuk anak-anak berusia empat hingga 11 tahun. Tiket harus dipesan terlebih dahulu, dengan penjualannya dimulai pada 22 Maret 2023.

2 dari 4 halaman

Atraksi Harry Potter Lainnya di Jepang

Mengutip Time Out, kegembiraan lain seputar Harry Potter akan lebih dulu hadir di Universal Studios Jepang di Osaka. Mulai 17 Maret 2023, pengunjung berkesempatan "bergabung dengan siswa Hogwarts di area Dunia Sihir Harry Potter dan mempelajari cara yang tepat untuk menyapa Hippogriff dengan harapan menerima busur sebagai balasannya."

Pengunjung juga akan bertemu beberapa makhluk kecil yang terlihat di serial Harry Potter dan Fantastic Beasts, termasuk Niffler nakal yang suka menjelajahi Owl Post untuk mencari harta karun yang mengilap. Sementara itu, di luar toko Joke Zonko, pengunjung akan menemukan Pygmy Puff yang lucu dan menggemaskan, serta bayi naga yang baru menetas.

Selain tambahan atraksi magis yang dijadwalkan berlangsung hingga 31 Desember 2023, beberapa barang edisi terbatas juga akan tersedia di toko-toko di area Dunia Sihir. Salah satunya adalah tempat botol yang menampilkan Bowtruckle.

Pengunjung pun diminta mempersiapkan diri untuk petualangan mendebarkan karena makhluk mistis akan tersebar di seluruh Hogsmeade, menunggu Anda menemukan dan berinteraksi dengan mereka.

3 dari 4 halaman

Kasus di Taman Bermain Ghibli Park

Jepang merupakan rumah bagi sejumlah taman bermain, termasuk Ghibli Park. Baru-baru ini, pihak berwenang negara itu berjanji menindak pengunjung Ghibli Park yang diduga berfoto dengan pose tidak senonoh dengan patung karakter wanita di taman hiburan tersebut.

Bulan lalu, foto-foto menunjukkan pria "berpura-pura melakukan pelecehan seksual terhadap karakter wanita muda" di Ghibli Park beredar, lapor Straits Times, dikutip dari CNN, 11 Maret 2023.

"Terus terang mengunggah foto seperti itu di media sosial sangat tidak pantas. Dari orang dewasa hingga anak-anak, orang-orang pergi ke Ghibli Park untuk memasuki dunia Ghibli dan bersenang-senang," kata Hideaki Ōmura, Gubernur Prefektur Aichi, dalam konferensi pers Kamis, 9 Maret 2023.

"Jelas tindakan ini mengganggu banyak orang," katanya, seraya menambahkan bahwa timnya telah mengatakan pada manajemen taman bahwa "mereka harus menghentikan tindakan seperti itu begitu terlihat dan dikonfirmasi."

Ia menyambung, "Bagi mereka yang datang ke taman untuk melakukan hal semacam ini, saya lebih suka mereka tidak datang sama sekali."

4 dari 4 halaman

Peresmian Ghibli Park

Ghibli Park resmi dibuka untuk publik pada 1 November 2022. Figur Totoro yang menyeringai siap menyambut para pengunjung di area masuk. Pembukaannya turut diumumkan di Twitter Studio Ghibli lewat tulisan "Selamat!" dan ilustrasi deretan sosok yang menyerupai makhluk roh Totoro dan ditandatangani salah satu pendiri perusahaan, Hayao Miyazaki.

Taman bermain terbaru di Jepang itu terdiri dari lima area. Para penggemar karya animasi Studio Ghibli bisa menikmati wujud karakter di Howl's Moving Castle hingga Spirited Away yang berhasil memenangkan Piala Oscar.

Cat Bus yang empuk, No-Face seukuran aslinya, dan sejumlah bangunan rekreasi dari film-film mereka siap dikunjungi setelah Jepang kembali membuka perbatasannya untuk turis asing pada 11 Oktober 2022. Tiket tersedia hanya lewat reservasi, dan saat pembukaan langsung ludes terjual hingga akhir 2022.

Pembukaan taman itu begitu dinantikan penggemar. Seorang pengunjung setengah baya yang menggambarkan dirinya sebagai "penggemar berat" mengaku pada penyiar TV Asahi bahwa ia telah mengantre sehari sebelum taman itu resmi dibuka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.