Sukses

6 Fakta Menarik Benin, Negara Afrika Bekas Koloni Prancis Tempat Lahirnya Praktik Voodoo

Benin secara resmi disebut Republik Benin merupakan negara di kawasan Afrika barat, bekas koloni Prancis di abad ke-19.

Liputan6.com, Jakarta - Benin yang secara resmi Republik Benin merupakan negara di kawasan Afrika barat. Negara yang membentang ke utara dari Teluk Guinea di Samudra Atlantik, memiliki pantai sepanjang 75 mil ke Sungai Niger sebagai bagian dari perbatasan utara Benin.

Benin berbatasan dengan Burkina Faso dan Niger di sebelah utara, sementara di sebelah timur dengan Nigeria, Togo di sebelah barat, dan Teluk Benin di sebelah selatan. Cotonou adalah kota terbesar di Benin juga merupakan pelabuhan utamanya, dan ibu kota administratif de facto.

Masih banyak hal mengenai Benin. Berikut enam fakta menarik Benin yang dirangkum Liputan6.com pada Selasa 14 Maret 2023. 

1. Benin Adalah Koloni Prancis dari Akhir Abad ke-19

Sebelum pemerintahan kolonial, sebagian wilayah yang sekarang menjadi Benin terdiri dari kerajaan-kerajaan yang kuat dan merdeka, termasuk berbagai kerajaan Bariba di utara dan di selatan kerajaan-kerajaan Porto Novo dan Dahomey. 

Pada akhir abad ke-19 penjajah Prancis menginvasi Benin dari wilayah pesisir ke pedalaman dengan meminjam nama kerajaan Dahomey yang dikalahkan untuk seluruh wilayah yang sekarang menjadi Benin. Asal nama benin berasal dari Teluk Benin.

2. Etnis di Benin

Meskipun upaya persatuan nasional yang lebih besar dan integrasi sejak 1960, perbedaan antara kelompok etnis Benin cukup kuat. Fon dua perlima dari populasi, tinggal di berbagai bagian negara dan khususnya di Cotonou.

Yoruba yang berkerabat dengan Yoruba Nigeria, sebagian besar tinggal di tenggara Benin dan merupakan seperdelapan dari populasi Benin. Di sekitar Porto-Novo, yaitu Goun (Gun) dan Yoruba (dikenal di Pobé dan Kétou sebagai Nago, atau Nagot) sangat bercampur sehingga sulit dibedakan. Di antara kelompok selatan lainnya beragam Suku Adja, termasuk Aizo, Holi, dan Mina.

Bariba, kelompok etnis terbesar keempat, terdiri dari beberapa subkelompok dan merupakan sepersepuluh dari populasi Benin. Mereka mendiami timur laut, terutama kota-kota seperti Nikki dan Kandi yang dulunya adalah kerajaan Bariba.

Somba (Ditamari) ditemukan di Natitingou dan di desa-desa di barat laut. Kelompok utara lainnya termasuk Dendi, Pila (Pilapila), Yoa-Lokpa, dan Fulani nomaden (Peul). Orang Eropa, Lebanon, Asia Selatan, dan Afrika dari negara lain termasuk di antara orang asing yang tinggal di Benin, terutama di Cotonou dan Porto-Novo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tempat Lahirnya Voodoo

Dikutip dari Atlas of Humanity, Benin adalah tempat lahirnya Voodoo, atau vodu, dan saat ini menjadi agama resmi negara; voodoo berarti "jiwa" atau "kekuatan" di Fon, dan pada saat Kerajaan Dahomey telah berkembang maksimal dan tetap tidak berubah selama berabad-abad. Voodoo memiliki nilai positif dan hubungan dengan dewa biasanya terjadi untuk mendamaikan kebaikan mereka dan untuk mencapai kebahagiaan dan kemakmuran.

Voodoo dan fetish adalah bagian dari kehidupan sehari-hari penduduk Benin, yang sebagian besar memiliki fetish yang menjaga dan melindungi akses ke desa, pasar, dan rumah. Fetish adalah patung atau benda yang di dalamnya mengandung kekuatan gaib, kekuatannya berasal dari ritus konsekrasi yang dilakukan dengan menyebarkan jimat suatu zat sambil membaca beberapa doa dan mempersembahkan korban.

4. Bahasa di Benin

Bahasa Prancis adalah bahasa resmi dan bahasa pengantar, tetapi setiap kelompok etnis memiliki bahasanya sendiri, yang juga digunakan. Sebagian besar orang dewasa yang tinggal di berbagai komunitas etnis juga berbicara dengan bahasa yang dominan di setiap daerah.

Bahasa yang paling banyak digunakan adalah Fon dan Gen (Mina), anggota cabang Kwa dari rumpun bahasa Afrika Niger-Kongo; Bariba, anggota keluarga Niger-Kongo cabang Gur; Yoruba, salah satu dari sekelompok kecil bahasa yang membentuk gugus Yoruboid dari subcabang Defoid dari cabang Benue-Kongo dari keluarga Niger-Kongo; dan Dendi, salah satu bahasa Songhai, yang umumnya dianggap sebagai cabang utama rumpun bahasa Nilo-Sahara.

 

3 dari 4 halaman

5. Taman Nasional dan Wisata Sejarah di Benin

Taman Nasional Pendjari terletak di barat laut Benin, bersebelahan dengan Taman Nasional Arli di Burkina Faso. Dinamai dari Sungai Pendjari, taman nasional ini terkenal dengan satwa liarnya dan merupakan rumah bagi beberapa populasi hewan besar terakhir seperti gajah hutan Afrika, singa, kuda nil, kerbau Afrika, dan berbagai antelop di Afrika Barat.

Taman ini juga terkenal dengan kekayaan burungnya. Taman Nasional Pendjari memiliki luas 2.755 kilometer persegi dan merupakan bagian dari kompleks WAP, kawasan lindung yang luas di Benin, Burkina Faso, dan Niger. Bukit dan tebing di jajaran Atakora terlihat dari taman.

Pada Maret 2009, taman tersebut untuk sementara dinominasikan untuk program Situs Warisan Dunia UNESCO, dan pada  Juli 2017. Taman ini secara resmi ditorehkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai bagian dari perluasan transnasional Kompleks WAP.

The Door of No Return adalah lengkungan peringatan di Ouidah, Benin. Lengkungan beton dan perunggu, yang berdiri di pantai, adalah tugu peringatan bagi orang-orang Afrika yang diperbudak yang dibawa dari pelabuhan budak Ouidah ke Amerika.

Beberapa seniman dan desainer berkolaborasi dengan arsiteknya, Yves Ahouen-Gnimon, untuk mewujudkan proyek tersebut. Kolom dan bas-relief adalah karya seniman Benina Fortuné Bandeira, Egungun yang berdiri sendiri oleh Yves Kpede dan perunggu oleh Dominque Kouas Gnonnou.

4 dari 4 halaman

6. Keju Khas dan Hidangan Nasional Benin

Mengutip TasteAtlas, Selasa, 14 Maret 2023, Dahomey fish stew adalah hidangan Benin yang terdiri dari fillet yang diambil dari ikan keras dan rendah lemak yang digulung dalam tepung dan digoreng dengan minyak hingga berwarna cokelat keemasan. Campuran ini kemudian digabungkan dengan bawang bombai dan tomat yang sudah dimasak dan dibiarkan mendidih sampai hidangan disajikan, sebaiknya dengan nasi.

Selanjutnya ada pula kuli-kuli sebagai hidangan nasional Benin. Makanan sederhana ini terdiri dari kacang tanah yang dihancurkan yang dibentuk menjadi bola atau biskuit yang digoreng dengan minyaknya sendiri.

Sebelum digoreng, pasta dicampur dengan garam, merica, dan beberapa bumbu jika ada. Sederhananya, hidangan adalah selai kacang goreng. Produk jadi tidak terlihat menggugah selera, tetapi rasanya cukup enak, dengan gorengan berwarna cokelat keemasan yang dikeringkan dan disajikan panas atau dingin dan dimakan sebagai camilan.

Wagassi adalah keju dari susu sapi dari Benin utara, ditandai dengan rasa yang ringan dan kulit merah, yang merupakan hasil dari mencelupkan keju ke dalam air hangat dengan ekstrak daun Calotropis procera. Sajian disiapkan secara tradisional oleh masyarakat Fulani, kebanyakan wanita dan dapat dibeli di kota-kota seperti Parakou.

Keju khas ini dipuji enak karena sifatnya yang unik seperti tidak mudah meleleh, bahkan pada suhu tinggi. Keju bisa dikonsumsi dengan cara digoreng atau dimasak dengan saus, namun jarang dikonsumsi segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.