Sukses

Dituding Pernah Lakukan Perundungan, Sutradara The Glory Ahn Gil Ho Akhirnya Angkat Bicara

Seorang warganet mengaku jadi korban bully atau perundungan saat sutradara The Glory, Ahn Gil Ho masih duduk di bangku SMA pada 1996.

Liputan6.com, Jakarta - The Glory merupakan drama yang disutradarai oleh sutradara terkenal Ahn Gil Ho dan dibintangi oleh Song Hye Kyo. Drama The Glory Bagian 1, yang dirilis pada 30 Desember tahun lalu, menggambarkan rencana balas dendam yang disiapkan seorang wanita yang jiwanya hancur karena pengalaman kekerasan sekolahnya.

Segera setelah dirilis, drama Korea tersebut mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan mencapai posisi teratas Netflix untuk serial TV non-Inggris. Kini drama tersebut sudah mulai menayangkan bagian keduanya.

Namun keberhasilan itu diiringi berita kurang baik dan mengejutkan.  Sutradara Ahn Gil Ho dikabarkan terlibat skandal bullying. Skandal perundungan ini tersiar luas baik di media massa maupun media sosial.

Melansir Koreaboo dan Allkpop, Minggu (12/3/2023), seorang warganet mengatakan bahwa ia adalah korban bully atau perundungan saat Ahn Gil Ho masih duduk di bangku SMA di Filipina pada 1996.  Saat itu, Ahn Gil Ho sedang berpacaran dengan seorang siswa dari sekolah lain.

Warganet itu bersama teman lainnya mengolok-olok pacar Ahn Gil Ho. Mendengar itu, Ahn Gil Ho tidak tinggal diam. Ia menyuruh teman-temannya membawa orang itu kepadanya, lalu menyerangnya.

Warganet korban ini mengaku bahwa sekitar 10 anak, termasuk Ahn Gil Ho telah memukulinya. Bahkan, ia mengatakan bahwa Ahn Gil Ho meminta seniornya untuk menyerang teman korban juga.

Orang itu kini tinggal di Amerika Serikat (AS). Ia menyimpulkan kalau Ahn Gil Ho membantahnya, kemungkinan ia akan membeberkan kesaksian dari teman-temannya yang juga menjadi korban bully atau perundungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bukan Perundungan

Warganet Korea Selatan memiliki reaksi yang beragam terhadap kabar yang beredar secara liar ini. Ada warganet yang meragukan berita tentang kasus bully oleh Ahn Gil Ho. Salah satu warganet Korea Selatan berpendapat bahwa sejujurnya dia hanya membalas karena pacarnya diolok-olok, jadi warganet tersebut kurang tahu ini termasuk perundungan atau tidak.

Jadi, sebagian besar warganet Korea Selatan meragukan skandal tentang bully oleh Ahn Gil Ho. Bahkan, dari dalam cerita tersebut sudah menyatakan bahwa itu bukan kasus perundungan.

Bagi warganet, perundungan adalah ketika sekelompok orang mengganggu dan membuat seseorang kesulitan dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan, yang dilakukan oleh Ahn Gil Ho adalah memberikan pelajaran kepada korban dan temannya yang menghina pacarnya saat SMA. Bisa dibilang itu adalah perkelahian biasa.

Menanggapi rumor tersebut, Ahn Gil Ho akhirnya buka suara.Dengan tegas Ahn Gil Ho membantah tuduhan dari unggahan online yang beredar soal dirinya.  Menurut Ahn Gil Ho, ia tak pernah memukul seseorang berkelompok.

Namun Ahn Gil Ho tak menampik kalua dia memang pernah bersekolah di Filipina selama satu tahun. "Memang benar saya pernah bersekolah di Filipina sekitar 1 tahun, tetapi saya tidak pernah terlibat konflik fisik dengan siswa Korea," tuturnya.

 

3 dari 5 halaman

The Glory Season 2

Serial drama Korea The Glory Season 2 menjadi drama yang cukup dinanti-nanti oleh banyak orang terutama yang penasaran dengan kisahnya sebelumnya. Drama ini sudah tayang perdana pada Jumat (10/3/2023) di layanan streaming Netflix.

Tinggal 2 hari lagi, Dong-eun kan melakukan balas dendam ter-ultimate ke gengnya Yeon-jin!,” tulis akun @netlixid. Para warganet pun memenuhi kolom komentar akun tersebut. Ada yang ingin segera mengetahui kisah balas dendam sang pemeran utama dalam drama Korea tersebut. 

The Glory merupakan drama Korea Selatan (drakor) yang mengangkat kisah aksi balas dendam seseorang bernama Dong Eun (diperankan Song Hye Kyo). Sebelumnya, di masa sekolahnya perempuan ini bermimpi untuk menjadi seorang arsitek.

Namun, nasib buruk menyelimutinya di mana ia harus menjadi korban dari bullying yang pelakunya adalah anak-anak kaya raya yang tak punya hati. Banyak tindakan perundungan mengerikan yang harus dihadapi dan luka fisik yang ia alami. Karena sudah terlanjur hancur, Dong Eun pun bertekad untuk membalaskan dendam kepada para pelaku perudungannya dulu.

Saat ia sudah dewasa, ia pun membuat rencana balas dendam yang sudah tersusun rapi hingga menjadi guru wali kelas dari anak salah satu pelaku perudungannya.

4 dari 5 halaman

Inspirasi Gelap Cerita The Glory

Netflix sempat menggelar acara GV live untuk promosi The Glory 2 di kanal YouTube-nya, Rabu, 8 Maret 2023. Selama siaran, penulis Kim Eun Sook mengungkap inspirasi gelap di balik cerita drakor tersebut.

Melansir KBIZoom, Sabtu (11/3/2023), Kim mengaku bahwa ia mulai menulis naskah The Glory setelah putrinya bertanya, "Mana menurut Anda yang akan lebih menyedihkan, saya memukul seseorang sampai mati atau saya dipukuli sampai mati?"

Penulis mengatakan, ia menemukan jawaban pertanyaan itu saat menulis naskah untuk The Glory. Ia berkata, "Saya punya solusi jika putri saya dipukuli sampai mati. Saya akan menghabiskan semua uang saya untuk menyeret pelaku ke 'neraka.' Setidaknya untuk saya."

Mengacu pada Moon Dong Eun (Song Hye Kyo), korban perundungan di The Glory, Kim berkata, "Bukankah itu hal yang tidak bisa dilakukan Dong Eun? Kebanyakan Dong Eun di dunia ini tidak bisa melakukan itu." Ia menyambung, "Kebanyakan korban kekerasan di sekolah adalah mereka yang orangtuanya tidak punya banyak uang atau mungkin tidak memiliki lingkungan keluarga yang memberi cukup uang. Saya ingin menunjukkan dukungan saya pada mereka."

Penulis drakor ini menambahkan, "Karena kenyataan sangat berlawanan dengan apa yang kita bayangkan, saya mencoba membuat balas dendam Moon Dong Eun berhasil dalam drama. Silakan tonton dan lihat bagaimana akhirnya".

 

5 dari 5 halaman

a

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.