Sukses

6 Fakta Menarik Saint Lucia, Negara Persemakmuran Inggris di Laut Karibia

Saint Lucia adalah anggota Persemakmuran Inggris di laut Karibia.

Liputan6.com, Jakarta - Saint Lucia adalah negara pulau di Laut Karibia. Saint Lucia adalah kelompok Windward terbesar kedua di Lesser Antilles dan terletak sekitar 24 mil (39 km) selatan Martinik dan sekitar 21 mil (34 km) timur laut Saint Vincent.

Mengutip dari Britannica, Sabtu 4 Maret 2023, ibu kota dan pelabuhan utama adalah Castri. Saint Lucia adalah anggota Persemakmuran Inggris. Pulau ini berasal dari gunung berapi dan terbelah dari utara ke selatan oleh punggung tengah pegunungan berhutan, titik tertingginya Gunung Gimie yang setinggi 3.145 kaki atau 959 meter.

Masih banyak hal lain mengenai Saint Lucia selain letak geografisnya. Berikut enam fakta menarik Saint Lucia yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu, 4 Maret 2023.

1. Tak Ada Orang Karibia yang Tersisa

Tidak ada orang Karibia yang tersisa di pulau itu; sebagian besar penduduk pulau itu berkulit hitam dan ada sebagian kecil mulatto dan campuran lainnya. Sisanya adalah orang kulit putih atau keturunan India Timur. Sebuah logat Perancis dituturkan oleh sebagian besar penduduk tetapi secara bertahap digantikan oleh bahasa Inggris, bahasa resmi.

Agama utama di Saint Lucia  adalah Katolik Roma serta Protestan lainnya adalah minoritas yang penting. Tingkat pertumbuhan populasi Saint Lucia sedikit lebih tinggi dari rata-rata Karibia. Pusat populasi utama adalah Castries dan Vieux Fort.

2. Anggota Persemakmuran Inggris

Saint Lucia adalah monarki konstitusional dengan raja Inggris sebagai kepala negara, diwakili oleh seorang gubernur jenderal. Parlemen bikameral terdiri dari House of Assembly yang dipilih oleh hak pilih orang dewasa universal dan Senat, dengan anggota yang ditunjuk atas saran perdana menteri atas saran pemimpin oposisi di DPR dan oleh gubernur jenderal. Perdana menteri, pemimpin partai mayoritas, memimpin pemerintahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Sejarah Saint Lucia

Tanggal pasti penemuan Eropa Saint Lucia tak diketahui, namun diperkirakan sekitar tahun 1500. Upaya kolonisasi pertama dilakukan oleh Inggris pada 1605 dan 1638, tetapi mereka digagalkan oleh penyakit dan permusuhan penduduk asli Karib.

Penyelesaian yang berhasil dicapai pada 1650 oleh Prancis dari Martinik membuat perjanjian dengan Karib pada 1660. Di tahun 1664 Thomas Warner, putra gubernur Saint Kitts merebut kembali pulau itu, tetapi dikembalikan ke Prancis melalui Perjanjian Breda pada 1667.

Pada 1674 diklaim oleh mahkota Prancis dan dijadikan ketergantungan Martinik. Pemukiman Inggris lainnya di bawah hibah yang dibuat pada 1722 oleh George I kepada adipati Montague dibuat frustrasi oleh Prancis, yang telah memberikan pulau itu kepada Marsekal d'Estrées pada tahun 1718, dan pulau itu dinyatakan netral.

4. Vieux Fort Adalah Benteng Tertua

Vieux Fort adalah kota dan bekas ibu kota pulau St. Lucia di timur Laut Karibia. Lokasinya terletak 19 mil (30 km) selatan pelabuhan Castries dan terletak di dekat ujung tenggara pulau yang ekstrim di tanah datar yang subur yang menghadap ke Teluk Benteng Vieux.

Vieux dinamakan sebagai benteng abad ke-17 merupakan benteng tertua yang terletak di sana, itu adalah situs pabrik gula pertama St. Lucia (1765) dan saat ini masih menjadi pusat distrik penghasil gula dan kelapa. Bandara Internasional Hewanorra, salah satu dari dua bandara di pulau itu, berada di dekatnya. Benteng Vieux memiliki salah satu pelabuhan laut dalam paling modern di Karibia dan dapat menampung kapal kontainer. 

3 dari 4 halaman

5. Wisata di Pulau Pigeon, Saint Lucia

Seperti negara Karibia lainnya, wisata di Saint Lucia umumnya adalah berupa pantai. Tetapi mereka juge memiliki pulau yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Pigeon yang seluas 180.000 m2, terletak di Gros Islet di wilayah utara Saint Lucia.

Pulai ini memiliki dua puncak yang adalah situs bersejarah dengan banyak benteng yakni benteng Inggris abad ke-18 dan Fort Rodney, keduanya digunakan Inggris untuk memata-matai Kapal Prancis dari negara tetangga Martinik. Pada 1979 pulau ini dinamai taman nasional dan sekali lagi pada 1992 menjadi taman nasional di bawah kendali Saint Lucia National Trust (SLNT). Saat ini, Pulau Pigeon merupakan rumah dan tempat utama Festival Jazz Saint Lucia.

Untuk pantainya, Anse Chastanet adalah pantai terbaik di St Lucia untuk snorkeling dan menyelam yang indah. Destinasi ini adalah alternatif yang lebih damai dari Pantai Reduit. Pengunjung yang berkunjung ke Anse Chastanet bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling lantaran memiliki air yang jernih dan banyaknya kehidupan laut yang dekat dengan pantai.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Kari Lambi

Mengutip dari Taste Atkas, Sabtu, 4 Maret 2023, Curried Lambi atau Kari lambi adalah sup seafood tradisional yang berasal dari St. Lucia. Hidangan ini disiapkan dengan kombinasi keong, bawang putih, daun bawang, bubuk kari, garam, minyak, ketumbar, timi, dan wortel.

Keong dipotong kecil-kecil lalu dimasak hingga empuk dengan garam, bawang putih, dan daun bawang. Bubuk kari ditumis ringan dalam minyak dengan ketumbar, timi, dan potongan keong dengan cairannya. Wortel dicincang dan ditambahkan ke dalam panci, lalu hidangan dimasak hingga sayuran menjadi empuk. Setelah disiapkan, kari lambi langsung disajikan.

Selain itu undtuk camilannya, terkenal Breadfruit balls atau Bola Sukun. Makanan ringan tradisional yang berasal dari St. Lucia ini juga populer di Dominika. Biasanya dibuat dengan kombinasi sukun, bawang merah, bawang putih, peterseli, seledri, remah roti, telur, keju parut, dan garam.

Buah sukun dipotong menjadi empat bagian, dibersihkan, direbus hingga lunak, kemudian dihaluskan dan didinginkan. Adonan dicampur dengan bahan lain, dan campuran itu dibentuk menjadi bola-bola yang digulung dengan remah roti dan digoreng atau dipanggang. Bola sukun selalu disajikan panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.