Sukses

Jimin BTS Ditunjuk Jadi Duta Merek Tiffany & Co., Susul Rose BLACKPINK

Dalam foto preview duta merek Tiffany & Co., Jimin BTS memakai setumpuk gelang Lock.

Liputan6.com, Jakarta - Jimin BTS mencatat lebih banyak pencapaian di dunia fesyen. Setelah Dior, pelantun lagu Promise ini didapuk jadi duta merek Tiffany & Co., bergabung dengan Rose BLACKPINK yang sudah lebih dulu digandeng dalam kampanye koleksi "Lock and Hardwear" pada 2021.

Melansir WWD, Jumat (3/3/2023), kerja sama Jimin dan merek perhiasan mewah itu akan segera dimulai, dengan kampanye iklan pertamanya bakal dirilis tahun ini. Namun, belum ada pengumuman tanggal pasti dari rencana promosi tersebut. 

Sebagai bagian dari kolaborasi, idol K-pop asal Busan, Korea Selatan ini akan muncul dalam kampanye iklan dan acara brand tersebut. "Jimin akan menampilkan pendekatan uniknya terhadap gaya perhiasan saat ia memakai desain ikonis Tiffany & Co. dalam kampanye yang akan datang," begitu bunyi keterangan yang mengumumkan kontraknya dengan Tiffany.

Dalam gambar preview, pemilik nama lengkap Park Jimin ini mengenakan setumpuk gelang Lock yang merupakan perpaduan antara setengah pavé, pavé penuh, dan gaya beraksen berlian. "Merupakan kehormatan besar untuk bermitra dengan Tiffany dan mewujudkan nilai-nilai merek yang memiliki hasrat untuk desain, inovasi, dan kesenian," kata Jimin dalam pernyataan tentang kontraknya dengan jenama perhiasan itu.

Wakil presiden eksekutif Tiffany untuk produk dan komunikasi, Alexandre Arnault, menyambung, "Kami bersiap menyambut artis dan penampil multifaset Jimin BTS sebagai duta merek terbaru kami. Ia mewujudkan energi, gaya, dan rasa modernitas yang melambangkan Tiffany & Co. Kami bangga dan sangat bersemangat untuk mengungkap kampanye masa depan kami dengan peluncurannya nanti di musim semi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Influencer Terbesar di Paris Men's Fashion Week AW23

Awal tahun ini, Jimin sudah lebih dulu ditunjuk sebagai duta merek resmi untuk Dior. Di langkah awalnya, idol yang akan merilis album solo bertajuk Face pada 24 Maret 2023 ini bahkan dinobatkan sebagai influencer terbesar selama Paris Fashion Week 2023 ketika menghadiri show Dior.

Melansir Koreaboo, dari kerumunan yang ia tarik saat menghadiri acara Dior, hingga perhatian media, setiap tanggapan terhadap langkah pertama Jimin ke dunia mode menunjukkan "pengaruhnya sudah tidak tertandingi." Narasi itu didukung data yang dirilis Lefty dan Karla Otto.

Dalam laporan bersama itu, lead vocalist BTS ini dinobatkan sebagai influencer terbesar di Paris Men's Fashion Week AW23. Salah satu fokus utama dari laporan ini adalah menganalisis berapa banyak Earned Media Value (EMV) yang dihasilkan setiap influencer untuk merek yang mereka wakili selama pekan mode.

EMV adalah metrik yang digunakan dalam pemasaran influencer untuk mengukur berapa banyak nilai uang yang dibawa pemasaran media sosial. Sederhananya, EMV seorang influencer akan menyiratkan berapa banyak uang yang mereka hasilkan untuk merek yang mereka wakili melalui aktivitas media sosial.

3 dari 4 halaman

EMV Dior dari Jimin

Selama pekan mode ini, Dior memiliki EMV tertinggi dengan 31,5 juta dolar AS, dan lebih dari setengahnya dihasilkan Jimin. Ia dinobatkan sebagai pemberi pengaruh teratas dalam laporan tersebut, setelah mengumpulkan total EMV sebesar 17,1 juta dolar AS.

EMV Jimin mencatat lebih dari total EMV merek lain di 10 teratas. Tanpa Jimin, EMV Dior akan turun jadi 14,4 juta dolar AS, yang akan menempatkan mereka di urutan kedua dalam daftar 10 merek teratas selama pekan mode, tepat setelah Saint Laurent dengan 15,7 juta dolar AS EMV.

Dior melihat peningkatan 370 persen dalam EMV-nya selama pekan mode, di mana nilai merek Jimin memiliki kontribusi yang signifikan. Idol berusia 27 tahun ini menghasilkan jumlah EMV tersebut hanya dengan dua unggahan Instagram.

Dalam pengumuman penunjukan Jimin sebagai duta merek terbaru mereka, Dior menulis pada 16 Januari 2023, "The House dengan senang hati mengumumkan @J.M (Jimin) dari #BTS sebagai duta global baru Dior."

4 dari 4 halaman

Memilih Jimin

Pihak Dior menambahkan bahwa Jimin BTS "meminjamkan citranya untuk kreasi dari Direktur Artistik koleksi pria Dior, Kim Jones." Mereka juga menyertakan dua potret pelantun lagu Filter itu berbalut busana Koleksi Musim Panas 2023 terbaru dari jenama fesyen mewah tersebut.

Dikutip dari KBIZoom, Dior juga menjelaskan secara singkat alasan mereka memilih Jimin. "Artis Korea Selatan sekarang mewujudkan semangat dan keunikan gaya Dior, modernitas dengan ciri khas yang tidak lekang waktu," sebut merek itu.

Ini merupakan kesempatan pertama Jimin jadi duta merek fesyen ternama secara individual. Sebelumnya, ia terpilih sebagai duta Louis Vuitton bersama keenam anggota BTS lain pada 2021. Namun, kerja sama itu kini sudah berakhir.

Nama Kim Jones sendiri tidak asing bagi Jimin. Mereka pernah bekerja sama saat Kim merancang busana panggung BTS untuk tur dunia mereka bertajuk "Love Yourself: Speak Yourself" pada 2019. Lagi pula, baik Louis Vuitton maupun Dior, kedua merek berada di bawah bendera konglomerasi LVMH.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.