Sukses

Anggota Militer Amerika Diminta Setop Makan Muffin Bertabur Biji Poppy, Ada Apa?

"Kekhawatiran dengan biji poppy dan pengujian obat bukanlah hal baru," kata Wakil Menteri Pertahanan Gilbert R. Cisneros, Jr., dalam memo Departemen Pertahanan.

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (USDOD atau DOD) menginstruksikan personel militer mereka untuk berhenti mengonsumsi bagel dan muffin biji poppy dari menu sehari-hari mereka. Dalam sebuah memo tertanggal 17 Februari 2023, Wakil Menteri Pertahanan Gilbert R. Cisneros, Jr., menulis data terbaru menunjukkan bahwa varietas biji poppy tertentu mungkin terkontaminasi kodein yang lebih tinggi daripada yang dilaporkan sebelumnya.

Temuan itu dapat menyebabkan urinalisis positif-kodein dan melemahkan "kemampuan Departemen untuk mengidentifikasi penggunaan obat-obatan terlarang atau narkoba." "Kekhawatiran dengan biji poppy dan pengujian obat bukanlah hal baru," kata Cisneros.

Karena biji poppy bersumber dari tanaman opium poppy, tanaman komersial yang dibudidayakan oleh industri farmasi dan makanan, mereka dapat terkontaminasi oleh morfin dan kodein selama panen, menurut memo Departemen Pertahanan, dikutip dari People, Rabu, 22 Februari 2023.

Departemen Pertahanan menggunakan jalan pintas pengujian obat untuk membedakan antara penggunaan morfin dan kodein dan konsumsi biji opium. Namun karena kontaminasi kodein yang lebih tinggi, hal itu dapat merusak hasil pengujian obat di militer.

"Penyalahgunaan zat oleh anggota Layanan adalah masalah keamanan dan kesiapan, dan Departemen tetap waspada dalam menangani produk dan sumber baru yang dapat memengaruhi pengujian obat," kata DOD.

Pentagon menyadari masalah dengan biji poppy pada 2022, Navy Cdr. Nicole Schwegman, juru bicara Departemen Pertahanan, mengatakan kepada USA Today. Schwegman mengatakan departemen telah mengontrak laboratorium independen untuk menguji kontaminasi kodein dan morfin di beberapa merek. Analisis itu menyebabkan peringatan dari Cisneros, kata USA Today.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kandungan

Tidak jelas berapa banyak tes militer yang telah dipengaruhi oleh biji poppy. Namun, Schwegman mengatakan kepada media bahwa Pentagon sedang meninjau tes narkoba positif kodein saja sejak 2019.

"Jumlah biji poppy yang dikonsumsi, konsentrasi kodein yang terdeteksi dalam urin dan waktu konsumsi relatif terhadap tes narkoba juga merupakan faktor penting," kata Schwegman kepada publikasi tersebut. "Ketika kami mengumpulkan lebih banyak informasi, kami akan menilai kembali dan memperbarui sebagaimana mestinya."

Menurut Badan Anti-Doping A.S., biji poppy tidak mengandung morfin tetapi biji dapat dilapisi oleh, atau diserap, abstrak opium selama panen. Opium adalah zat susu yang diekstraksi, bersama dengan biji poppy, setelah semua kelopaknya rontok.

Penelitian menunjukkan bahwa morfin dan kodein dapat dideteksi dalam urin hingga 48 jam setelah menelan biji poppy dari kue kering, menurut agensi tersebut. Jumlah residu morfin yang tertinggal pada biji tergantung pada seberapa baik biji poppy dibersihkan dan diproses, yang menurut Badan Anti-Doping tergantung negara asalnya. Pendekatan paling konservatif, menurut agensi, adalah menghindari makan biji poppy beberapa hari sebelum dan selama kompetisi.

3 dari 4 halaman

Tentang Biji Poppy

Dikutip dari Delighted Cooking, biji poppy adalah biji kecil yang berbentuk seperti ginjal. Ini dipanen dari tanaman opium poppy dan diklasifikasikan sebagai biji minyak, yang berarti minyaknya diekstraksi dengan tekanan dan digunakan hampir sama umumnya dengan bijinya.

Banyak negara di dunia menghasilkan opium poppy, dengan India dan Turki dilaporkan sebagai penanam teratas. Yugoslavia, Prancis, Polandia, Hungaria, dan Belgia juga menghasilkan sebagian besar biji opium dunia.

Bijinya biasa digunakan sebagai bahan masakan dalam makanan yang dipanggang, sebagai hiasan atau bagian dari campuran rempah-rempah. Bijinya, yang warnanya berkisar dari putih hingga biru, ungu dan hitam, digunakan dalam resep manis dan gurih, baik utuh maupun ditumbuk.

Biji tanah sering dicampur dengan mentega atau susu untuk membuat pasta yang digunakan untuk memanggang. Benih juga digunakan oleh berbagai budaya sebagai hiasan, bumbu dan rempah-rempah. Hidangan mungkin juga memiliki biji poppy sebagai bahan utamanya.

Biji poppy juga dianggap sebagai sumber nutrisi yang sangat baik, menyediakan protein, serat, dan nutrisi lainnya. Ini juga disebut sebagai benih yang hanya sedikit orang yang alergi. Namun, dalam kejadian yang jarang terjadi, memakan bijinya telah menyebabkan reaksi yang mengancam jiwa pada manusia.

4 dari 4 halaman

Ragam Manfaat

Minyak biji poppy digunakan untuk memasak, dalam obat-obatan dan ditemukan dalam beberapa varietas cat. Padatan sisa minyak umumnya dianggap sebagai sumber protein dan nutrisi yang sangat baik untuk hewan dan sering ditambahkan ke pakan ternak. Benih ini memberikan nutrisi dalam pakan yang dikonsumsi oleh burung peliharaan dan burung liar, dan sering diberikan kepada mereka dalam jumlah besar untuk memerangi diare dan penyakit pencernaan lainnya.

Opium poppy juga merupakan sumber zat opium yang dikendalikan. Sementara, polong bijinya masih hijau dan lentur dan bijinya baru mulai berkembang, dipanen untuk obat opium.

Biji poppy yang digunakan untuk keperluan kuliner dikumpulkan saat tanaman sudah matang dan polong bijinya sudah kering. Karena kedua proses ini waktunya sangat dekat, jejak opium sering ditemukan di biji kering. Hal ini kadang-kadang menyebabkan orang dituduh menyalahgunakan zat ketika orang tersebut menelan makanan yang mengandung biji dan tes sampel darah berikutnya positif untuk opium.

Hasil tes positif palsu ini seringkali memerlukan proses hukum untuk membuktikan kurangnya validitasnya. Benih yang berasal dari varietas tanaman poppy lain tidak cocok untuk dikonsumsi manusia.

Mereka umumnya digunakan untuk menanam bunga tahunan dan dua tahunan. Salah satu varietas paling populer, poppy California, terkenal dengan bunga oranye cemerlang yang dihasilkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.