Sukses

Kanal-Kanal Venesia Mengering, Gondola dan Taksi Air Dipaksa Menganggur

Venesia yang mengalami banjir bandang pada 2019 kini lesu karena air kanal mereka mengering.

Liputan6.com, Jakarta - Pemandangan tak bisa terlihat di Venesia, Italia. Kanal-kanal yang biasanya terisi air yang meluber, kini terlihat mengering sampai tidak bisa dilewati gondola, taksi air, dan ambulans. Hal itu memaksa para pemilik gondola memarkirkan kendaraannya dan tak layani wisatawan.

Dikutip dari CNN, Rabu (22/2/2023), masalah yang dihadapi Venesia diduga akibat beragam faktor, mulai dari kurangnya curah hujan, sistem tekanan tinggi, bulan purnama, dan arus laut. Kelompok lingkungan Legambiente mengatakan sungai-sungai dan danau-danau di Italia menderita kekurangan air yang parah.

Kelompok itu memfokuskan perhatian pada bagian utara negara tersebut. Lewat sebuah pernyataan disebutkan bahwa Po, sungai terpanjang Italia yang mengalir dari Pegunungan Alpen di barat laut ke Laut Adriatik, memiliki air 61 persen lebih sedikit dari biasanya pada saat ini.

Juli 2022, Italia mengumumkan keadaan darurat untuk daerah di sekitar Po yang mengalami kekeringan terburuk dalam 70 tahun terakhir. Padahal, sungai itu menyumbang sekitar sepertiga dari produksi pertanian di Italia.

"Kita berada dalam situasi defisit air yang telah menumpuk sejak musim dingin 2020-2021," kata pakar iklim Massimiliano Pasqui, dari lembaga penelitian ilmiah Italia CNR, seperti dikutip Corriere della Sera, sebuah surat kabar harian.

"Kami perlu memulihkan 500 milimeter di wilayah barat laut. Kami membutuhkan hujan selama 50 hari," tambahnya.

Ketinggian air di Danau Garda di Italia utara telah turun ke rekor terendah, memungkinkan untuk mencapai pulau kecil San Biagio di danau melalui jalur terbuka. Antisiklon mendominasi cuaca di Eropa barat selama 15 hari, menyebabkan suhu sejuk lebih sering terlihat di akhir musim semi. Namun, prakiraan cuaca terbaru menandakan kedatangan curah hujan dan salju yang sangat dibutuhkan di Pegunungan Alpen dalam beberapa hari mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banjir Bandang

Situasi tersebut jauh berbeda dengan kondisi pada November 2019. Saat itu, kota kanal itu mengalami banjir terparah kedua berdasarkan catatan sejarah 100 tahun terakhir.

Peristiwa itu menjadi berita utama di seluruh dunia dengan para penonton terpana oleh gambar-gambar luar biasa dari Saint Mark's Square, salah satu daerah terendah dan paling ikonik di Venesia, Italia, yang terendam air. Air pasang mencapai ketinggian puncak 187 cm di atas permukaan laut, yang mengakibatkan lebih dari 80 persen kota terendam air.

Keadaan darurat diumumkan, dan diperkirakan ada kerusakan senilai 1 miliar euro (Rp14,7 triliun) menurut Wali Kota Venesia, Luigi Brugnaro. Peristiwa banjir terburuk yang pernah terjadi, yakni pada 1966, membuat permukaan air naik menjadi 194cm di atas permukaan laut, dan diperkirakan telah merusak setidaknya tiga perempat toko, bisnis, dan studio di kota itu.

Jeda lebih dari 50 tahun memisahkan peristiwa-peristiwa ini, tren terbaru menunjukkan bahwa tidak perlu menunggu setengah abad untuk melihat banjir malapetaka lainnya. Sejak ketinggian air mulai tercatat secara resmi pada 1923, ketinggian air telah mencapai 150cm atau lebih hanya dalam 10 kali kejadian, tetapi lima di antaranya terjadi dalam tiga tahun terakhir.

"Perubahan iklim telah menyebabkan kenaikan permukaan laut, sehingga setiap kota yang dibangun di atas permukaan laut sangat rentan," kata Sally Stone, pembaca arsitektur dan penggunaan kembali adaptif di Manchester School of Architecture.

3 dari 4 halaman

'Ditelan' Laut

Venesia dibangun di atas sekitar 120 pulau, dilintasi oleh 177 kanal, dan paling baik dijelajahi melalui penggunaan 391 jembatannya. Kota ini adalah labirin yang berair, penuh dengan jalan setapak kecil dan alun-alun yang tersembunyi, museum tersembunyi, dan gereja-gereja terpencil yang berusia berabad-abad.

Dikutip dari BBC, Kamis, 29 September 2022, jika tindakan drastis tidak diambil, hari-hari Venesia bisa dihitung. Kota di Italia itu sangat berisiko 'ditelan' laut. Dalam skenario terburuk, kota ini bisa menghilang di bawah gelombang pada awal 2100.

Banyak bangunannya yang tenggelam atau rusak oleh hantaman perahu. Itu juga secara rutin dibanjiri wisatawan, sementara populasi lokalnya terus menurun. Skenario kasus terburuk kenaikan suhu 4 derajat Celcius dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut relatif 180cm di Venesia pada 2100.  

Di seluruh dunia, sejumlah kota juga terkena masalah inti Venesia, yaitu penurunan permukaan tanah dan kenaikan permukaan laut. Dataran rendah Jakarta yang berpenduduk sekitar 11 juta orang, misalnya, berada dalam kondisi yang sangat buruk sehingga digantikan sebagai ibu kota Indonesia oleh Nusantara, sebuah kota yang bahkan belum dibangun.

Setiap kota yang berisiko memiliki tantangannya sendiri untuk diatasi. Mengingat ukuran Venesia yang kecil, ketenaran dan kemampuan untuk mengakses pendanaan, itu bisa menjadi tempat pembuktian yang ideal untuk teknologi dan pendekatan yang akan memainkan peran kunci dalam perjuangan global melawan kenaikan air laut.

4 dari 4 halaman

Terancam Punah

Kondisi lingkungan yang tak ramah bahkan mengancam status Venesia sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Badan PBB itu bahkan mengusulkan untuk memasukkan Venesia ke daftar situs warisan yang terancam punah.

Pemerintah Italia meresponsnya dengan melarang kapal pesiar besar untuk berlayar masuk ke Venesia mulai 1 Agustus 2021. Larangan ini diumumkan pada pertemuan kabinet Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, pada Selasa, 13 Juni 2021, setelah bertahun-tahun mereka memperingatkan risiko kerusakan yang tidak dapat diperbaiki di kota laguna itu.

"Dekrit yang diadopsi hari ini merupakan langkah penting untuk perlindungan sistem laguna Venesia," kata Draghi dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini akan membuat kapal-kapal berukuran besar dialihkan ke pelabuhan industri kota Marghera. Namun, langkah ini dipandang hanya sebagai solusi sementara, karena para menteri menyerukan gagasan tentang terminal permanen baru.

Para pegiat lingkungan selama bertahun-tahun telah menyerukan agar kapal pesiar dilarang berlayar melewati St Mark's Square. Mereka mengatakan kapal pesiar dapat menyebabkan gelombang besar yang merusak pondasi kota dan ekosistem laguna yang rapuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.