Sukses

Tsamara Amany Dampingi Erick Thohir Saat Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Tsamara Amany mengunggah sejumlah cuitan di Twitter untuk memberi dukungan pada Erick.Thohir sebagai Ketua Umum PSSI yang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak pihak yang mendukung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Salah satunya Tsamara Amany Alatas, politisi muda yang pernah tergabung dalam PSI (Partai Solidaritas Indonesia).

Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa atau KLB PSSI 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023). Tsamara pun ikut hadir dalam acara tersebut dan terlihat berada di samping Erick saat diwawancarai media. Tsamara Amany juga mengunggah sejumlah cuitan di akun Twitter miliknya untuk memberi dukungan pada Erick.

"Alhamdulillah ya Allah! Perubahan untuk sepak bola Indonesia dimulai hari ini. #PSSI," cuitnya di linimasa Twitternya tak lama setelah Erick resmi terpilih sebagai ketua umum baru PSSI, Kamis, 16 Februari 2023.

Setelah itu, Tsamara kembali membagikan sejumlah cuitan lainnya.“Good luck, Pak. #pssi,” cuitnya lagi. Dalam cuitan lainnya, wanita yang juga memimpin gerakan anak muda B.E.D.A (Berani, Enerjik, Dahsyat, Amanah) ini berharap sepak bola nasional bersih dan berprestasi.

"Kita bisa bermimpi lagi. Sepak bola bersih & berprestasi. Selamat bekerja, Pak Ketua Umum PSSI @erickthohir," tulis Tsamara di dalam cuitannya pada Jumat (17/2/2023). "Good luck, Pak. #pssi," tulisnya lagi dalam cuitan berikutnya di hari yang sama. 

Dalam cuitan lainnya, wanita yang juga memimpin gerakan anak muda B.E.D.A (Berani, Enerjik, Dahsyat, Amanah) ini berharap sepak bola nasional bersih dan berprestasi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dari PSI ke PSSI

Sejumlah cuitan Tsamara itu ternyata banyak mendapat tanggapan positif dari warganet.  Beberapa warganet bahkan meminta agar wanita berusia 26 tahun itu dimasukkan dalam kepengurusan PSSI.

"Mbak nya kapan nih masuk ke @PSSIbisa kerja sama pak @erickthohirdemi sepakbola yg bersih,jujur dan maju," komentar seorang warganet.  “Kayaknya ada yg bakal hijrah dari PSI ke PSSI.,” komentar warganet lainnya.

Sejak beberapa waktu lalu, Tsamara memang sudah gencar memberi dukungan pada pria yang biasa disapa Eto itu. Dalam sebuah acara pada Januari lalu, Tsamara Amany hingga Justinus Lhaksana alias coach Justin mengungkapkan dukungan untuk Erick Thohir dinilai paling cocok sebagai pengganti Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Seperti diketahui, Erick Thohir telah resmi mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI periode 2023-2027. Erick menyerahkan dokumen pencalonan pada Minggu 15 Januari 2023.

Majunya Erick ssebagai calon ketum PSSI membuat banyak pihak optimistis sepak bola Indonesia bisa bangkit lagi. Salah satu yang sangat optimistis dan mendukung pencalonan Erick adalah B.E.D.A, gerakan anak muda yang mendorong berbagai inisiatif transformasi di masyarakat.

 

3 dari 4 halaman

Mengelola Inter Milan

Tsamara Amany dan Pangeran Siahaan (Co-Chair B.E.D.A) menyatakan dukungan kepada Erick untuk menjadi Ketua Umum PSSI atas berbagai pertimbangan. Erick Thohir dinilai sebagai sosok berpengalaman dan bernyali yang bisa merombak sepak bola Indonesia yang sudah berada di titik nadir.

“Erick Thohir Beda karena bukan orang baru dalam dunia olahraga di Indonesia. Ia sebelumnya pernah mengelola Inter Milan, salah satu klub legendaris di Serie A Italia. Sementara di Indonesia, pernah menjadi Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) periode 2006-2010," ucap Tsamara, melansir kanal Bola Liputan6.com, 18 Januari 2023.

"Rekam jejak ini bakal menjadi poin penting dalam pencalonan Erick dan pengalaman yang Ia miliki akan menjadi modal dalam menjalankan PSSI bila terpilih kelak. Untuk PSSI tak ada yang lebih baik dari Erick Thohir," lanjut Tsamara.

"Erick jadi harapan terakhir untuk sepak bola Indonesia. Kalau harapan terakhir sampai tidak menang saya akan kehilangan harapan dengan sepak bola Indonesia. Sebenarnya Erick tidak perlu turun, tapi karena sepak bola Indonesia sudah genting makanya dia harus turun langsung .

4 dari 4 halaman

Mundur dari PSI

Sementara itu, Coach Justin juga mendukung pencalonan Erick Thohir. Mantan pelatih timnas futsal Indonesia itu melihat Erick akan bisa memperbaiki pengelolaan sepak bola Indonesia karena sudah kenyang pengalaman termasuk saat membenahi klub Inter Milan.

"Satu hal yang tak dimiliki calon lain adalah pengalaman. Erick Thohir pernah menjadi presiden Inter Milan. Dia tahu cara mengelola klub dan kompetisi," terang Coach Justin.

Di sisi lain, Tsamara menyatakan keluar dari PSI pada April lalu. Ia mengaku ingin fokus pada isu perempuan Indonesia.

"Selama 5 tahun mengabdi di PSI sebagai ketua DPP per hari ini 18 April 2022 saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI. Salah satunya dengan fokus menyuarakan isu perempuan dan mengabdi untuk kepentingan perempuan," kata Tsamara di akun Instagram miliknya @tsamaradki seperti dikutip Liputan6.com, Senin (18/4/2022).

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menghormati keputusan Tsamara. Dia menilai, anak muda seperti Tsamara sudah sepantasnya mengejar pengalaman sebanyak-banyaknya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.