Sukses

Shin Min Ah dan Sejumlah Idol K-Pop Beri Donasi untuk Korban Gempa Turki

Shin Min Ah diketahui rutin mendonasikan uang untuk orang yang kurang beruntung hingga pembangunan sekolah dan bencana alam seperti di Turki.

Liputan6.com, Jakarta Serangkaian gempa berskala besar terjadi di Turki pada 6 Februari 2023. Bencana tersebut dimulai dengan gempa berkekuatan 7,8 SR di barat laut Gaziantep, Turki, yang menimbulkan korban jiwa yang serius.

Tim pengiriman Korea telah dikirim ke Turki untuk membantu upaya penyelamatan. Mengutip dari Kbizoom, Jumat (10/2/2023), dari sumber Hope Bridge Korea Disaster Relief Association, aktris Shin Min Ah ikut mendonasikan 50 juta won atau setara Rp599 juta untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah.

Agensinya, AM Entertainment, merilis pernyataan melalui seorang pejabat, "Shin Min Ah memutuskan untuk berpartisipasi dengan harapan kerusakan tambahan tidak akan terjadi dan meminta dukungan yang sesuai untuk para korban yang kehilangan rumah akibat gempa besar yang tiba-tiba."

Tak hanya Min Ah, aktris Hyeri juga ikut menyumbang. Menurut grup kreatif agensi ING, Hyeri juga mendonasikan 50 juta won untuk membantu anak-anak yang membutuhkan pertolongan darurat melalui UNICEF. 

"Saya mendengar bahwa gempa bumi di Turki dan Suriah sangat membutuhkan bantuan darurat. Meskipun tidak mungkin untuk langsung mendanai fasilitas perlindungan dasar seperti bantuan darurat anak-anak dan pemecahan makanan dan penyediaan air minum untuk anak-anak yang kehilangan rumah, (donasi) dimaksudkan untuk membantu kegiatan UNICEF. Saya berharap banyak orang akan tertarik (dalam upaya bantuan)," ungkap Hyeri. 

Selama lebih dari 10 tahun, Shin Min Ah dikenal sebagai selebritas yang suka berdonasi. Ia telah membantu orang yang kurang beruntung, kurang mampu, upaya pemulihan dari gempa bumi, hingga pembangunan sekolah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rutin Berdonasi

Hyeri selama ini juga dikenal konsisten menjadi donatur untuk berbagai kegiatan filantropi dan penanggulangan bencana alam. Hasilnya, dia bergabung dengan Klub Kehormatan UNICEF, sekelompok sponsor yang telah menyumbangkan lebih dari 100 juta won. 

Sederet bintang K-Pop seperti Yoo In Na, Yim Si Wan, Jang Sung Kyu, DinDin, WINNER Kim Jin Woo, Jang Keun Suk, GOT7 Jinyoung, Lee Yong Jin, dan Yang Dong Geun juga berkontribusi dalam upaya tersebut. Pemain bola voli Kim Yeon Koung dan pemain sepak bola Kim Min Jae, yang bermain untuk Turki, juga mengunggah pesan meminta bantuan.

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 30 Desember 2022, Min Ah memanfaatkan kesuksesannya tak hanya untuk dirinya tapi berbuat lebih kepada mereka yang membutuhkan. Dilansir dari Soompi, Kamis, 29 Desember 2022, agensinya yakni AM Entertainment mengonfirmasi aktrisnya memberi bantuan 260 juta won kepada sejumlah institusi di Korea Selatan, termasuk Community Chest of Korea dan Asan Medical Center.

Bila dikonversikan dalam kurs hari ini, angkanya tak main-main, mencapai Rp3,2 miliar. Selain itu jumlah tersebut bukan donasi pertama berjumlah besar yang diberikan sang aktris pada 2022.

3 dari 4 halaman

Dapat Penghargaan Presiden

Maret lalu, hati Shin Min Ah juga terketuk menyaksikan bencana kebakaran hebat yang melanda pesisir Timur Korea. Ia memberikan bantuan sebesar 100 juta won, atau lebih dari Rp 1 miliar.

Disebutkan bahwa selain memberikan bantuan yang sifatnya darurat, donasi dari Shin Min Ah juga diperuntukkan bagi korban kebakaran yang memiliki kebutuhan khusus. Perempuan 38 tahun ini dikenal rutin berdonasi sejak 2009 kepada sejumlah komunitas.

Jika donasi yang ia berikan sepanjang karier ditotal, angkanya bisa mencapai 3,3 miliar won. Dalam rupiah, angkanya mencapai puluhan miliar. Atas semangatnya dalam berderma ini, ia mendapatkan Penghargaan Presiden pada 2019.

Adapun setelah tampil di Our Blues yang tayang pada Mei lalu, belum ada kabar terkait proyek baru sang aktris. Tetapi film 2008 yang ia bintangi bersama Gong Hyo Jin, Sisters on the Road, dirilis ulang di bioskop Setember 2022 lalu.

Shin Min Ah juga sempat meraih penghargaan Top Excellence Award di APAN Star Awards 2022 yang digelar akhir September. Ia mendapatkan piala untuk aktris yang tampil di miniseri, melalui performanya di drakor Hometown Cha-Cha-Cha.

4 dari 4 halaman

Duta Merek Mewah

Tentu bukan hanya kepiawaiannya berakting sehingga honor untuk itu bisa membuatnya beramal. Pada 2021 lalu Shin Min Ah juga kembali didaulat menjadi duta global rumah mode mewah dunia sehingga dari sana pula sumber pundi-pundi uangnya.

Satu di antaranya adalah aktris Shin Min Ah yang dinobatkan sebagai duta global Gucci. Dilansir dari Soompi, Minggu, 14 November 2021, pihak Gucci punya alasan tersendiri hingga memilih Shin Min Ah menjadi wajah dari rumah mode asal Italia tersebut.

Pihak Gucci terkagum dengan penampilannya. "Terutama gayanya yang sophisticated dan tiada banding serta keyakinannya dalam mengejar keragaman serta menghormati ekspresi diri mirip dengan filosofi Gucci," jelas pihak Gucci.

Merek mewah ini mengungkap kegembiraan tentang perjalanan mereka yang akan datang dengan Shin Min Ah. Hal ini merujuk pada sinergi kedua belah pihak untuk mengomunikasikan keindahan desain direktur kreatif Alessandro Michele. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.