Sukses

Studi: Pecinta Kopi Hitam Cenderung Jadi Psikopat

Apakah Anda lebih suka kopi hitam? Penelitian mengatakan Anda mungkin seorang psikopat dengan kecenderungan sadis.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda lebih suka kopi hitam? Sebuah studi dari University of Innsbruck di Austria menemukan tren yang menyebutkan ada korelasi antara preferensi kopi hitam dan rasa pahit lainnya, dan sifat kepribadian sadis atau psikopat.

Dikutip dari Reader's Digest, Kamis, 9 Februari 2023, studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, menyurvei hampir 1.000 orang dewasa tentang preferensi rasa mereka. Mereka juga mengambil empat tes kepribadian berbeda yang menilai ciri-ciri Machiavellian, seperti narsisme, psikopati, sadisme, dan agresi.

Mereka juga menemukan bahwa orang yang menikmati kopi susu atau manis, dan rasa manis lainnya, umumnya cenderung memiliki sifat kepribadian yang lebih "menyenangkan" seperti simpati, kerja sama, dan kebaikan. Korelasi terdekat yang ditemukan dalam penelitian ini adalah antara makanan pahit, seperti lobak dan air tonik, dan "kesadisan sehari-hari", atau kenikmatan menimbulkan rasa sakit tingkat sedang pada orang lain.

Para peneliti melangkah lebih jauh, menyarankan bahwa hubungan antara makanan pahit dan kecenderungan psikopat ini bisa "menjadi kronis" dan memburuk seiring berjalannya waktu. Selain itu, didapat pula lima negara bagian AS yang memiliki psikopat terbanyak, yakni Connecticut, California, New Jersey, dan New York serta Wyoming yang sama-sama menduduki peringkat ke-5.

Para peneliti memperjelas bahwa "pahit" adalah istilah yang sangat subyektif, dan itu mungkin membatasi studi mereka. Mereka juga tidak yakin apa yang menyebabkan korelasi antara selera pahit dan sifat kepribadian yang tidak menyenangkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peminum Kopi Hitam

Jurnal Health memberikan temuan yang lebih menjanjikan pada 2018, ketika Steven Meyers, PhD, seorang profesor psikologi di Roosevelt University, mendalami studi kesehatan untuk memeriksa keakuratannya. Meyers menemukan bahwa penelitian tersebut hanya menemukan "hubungan yang sangat kecil" antara rasa pahit dan sifat Machiavellian.

"Temuan ini perlu ditafsirkan dengan hati-hati," katanya. "Hasilnya perlu direplikasi oleh orang lain sebelum layak mendapat perhatian luas."

Penting juga untuk diperhatikan bahwa preferensi rasa sangat dipengaruhi oleh budaya dan pengalaman pribadi kita, tidak sepenuhnya oleh sifat kepribadian kita. Ia juga mengingatkan bahwa preferensi rasa sering kali berubah seiring waktu. Ingat ketika Anda tidak tahan dengan rasa sayuran saat kecil? Kebanyakan orang bahkan tidak menyukai kopi saat pertama kali mencobanya.

Peminum kopi hitam juga lebih sadar kesehatan, meski mereka tidak mengetahuinya. Kopi murni memiliki semua jenis manfaat kesehatan yang luar biasa, sedangkan susu dan gula jelas tidak.

Orang yang meminum kopi hitam memperoleh semua manfaat kesehatan dari kopi, tanpa tambahan lemak atau kalori. Intinya, mungkin saja rasa kopi hitam dapat menandakan kecenderungan psikopat, tetapi Anda tidak boleh secara otomatis berteriak pada siapa pun yang melewatkan krim dan gula. Seperti yang dikatakan Meyers, Anda harus lebih memperhatikan "bagaimana mereka memperlakukan Anda atau pelayan mereka" daripada apa yang mereka pesan.

3 dari 4 halaman

Tentang Kopi Hitam

Dikutip dari Healthline, Kamis, 9 Februari 2023, kopi hitam adalah minuman yang terbuat dari biji kopi yang disangrai. Biji kopi digiling dan direndam dalam air, yang melepaskan rasa, warna, kandungan kafein, dan nutrisinya.

Meski kopi sering disajikan panas, kopi juga bisa disajikan dengan es. Di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, kopi biasanya dinikmati bersama sarapan.

Minuman itu disukai di pagi hari karena kandungan kafeinnya menawarkan efek stimulasi yang dapat membantu orang merasa lebih terjaga. Banyak orang menambahkan krimer, susu, gula, atau pemanis ke kopi mereka untuk membuatnya lembut, mengurangi rasa pahit, atau keduanya.

Kopi hitam juga digunakan sebagai bahan dasar banyak minuman, termasuk cappuccino, latte, dan macchiato. Ada banyak jenis kopi hitam, misalnya, jenisnya bergantung pada asal biji dan cara memanggangnya.

Minum kopi menawarkan beberapa manfaat potensial:

Bisa mencegah sirosis

Kopi tampaknya menawarkan beberapa perlindungan terhadap kanker hati dan sirosis hati, sejenis penyakit hati kronis stadium akhir yang ditandai dengan fibrosis. Fibrosis adalah jaringan parut dan akhirnya kematian jaringan hati.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi

Bisa membantu mencegah kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu. Satu ulasan dari 28 studi tentang kopi dan risiko kanker menemukan bahwa semakin banyak kopi yang diminum peserta studi, semakin rendah risiko kanker hati dan kanker endometrium.

Tinjauan lain mengamati temuan serupa tetapi juga melaporkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker kolorektal. Namun, penelitian ini juga mencatat bahwa kopi tidak berpengaruh pada risiko kanker secara keseluruhan. Namun demikian, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya bagaimana minum kopi dapat memengaruhi risiko kanker.

Dapat meningkatkan mood dan konsentrasi

Kopi hitam banyak digunakan untuk energi. Satu studi pada 59 orang dewasa membandingkan efek kopi biasa, kopi tanpa kafein, dan minuman plasebo pada suasana hati dan fungsi otak. Kopi biasa ditemukan mengurangi waktu reaksi dan meningkatkan kewaspadaan dibandingkan dengan plasebo.

Ini juga meningkatkan akurasi tes dan mengurangi kelelahan dan sakit kepala lebih dari kopi tanpa kafein. Namun, peminum kopi tanpa kafein juga melaporkan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi dibandingkan kelompok plasebo. Ini menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein dapat memiliki efek plasebo sendiri, atau senyawa dalam kopi selain kafein dapat berkontribusi pada efek kognitifnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.