Sukses

Pasangan Transgender di India Bikin Geger, Pamer Potret Kehamilan Suami

Pasangan transgender di India membuat heboh jagat maya setelah membagikan sederet kehamilan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan transgender asal India menghebohkan jagat maya setelah mereka mengunggah pemotretan kehamilan. Mereka menghentikan terapi hormon untuk memiliki bayi.

Dikutip dari BBC, Rabu, 8 Februari 2023, Ziya Paval (21) dan pasangannya Zahad (23) yang tinggal di negara bagian selatan Kerala, India, sedang dalam proses transisi gender ketika mereka memutuskan untuk memiliki bayi. Paval terlahir dan sekarang diidentifikasi sebagai perempuan.

Zahad terlahir sebagai perempuan dan kini diidentifikasi sebagai laki-laki. Ia kini sedang hamil dan pasangan ini segera menyambut bayi mereka.

Ucapan selamat membanjiri media sosial mereka. "Orang trans pantas membangun keluarga," komentar aktris transgender S Negha di unggahan Instagram Paval.

Paval dan Zahad mengatakan pengalaman mereka mungkin langka di India karena mereka diyakini sebagai yang pertama di komunitas transgender India yang secara terbuka mengumumkan kehamilan mereka dan mengidentifikasi diri sebagai orangtua kandung.

India diperkirakan memiliki sekitar dua juta orang transgender, meskipun para aktivis mengatakan jumlahnya lebih tinggi. Pada 2014, Mahkamah Agung India memutuskan bahwa mereka memiliki hak yang sama dengan orang lain.

Namun, mereka masih berjuang untuk mengakses pendidikan dan perawatan kesehatan dan seringkali menghadapi prasangka dan stigma. Ketika Paval dan Zahad bertemu tiga tahun lalu, mereka berdua terasing dari keluarga mereka.

"Saya berasal dari keluarga Muslim konservatif yang tidak pernah mengizinkan saya belajar tarian klasik," kata Paval. "(Orangtua saya) ortodoks sampai-sampai mereka memotong rambut saya sehingga saya tidak menari."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kehidupan Kini

Paval mengatakan dirinya meninggalkan rumah untuk berpartisipasi dalam festival dan tidak pernah kembali. Ia belajar menari di pusat komunitas transgender.

Dia sekarang mengajarkannya kepada siswa di distrik Kozhikode. Zahad berasal dari keluarga Kristen dari komunitas nelayan di kota Thiruvananthapuram.

Dia saat ini bekerja di supermarket. Zahad telah meninggalkan keluarganya setelah mengaku sebagai transgender kepada mereka. Tapi setelah dia hamil, keluarganya menerima pasangan itu dan mendukung.

"Mereka membantu Zahad selama kehamilan," kata Paval.

Ibu Zahad yang awalnya meminta pasangan tersebut untuk tidak mengumumkan kehamilan tersebut. Mereka mengumumkannya di halaman Instagram mereka minggu lalu setelah dia memberi izin.

Paval mengatakan keluarganya masih belum datang menjenguk. Pasangan itu memutuskan untuk memiliki bayi 1,5 tahun lalu, ketika mereka berdua berada pada tahap transisi gender yang berbeda, kata Paval kepada BBC. 

3 dari 4 halaman

Kata Mereka

Indung telur dan rahim Zahad belum diangkat. Maka itu, pasangan tersebut menghentikan terapi hormon atas saran dokter mereka untuk melancarkan rencana memiliki buah hati mereka.

"Setelah kehamilan selesai, mereka dapat melanjutkan terapi hormon seks," kata Dr Mahesh DM, ahli endokrin di kota Bangalore yang telah bekerja dengan beberapa transgender.

Setelah bayinya lahir, pasangan itu mengatakan mereka harus mencari lebih banyak pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan. "Sangat sulit untuk bertahan hidup," kata Paval.

Ia menyebut bahwa dirinya harus menerima lebih banyak siswa tari. "Zahad akan kembali bekerja sekitar dua bulan setelah bayinya lahir. Kemudian saya akan merawat bayinya," tambahnya.

Pasangan itu mengatakan bahwa komunitas transgender "sangat menyambut" kehamilan mereka. "Tentu saja, ada orang-orang baik di dalam komunitas transgender maupun di luar komunitas yang percaya pada stereotip. Mereka mengira pria trans tidak boleh mengandung bayi," kata Paval. "(Tapi) itu tidak masalah."

4 dari 4 halaman

Kehamilan Transgender

Dikutip dari Healthline, Rabu, 7 Februari 2023, kehamilan dan kelahiran secara luas dianggap sebagai sesuatu yang dilakukan perempuan. Namun kenyataannya, semua gender hamil dan melahirkan bayi di seluruh dunia.

Obat berada di puncak kemungkinan bagi seorang perempuan transgender untuk melahirkan anak dengan rahim yang ditransplantasikan. Sudah ada kasus baru-baru ini perempuan cisgender (perempuan yang ditetapkan sebagai perempuan saat lahir dan bukan transgender) melahirkan dengan rahim yang ditransplantasikan, dari donor yang masih hidup dan yang sudah meninggal.

Tetapi untuk saat ini, kebanyakan transgender yang melahirkan adalah mereka yang lahir dengan rahim - pria transgender, orang non-biner, orang gender fluid, orang queer gender, dan lainnya dengan rahim yang tidak mengidentifikasi diri sebagai perempuan.

Banyak pria transgender yang secara keliru diberi tahu oleh ahli kesehatan bahwa mengonsumsi testosteron akan membuat mereka "steril" dan berpotensi tidak dapat hamil. Hal ini dapat mengakibatkan kehamilan yang tidak direncanakan atau kurangnya kesadaran bahwa kehamilan yang diinginkan mungkin terjadi.

Sebenarnya, studi pertama yang mengamati transgender perempuan-ke-laki yang menerima fertilisasi in vitro diterbitkan pada Oktober 2019 dan menemukan bahwa kualitas dan kuantitas sel telur antara laki-laki transgender dan perempuan cisgender serupa. Saat mengonsumsi testosteron, ovulasi mungkin berhenti (biasanya dalam waktu 6--12 bulan), tetapi cadangan sel telur tidak hilang.

Jika seorang pria transgender berhenti mengonsumsi testosteronnya, siklus menstruasinya sering kembali, dilaporkan dalam waktu sekitar 6 bulan. Meskipun belum ada penelitian jangka panjang, sejauh ini tidak ada yang menunjukkan kekhawatiran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.