Sukses

Sandiaga Uno Targetkan Penonton Asing MotoGP 2023 di Mandalika Naik 17 Persen

Kemenparekraf memfasilitasi beragam brand lokal, termasuk brand kecantikan, untuk mensponsori tim Gresini di ajang MotoGP 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan MotoGP 2023 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, bisa menggenjot kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Direncanakan pelaksanaan balap MotoGP 2023 di Mandalika berlangsung pada akhir Oktober 2023.

"Target tahun lalu 10 persen. Tahun ini bisa naik 15--17 persen dari total 200 ribu (tiket) selama tiga hari, dapat datang dari luar negeri," kata Sandi dalam jumpa pers seusai peluncuran 'Memperkenalkan Gresini Racing penggemar MotoGP di Indonesia' di Jakarta, Senin, 6 Februari 2023.

Untuk itu, sejumlah persiapan sudah dimulai sejak sekarang agar bisa menggelar acara lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, Kemenparekraf kembali menggandeng tim Gresini dari Italia untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Sejumlah brand lokal Indonesia, seperti Antangin, Federal Oil, Aspira, dan MS Glow, difasilitasi untuk mensponsori tim tersebut.

"Ini bentuk kolaborasi serta inovasi dalam pemasaran Wonderful Indonesia dan produk-produk merek dalam negeri yang kita miliki untuk bisa lebih buka peluang mereka untuk go global, untuk ekspor," kata Sandi.

Ia menyatakan tak ada syarat khusus yang spesifik diberlakukan untuk brand yang berminat mensponsori Gresini. Namun, ia menjanjikan keterlibatan brand lokal dalam ajang tersebut akan bisa meningkatkan paparan mereka terhadap dunia internasional mengingat ajang balap itu setidaknya ditonton 500 juta orang per dua minggu.

"Dengan go international, ada permintaan meningkat, sehingga target ekspor bisa meningkat. Target devisa dari sektor ekraf sebesar 26 miliar dolar (AS) ini diharapkan bisa tercapai," sambung Sandi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Ekonomi

Pada tahun lalu, penyelenggaraan MotoGP di Mandalika memberi dampak ekonomi hingga Rp75,8 triliun, baik langsung maupun tidak langsung. Event internasional itu juga sekaligus mempromosikan Lombok sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia selain Bali, khususnya di bidang wisata olahraga.

"Ini dampak langsung dari event berkelas dunia yang kita gelar. Semoga target 7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini bisa terwujud, yang terpenting juga pergerakan wisatawan nusantara 1,4 miliar bisa dicapai dengan hadirnya beragam event," imbuh Sandi.

Dia berharap kolaborasi tersebut akan memberi keberuntungan bagi tim Gressini, khususnya dua pebalap mereka, yani Fabio Di Giannantonio (Diggia) dan Alex Marquez. Tahun lalu, tim Italia non-pabrikan itu berhasil finish di posisi 3 pada MotoGP 2022 dan Enea Bastianini sempat naik podium empat kali sepanjang musim 2022.

"Tolong dukung Fabio dan Alex. Ini wadah kita berjejaring, bermanfaat," kata Sandi.

 

3 dari 4 halaman

Target Gresini

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga diberi helm Enea Bastianini yang diserahkan langsung oleh Carlo Merlini, Commercial & Marketing Director Gresini. "Kami berterima kasih atas komitmen, dukungan yang diberikan Pak Sandi," ujar Carlo.

Menurut Sandi, helm itu akan dilaporkan dulu kepada KPK. Setelah mendapat harga, ia akan membeli helm itu untuk dipajang di Sapta Pesona.

Carlo menambahkan, pihaknya masih membuka peluang untuk brand Indonesia lain yang berminat mensponsori timnya. Ia menyambut baik kolaborasi dengan Wonderful Indonesia dan bersedia untuk menunjukkan bendera merah putih saat pebalapnya berlaga.

Sementara itu, Digia mengatakan musim dingin ini menjadi masa yang sibuk karena waktunya tersita untuk berlatih menghadapi musim kompetisi mendatang. Selain meningkatkan keterampilan, ia juga meningkatkan stamina tubuhnya agar performanya semakin baik.

"Saya tak sabar menaiki motor baru saya dalam beberapa hari ke depan," kata dia.

Hal serupa juga dirasakan Marquez. Ia mengaku ingin siap mewakili Indonesia di televisi. "Bekerja dengan tim terbaik ini akan menyenangkan," imbuhnya.

Pemilik tim Gresini Nadia Padovani percaya diri timnya akan menunjukkan performa terbaik dalam musim balap mendatang. "Saya harap kami bisa kembali ke podium," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Pendongkrak Kunjungan Wisman

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan total kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2022 sebanyak 5,47 juta. Angka ini naik 251,28 persen jika dibandingkan dengan kunjungan pada 2021 yang hanya 1,55 juta. 

"Secara total, kunjungan wisman pada tahun 2022 sebanyak 5,47 juta kunjungan atau naik 251,28 persen (yoy)," kata Kepala BPS, Margo Yuwono di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Februari 2023, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

Margo merincikan, kedatangan turis yang melalui pintu utama sebanyak 4,14 juta orang, sedangkan melalui pintu perbatasan sebanyak 1,32 juta kunjungan. Tingginya kunjungan wisman di sepanjang 2022 menunjukkan kondisi yang lebih baik meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19. 

"Menurut saya ini hal positif karena pariwisata ini berdampak besar untuk ekonomi karena multiplier-nya ini sangat besar," kata Margo. 

Di sisi lain, tembusnya kunjungan turis hingga di atas lima juta kunjungan menunjukkan target kunjungan wisman pada 2022 tercapai, mengingat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki target mendatangkan 3,6 juta turis. "Target kunjungan wisman tahun 2022 melalui Kementerian Parekraf ini 3,6 juta dan ini sudah terlampaui, ini sudah melebihi target," kata dia. 

Margo menjelaskan tingginya kunjungan turis asing ke Indonesia tidak terlepas dari berbagai kegiatan tingkat internasional yang ada di Indonesia, mulai dari Moto GP di Mandalika, pelaksanaan ASEAN Para Games hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022. "Ini semua telah mendorong kunjungan wisman melampaui target pemerintah," kata Margo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.