Sukses

Promosi Kreatif Pedagang Nasi Pecel, Bikin Spanduk Mirip Caleg Lengkap dengan Programnya

Penjual makanan ini membuat spanduk seperti orang ketika mau mencalonkan menjadi seorang pejabat atau caleg.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap pedagang atau penjual makanan punya cara tersendiri untuk mempromosikan barang dagangannya supaya dilirik oleh pembeli. Pada umumnya penjual makanan di pinggir jalan akan memasang sebuah spanduk yang berisikan informasi menu apa saja yang mereka sajikan.

Spanduk biasanya memuat tulisan dalam ukuran cukup besar agar lebih mudah dibaca dan terkadang dihiasi gambar menu makanan di tempat tersebut. Hal itu juga dilakukan oleh seorang pedagang nasi pecel ini.

Aksi uniknya untuk promosi pecel pun viral dan ramai dibahas di Tiktok. Penjual makanan ini membuat spanduk seperti orang ketika mau mencalonkan menjadi seorang pejabat atau caleg.

Kreasi unik dan menggelitik ini terlihat dalam video yang diunggah akun @cahmoroto. Spanduk jualan nasi pecel tersebut cukup unik, hingga dalam video pun terlihat ramai pembeli nasi pecel yang sedang mengantre. 

Keunikan inilah yang membuat nasi pecel itu punya daya tarik lebih bagi pembeli. Di dalam video tersebut terlihat sebuah spanduk yang menampilkan foto seorang wanita yang tak lain adalah pedagang pecel tersebut. Spanduk itu pun tertulis lengkap dengan berbagai program yang ditawarkan.

Tak cuma itu, nama penjual pun bertuliskan Ika Monyeng S. Pcl (sarjana pecel). Beberapa kalimat ajakan beserta program-programnya pun dimasukkan di tulisanya.

Program kerjanya juga terkesan nyeleneh, seperti mengenyangkan perut, meningkatkan gizi, dan menambah kekuatan. Sedangkan untuk kalimat ajakan ia mengimbau kepada semua warga untuk malas memasak supaya membeli barang dagangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ide Marketing

Program kami: mengenyangkan perut, meningkatkan gizi, menambah kekuatan, Saya tidak nyaleg, tapi jualan nasi. Budayakan malas masak, beli disini saja," tulisnya.  Video ini pun viral dan sampai berita ini dibuat sudah ditonton 1,2 juta kali dan mendapatkan lebih dari 800 komentar.

Beberapa komentar terkesan lucu karena tingkah si pedagang yang punya ide marketing berbeda dengan pedagang pada umumnya. Beberapa warganet pun salfok (salah fokus) dengan kreativitas promosi penjual makanan tersebut.

"Pecel dibuat dgn penuh ketelitian, bahan baku kredibel & dapat dipertanggungjawabkan. Cita rasa & harga mengikuti aspirasi masyarakat....," komentar seorang warganet.

"menuju megister Pecel dengan spesialis pecel khas ponorogo," timpal warganet lainnya.  "Sarjana pecel, kreatif men to mbak," komentar warganet lainnya.

Spanduk makanan merupakan media promosi yang masih digunakan hingga saat ini. Spanduk makanan biasanya dipasang di depan warung makan atau stand makanan di pinggir jalan. Memasang spanduk makanan merupakan cara sederhana mempromosikan usaha.

Spanduk makanan biasanya berisi nama restoran atau brand dan produk yang dijualnya. Dengan dipasangnya spanduk calon pembeli bisa mengenali produk yang dijual. Untuk menarik pembeli, dibutuhkan spanduk yang menarik dan efektif pesannya.

3 dari 4 halaman

Tips Bikin Spanduk

Memasang spanduk makanan cukup terjangkau dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Spanduk makanan yang menarik harus memiliki desain yang unik dengan pesan yang bisa dipahami khalayak. Berikut tips membuat spanduk makanan dan contoh-contohnya, dirangkum kanal Hot Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(19/2/2021).

1. Memperkenalkan brand, produk, atau rumah makan

Jika kamu membuka rumah makan, spanduk makanan adalah media promosi yang harus dibuat. Dengan memasang spanduk makanan di depan rumah makan, calon pembeli akan mengetahui keberadaan rumah makan, apa yang kamu jual, dan keistimewaan apa yang dimiliki makanannu.

2. Rebut perhatian pelanggan

Spanduk yang menarik harus mampu merebut perhatian pelanggan. Spanduk makanan harus didesain sedemikian rupa untuk bisa menarik perhatian. Foto dan teks yang jelas menjadi kunci spanduk makanan yang menarik.

3. Membangun citra

Citra adalah persepsi orang tentang perusahaan, produk, atau layananmu. Jika citra dan reputasi dapat dipercaya, mereka akan lebih sering membeli penawaranmu. Spanduk makanan yang menarik bisa membangun citra makanan yang kamu jual. Spanduk yang menarik harus menampilkan logo, warna merek, tipografi, dan desain unik.

4 dari 4 halaman

4. Tidak banyak makan biaya

Pembuatan spanduk tidak membutuhkan banyak biaya. Kini sudah banyak percetakan spanduk yang mematok harga terjangkau dan cepat. Jika kamu tidak mampu membeli jasa desainer grafis ahli, kamu dapat menggunakan situs atau aplikasi online untuk mendesain sendiri. Ini menghemat uang dan waktu yang dapat kamu gunakan di tempat lain untuk pemasaran.

5. Gambar menarik

Gambar adalah solusi yang bagus untuk menarik perhatian pengunjung. Karena kamu menjalankan bisnis makanan, desain spanduk tentunya harus memiliki gambar makanan yang kamu jual. Gunakan gambar berkualitas baik agar lebih menarik. Kamu juga bisa menggunakan talet untuk menambah visual spanduk makanan.

6. Kata-kata kreatif

Pengguna tertarik pada kata-kata kreatif seperti "Gratis", "Dijual", "Hanya Hari Ini", dan sebagainya. Gunakan kata-kata menarik yang akan mendukung promosi. Jaga agar pesan tetap pendek dan to the point sambil memberikan informasi yang cukup. Tarik perhatian mereka lalu sampaikan pesan dengan cepat.

Pastikan desain spanduk makanan terlihat sederhana dan jelas. Kamu harus menyampaikan pesan dalam sekejap ketika calon pelanggan pertama kali melihat spanduk tersebut. Itu hanya bisa terjadi jika desain bebas dari kekacauan beberapa gambar dan elemen lainnya.

Pastikan desainnya koheren dengan citra brandmu secara keseluruhan. Ini berarti kamu harus menggunakan elemen pencitraan merek yang sama dalam spanduk seperti di tempat lain dalam materi pemasaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.