Sukses

3 Resep Praktis Minuman Smoothies yang Aman untuk Bumil

Smoothies merupakan minuman serbaguna yang ramah keluarga dapat dimodifikasi untuk selera atau preferensi diet apa pun termasuk ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta - Resep praktis kali ini terdiri dari tiga ide smoothies yang bisa dikonsumsi para ibu hamil (bumil). Di mana semua orang tahu, saat mengandung ibu perlu asupan gizi yang lebih dari biasanya agar janin tumbuh sehat.

Salah satunya jika bumil merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja, sesekali buatlah smoothie untuk dinikmati sebagai sarapan maupun camilan di sore hari. Cukup dengan beberapa bahan buah-buahan yang aman untuk bumil seperti pisang dan buah naga, maka kebutuhan nutrisi harian bisa tercukupi.

Smoothie berikut bisa ditata dalam gelas namun juga pada bowl agar bisa dinikmati dengan cara disendok. Dengan taburan biji chia dan almond panggang tentu smoothie ini akan menjadi camilan sehat bumil. Langsung saja ikuti, resep Banana Choco Milk Smoothie yang ditulis oleh @ecka_rd dan dibagikan di laman Cookpad.

Bahan-Bahan:

2 buah pisang matang beku

2-3 sdm susu (susu ibu hamil rasa coklat)

20 ml air es matang

Topping:

1 sdm almond panggang

1 sdt biji chia1 sdt quinoa

1 buah pisang matang

Langkah Pembuatan:

1. Blender pisang, air dan susu hingga halus.

2. Tempatkan diwadah lalu beri topping...sajikan

3. Topping sebenarnya bisa sesuai selera. Susu ibu hamil juga dapat diganti dengan greek yogurt/susu kedelai/susu almond/susu low fat. Penulis sengaja menambahkan air cuma sedikit, supaya seperti berasa makan ice cream teksturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Choco Smoothies Bumil

Selanjutnya sebagai alternatif smoothie yang aman untuk ibu hamil adalah Choco Smoothies Bumil yang resepnya dari akun @cook_11874559 laman berbagi resep Cookpad. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah didapat, langsung saja praktik untuk membuatnya di rumah. 

Bahan-Bahan:

1 buah Pisang beku

1/2 buah Naga Putih

2 sdm Yogurt Plain

2 sdm Susu Prenagen (bubuk coklat)

Topping:

2 sdt chia seed Nuts, dried fruits, seeds

Langkah Pembuatan:

1. Blender bahan smoothies dan beri topping diatasnya. Makan segera selagi dingin.

2. Untuk chia seednya, bisa langsung ditabur atau direndam air/susu dulu 5 menitan.

 

3 dari 3 halaman

Smoothie Timun Suri Mix Pisang

Berikutnya adalah resep Smoothie Timun Suri Mix Pisang yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Timun suri sendiri akan terasa segar saat dinikmati dingin dan dicampur bahan seperti yoghurt. 

Berikut langsung saja siapkan bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah membuatnya dari akun @oceana_2020 di laman berbagi masakan Cookpad.

Smoothie Timun Suri Mix Pisang

Bahan-bahan:

250 gr timun suri

1 buah pisang

300 ml susu segar dingin

1 cup yakult/cimory

1/2 sdt jahe bubuk

Langkah Pembuatan:

1. Potong-potong buah, masukkan plastik, bekukan dalam frezzer (saya sekedar dingin saja). Lalu blender buah dengan susu.

2. Setelah halus, masukkan jahe bubuk dan yogurt, blender lagi sebentar.

3. Tuang dalam gelas. Nikmati selagi minuman dingin, segar dan sehat tentunya. Selamat mencoba resep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.