Sukses

Pesona Michelle Yeoh, Sang Bintang Everything Everywhere All at Once di Paris Fashion Week

MIchelle Yeoh menjadi perempuan Asia pertama yang masuk nominasi Oscar 2023 berkat perannya di film Everything Everywhere All at Once.

Liputan6.com, Jakarta - Michelle Yeoh terpilih sebagai salah nominasi Piala Oscar 2023 kategori Best Actress untuk perannya dalam film Everything Everywhere All at Once. Usai meraih nominasi Oscar, Yeoh merayakannya dengan menghadiri Paris Fashion Week 2023 pada Selasa malam, 24 Januari 2023.

Aktris kelahiran Malaysia itu tampak duduk di barisan depan peragaan koleksi terbaru Giorgio Armani selama Haute Couture Fashion Week di Paris, Prancis.  Melansir laman Just Jared, Selasa, 24 Januari 2023, Yeoh terlihat sangat anggun di acara tersebut. Ia memakai jaket biru tua dengan manik-manik berkilauan.

Yeoh memadukan blazer berkilau dengan sepasang celana parasut biru tua dan anting-anting berlian. Dalam acara tersebut, Yeoh bertemu dengan beberapa selebritas dan model seperti Lucas Bravo, Juliette Binoche, Melanie Laurent Coco Rocha, Dylan Penn, dan Carla Bruni.

Yeoh mencetak sejarah sebagai aktris Asia pertama yang dinominasikan untuk Aktris Terbaik (Best Actress) di ajang Oscar. "Ini butuh waktu lama. Namun saya pikir ini lebih dari saya," ucapnya kepada The Hollywood Reporter (THR).

"Pada saat ini, orang-orang Asia seperti terus berjalan ke arah saya sambil berkata, 'Kamu bisa melakukannya, kamu melakukannya untuk kami.' Ini seperti, 'Saya mengerti. Saya sangat mengerti’ karena selama ini, mereka tidak dikenali, mereka tidak didengar," lanjut aktris yang sudah berkarier selama 40 tahun itu.

Yeoh juga menyebut bahwa pengakuan yang diterimanya dengan berbagai pencapaian itu bukan semata-mata sebagai validasi akan keberhasilannya, melainkan dirinya merasa dihargai oleh banyak orang atas pekerjaan yang dilakoninya.

Yeoh masuk dalam kategori Best Actress di Oscar 2023 bersama dengan Cate Blanchett dalam film Tar, Ana de Armas dalam Blonde, Andrea Riseborough dalam To Leslie, dan Michelle Williams dalam The Fabelmans. Malam puncak Oscar 2023 akan digelar Dolby Theatre, Los Angeles, AS pada 12 Maret 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemenangan di Golden Globe

Yeoh sudah meraih piala di ajang bergengsi lainya yaitu Golden Globe Awards 2023. Ia berhasil mendapat kemenangan pertamanya di Golden Globes dengan menyabet penghargaan Best Actress in a Motion Picture - Musical or Comedy untuk perannya sebagai Evelyn Wang di ‘Everything Everywhere All at Once’.

Golden Globe Awards ke-80 itu digelar di Beverly Hilton Hotel, California, AS, pada Rabu (11/1/2023) pagi waktu Indonesia. Ajang ini menjadi pesta penghargaan bagi industri film dan televisi terbaik di Amerika Serikat sepanjang 2022 lalu.

Di atas panggung, Yeoh menyampaikan pidato yang mengharukan, dengan mengingat kembali momen ketika ia pertama kali datang ke Hollywood dan akhirnya berhasil meraih penghargaan di usianya yang ke-60.

Kemenangan itu adalah momen bersejarah karena menjadi piala Golden Globe pertama aktris Asia tersebut setelah berkarier selama 40 tahun di industri perfilman. Michelle Yeoh mulai berkarier di Hollywood semenjak 1997 melalui film James Bond, Tomorrow Never Dies.

"Saya hanya akan berdiri di sini dan menerima semua ini," katanya, sambil memegang trofi patung emas. "40 tahun ... Saya tidak akan melepaskan ini," melansir kanal Regional Liputan6.com.  "Ketika saya pertama kali datang ke Hollywood, itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan ... sampai saya tiba di sini. Saya datang ke sini dan diberi tahu, ‘Anda adalah minoritas’," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Sutradara Terkenal

Yeoh telah bekerja sama dengan sederet sutradara terkenal, termasuk Steven Spielberg, Rob Marshall, dan James Cameron. Tetapi, aktris kelahiran Malaysia itu menemukan bahwa peluang mulai menyusut seiring bertambahnya usia.

"Saya pikir, ‘Hei, ayolah gadis. Anda memiliki lari yang sangat, sangat bagus’," katanya. Momen itu akhirnyadatang. "Terima kasih A24 karena percaya pada dua jenius yang konyol, gila-gilaan, dan luar biasa ini, [sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert], yang memiliki keberanian untuk menulis tentang seorang imigran yang sangat biasa, wanita tua, ibu, anak perempuan," katanya.

Yeoh melanjutkan, "Saya diberi hadiah bermain wanita ini yang beresonansi sangat dalam dengan saya dan dengan begitu banyak orang karena, pada akhirnya, di alam semesta apa pun dia berada, dia berjuang untuk cinta, untuk keluarganya.".

Sebelum meninggalkan panggung, Yeoh meneriakkan bintang-bintang Everywhere Everywhere All at Once’ seperti Stephanie Hsu, Jamie Lee Curtis, dan Ke Huy Quan. "Ini juga untuk semua bahu yang saya berdiri, semua yang datang sebelum saya, yang terlihat seperti saya, dan semua yang melakukan perjalanan ini hingga saya maju," kata Yeoh.

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat dari PM Malaysia

Dalam membawa pulang hadiah akting musikal atau komedi, Yeoh mengalahkan empat nominator lainnya yaitu Lesley Manville untuk ‘Mrs. Harris Goes to Paris’, Margot Robbie untuk ‘Babylon’, Anya Taylor-Joy untuk ‘The Menu’ dan Emma Thompson untuk ‘Good Luck to You, Leo Grande’.

Kemenangan Yeoh di Golden Globes mendapat banyak dukungan dan ucapan selamat termasuk dari Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al Sultan Abdullah dan Perdana Menteri Anwar Ibrahim

"Saya mengucapkan selamat kepada tokoh budayawan dan artis Tan Sri Michelle Yeoh atas pencapaiannya yang tinggi di industri film ketika dia memenangkan piala Aktris Terbaik dalam Musikal/Komedi," cuit Anwar di Twitter, Jumat, 13 Januari 2023.

Ia mengatakan piala terkenal Golden Globe Award yang berhasil diperoleh Tan Sri Michelle terbukti membanggakan negara dan masyarakat Malaysia, terutama para pecinta film. "Saya sangat berharap prestasi Tan Sri Michelle dapat menginspirasi para budayawan dan seniman lokal untuk terus berkreasi dan menumbuhkan talenta-talenta kreatif dan berkualitas," tutur Anwar Ibrahim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.