Sukses

Hari Gizi Nasional 2023, Begini Tips Terapkan Diet Gizi Seimbang di Keseharian

Liputan6.com, Jakarta - Hari Gizi Nasional yang diperingati pada 25 Januari setiap tahun merupakan pengingat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya mengonsumsi gizi seimbang. Ahli gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK menyebutkan bahwa pemenuhan gizi seimbang juga berpengaruh pada segala aspek kesehatan manusia.

Gizi yang seimbang tidak hanya diperuntukkan bagi orang untuk mencegah penyakit, tetapi juga mereka yang sudah mengidap penyakit tertentu. Terkait hal ini, dokter Lita membagikan tips untuk mengingatkan pemenuhan gizi seimbang

"Yang pertama, ketika ingin melakukan diet dengan gizi seimbang utamakan dulu sumber pangan lokal yang ada di sekitar kita," ujarnya pada Selasa, 24 Januari 2023.

Untuk karbohidrat, dia menyarankan untuk mencari makanan pengganti yang memiliki nutrisi yang lebih banyak, seperti singkong dan olahannya. Sementara, bahan protein wajib ada dalam setiap porsi makan, baik nabati maupun hewani.

Kedua, mengaplikasikan gizi seimbang dalam setiap porsi makan. Adanya sayur, buah, karbohidrat, protein, dan lemak membantu memenuhi kebutuhan gizi manusia. Saat berdiet juga tak boleh mengabaikan kebutuhan lemak, tetapi pilihlah lemat yang baik.

"Kalau lagi diet, menghindari lemak itu salah. Pilihlah lemak yang baik supaya kebutuhan gizi dapat berfungsi dengan baik," tuturnya.

Ketiga, menjaga berat badan. Menurutnya, jika sudah bisa mengaplikasikan tips pertama dan kedua dalam kehidupan sehari-hari, berat badan sudah pasti terjaga. Tips terakhir adalah membatasi gula, garam, dan lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bisnis Kuliner Sehat

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional, Tokopedia mengulas tren makanan kekinian yang sehat dan bergizi dari UMKM lokal, di antaranya adalah Loka Padang dan Rumah Mocaf. Loka Padang adalah restoran yang menjual makanan padang dengan konsep vegan.

Konsep tersebut diperhatikan secara matang dengan pilihan makanan yang sehat dan tidak menggunakan daging palsu. Misalnya pada produk satai padang, pihaknya lebih memilih menggunakan tahu dan jamur dicampur dengan racikan bumbu khas padang ala vegetarian.

Saat ini, pihaknya juga menyediakan produk turunan dan dijual dalam bentuk produk beku di Tokopedia. Menurut Irene Umar, pemilik Loka Padang, jumlah transaksi toko Loka Padang di Tokopedia bisa naik hingga dua kali lipat dibandingkan 2021.

Sementara, Rumah Mocaf merupakan kuliner berbasis tepung singkong atau modified cassava flour (mocaf) yang didirikan Riza Azyumarridha Azra. Tepung itu diklaim sehat karena tidak mengandung gluten.

Pihaknya memproduksi beragam olahan dari mocaf, di antaranya adalah tepung serbaguna, tepung fried chicken, kukis, dan mi instan dengan bahan alami seperti daun kelor, buah bit, tomat, dan buah naga.  Saat ini, pihaknya sudah bekerja sama dengan lebih dari 600 petani singkong.

 

3 dari 4 halaman

Mulai Bisnis Makanan Sehat

Irena menjelaskan usahanya dimulai dengan pikiran yang terbuka untuk berani mencoba hal yang baru. "Kalau kita nggak mencoba, kita nggak akan pernah tahu," tuturnya. 

Menurut Irene, bisnis akan lebih baik bila yang dikejar bukan semata mendapatkan uang, tetapi menjadi arti kehidupan. Itu pula yang dilakoninya dengan Loka Padang. "Bisnis bisa menjadi sesuatu yang full feeling banget kalau itu menjadi sebuah tujuan hidup," katanya.

Bisnis makanan dipilihnya untuk membantu orang lain untuk memulihkan diri (healing) atau mencintai diri sendiri. "Kita harus menikmati (makanan) tapi harus bikin sehat juga," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menerapkan sikap selaku ingin belajar saat berbisnis. Dia menyebutkan, semua orang bisa belajar setiap hari dengan memerhatikan sekelilingnya.

Sementara, Riza mengungkapkan bahwa bisnis juga bisa diterapkan dengan menyeimbangkan antara profit dan kesejahteraan masyarakat. Teamwork juga menjadi hal utama yang diperhatikan dalam berbisnis. "Agar dapat membentuk tim yang kuat dan terus berkembang dalam enggage dan skill," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Dukungan untuk UMKM

 

Di sisi lain, Tokopedia berusaha membantu UMKM lokal selama 14 tahun, khususnya pegiat kuliner makanan dan minuman dari seluruh daerah di Indonesia, untuk menjangkau pasar yang lebih luas, dengan program KTP alias Kumpulan Toko Pilihan.

"Selain itu, ada (fitur) Dilayani Tokopedia agar UMKM bisa menjangkau pembeli di luar kota," ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Pihaknya juga membuat fitur “bagikan alamat” untuk memudahkan pengguna dalam mengirim hampers makanan atau minuman sehat. Berdasarkan data, penjualan makanan dan minuman sehat sepanjang 2022 melonjak tinggi. Beberapa di antaranya adalah jus lemon, chia seed, granola, madu, dan sereal.

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, kuliner menjadi salah satu kontribusi subsektor terbesar pada 2022 untuk industri PDB pengolahan non-migas sebesar 37,82 persen. Terkait hal ini, kampanye Tokopedia Nyam! dibuat untuk mempermudah masyarakat dan pegiat kuliner sehat. Bertepatan dengan hari gizi nasional, Tokopedia Nyam! mengadakan flash sale serba Rp30 ribu selama 25--31 Januari 2023.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS