Sukses

Doja Cat Nyentrik di Paris Fashion Week 2023, Ditempeli 30 Ribu Kristal Swarovski Merah

Liputan6.com, Jakarta - Doja Cat kembali menarik perhatian publik lewat penampilannya yang out of the box. Pemilik album Planet Her itu menghadiri fashion show Schiaparelli di Paris Fashion Week 2023, Senin, 23 Januari 2023, dengan dandanan mengingatkan pada tokoh Storm.

Melansir laman Elle dan Vogue, Senin, 23 Januari 2023, penampilannya saat itu menarik perhatian dengan seluruh tubuh temasuk wajahnya berwarna merah karena ditempeli kristal Swarovski. Diketahui ada sekitar 30 ribu kristal Swarovski yang menempel di tubuhnya saat itu.

Riasan yang menutupi seluruh tubuhnya itu meniru ornamen manik-manik dari gaun Schiaparelli yang dipakainya dalam acara mode kelas dunia itu. Ia terlihat memakai gaun berpotongan korset, rok, dan sepatu bot setinggi lutut.

Ia menambahkan kesan dramatis dengan selendang panjang dan anting rubi yang besar. Busana terbaru rancangan Daniel Roseberry yang dipakai oleh Doja Cat itu terinspirasi dari Dante's Inferno, puisi epik dari Italia soal perjalanan ke neraka.

Hal itu terasa sangat cocok karena penampilan Doja Cat dengan warna merah menyala di sekujur tubuhnya, bagaikan api neraka dalam banyak literasi publik. Ditambah lagi, tidak ada kulit yang terlihat sama sekali karena seluruh tubuh Doja Cat ditutupi oleh kristal dan cat merah.

Untuk riasan wajahnya dibuat oleh MUA (makeup artist) terkenal, Pat McGrath. Ia sempat mengunggah sesi makeup yang dilakukannya pada rapper berusia 27 tahun itu di akun Instagramnya.

"Senang bekerja dengan Doja Cat yang cantik dan Daniel Roseberry yang luar biasa pada tampilan 'Doja's Inferno' untuk koleksi FW23 Haute Couture Schiaparelli," tulis McGrath dalam keterangan unggahannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Proses Pemasangan Kristal

Diketahui membutuhkan waktu nyaris lima jam untuk memakai busana tersebut. "Kesabaran Doja yang luar biasa selama 4 jam 58 menit yang diperlukan untuk menciptakan tampilan dengan #TeamPatMcGrath, yang tercakup dalam lebih dari 30.000 Kristal @swarovski yang diaplikasikan dengan tangan, sangat menginspirasi," tulis makeup artist tersebut.

Kristal Swarovski itu memenuhi wajah dan kepala Doja Cat sehingga memberikan penampilan tak terduga. Proses pemasangan kristal tersebut pun dilakukan dengan sangat detail untuk menghasilkan penampilan memukau yang diberi nama 'Doja's Inferno'.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Aku nggak bisa mengungkapkan apapun. Sangat jarang aku sampai speechless, tapi ini benar-benar keren," komentar seorang warganet.

Doja Cat kerap berpenampilan eksentrik. Pemilik nama asli Amala Ratna Zandile Dlamini ini tak ragu menggunakan busana maupun riasan yang dianggap aneh namun terbukti membekas di ingatan para pecinta mode.

Penampilannya di Billboard Music Awards 2022 juga sukses menuai banyak perhatian. Acara ini dilaksanakan di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat pada Minggu, 15 Mei 2022, waktu setempat.

3 dari 4 halaman

Korset Paku

Billboard Music Awards 2022 dihadiri oleh sederet pesohor dunia yang turut menyemarakkan karpet merah. Saat itu, Doja Cat mengenakan korset hitam dengan panel transparan tipis di atas dadanya dan pasties emas. Menurut unggahan Instagram yang dibagikan Doja Cat pada Minggu, 15 Mei 2022, kombinasi korset hitam dan rok maxi yang ditata oleh Brett Alan Nelson itu merupakan koleksi Schiaparelli Haute couture karya desainer Daniel Roseberry.

Korsetnya memiliki paku ke atas yang tajam di kedua sisi dan hampir seluruhnya bertelanjang dada. Doja Cat mengenakan pasties emas oleh Agent Provocateur dan kain tipis nude di dadanya yang mengalir dengan panjang.

Dia juga mengenakan cincin paku oleh Bijules, menurut unggahan itu, tetapi perhiasan emas mencolok Doja Cat lainnya adalah oleh Schiaparelli. Pelantun Woman tersebut juga mengenakan anting-anting raksasa berbentuk telinga, sepatu berbentuk jari kaki, dan dompet berbentuk planet.

Doja Cat juga tampil di karpet merah Grammy Awards 2022 yang bertabur penampilan musisi global. Ajang penganugerahan ke-64 itu dihelat di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, pada Minggu, 3 April 2022, waktu setempat. Acara itu awalnya akan digelar pada Januari 2022, tetapi ditunda karena situasi Covid-19. 

4 dari 4 halaman

Gaun Transparan

Meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, para bintang tak ragu melepas masker mereka sambil memamerkan busana malam mereka. Bahkan, gaun yang dikenakan terlihat lebih berani, lebih berisiko, lebih fun dibandingkan acara penghargaan lain. Salah satunya dihadirkan Doja Cat.

Ia mencuri perhatian dalam balutan gaun transparan warna hijau mint keluaran Atelier Versace dengan detail korset yang terlihat. Dikutip dari laman PageSix, Senin, 4 April 2022, pelantun lagu Need to Know itu melengkapi penampilannya dengan tas tangan transparan keluaran Coperni yang diisi permen.

Seakan belum cukup, juga membawa serta speaker yang seluruhnya dihiasi kristal yang digantungkan di tasnya. Doja menambahkan aksesori berlian senilai lebih dari 1 juta dolar AS atau sekitar Rp15 miliar, termasuk kalung, anting-anting, dan gelang dari Samer Halimeh. Kalungnya sendiri berharga 561 ribu dolar AS atau sekitar Rp8,4 miliar.

Bukan hanya soal pakaian, Doja Cat juga tak ragu tampil dengan rambut dan alis botak. Pada Agustus 2022 lalu, ia memutuskan untuk memangkas habis rambutnya. Alasannya karena ia selama ini tidak senang memiliki rambut. Menariknya, meski alisnya botak, ia kerap memerlihatkan alisnya dengan kreasi gambar yang unik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS