Sukses

4 Alasan untuk Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain, Salah Satunya Bisa Mengurangi Kebahagiaan

Liputan6.com, Jakarta Ketika melihat kehidupan orang lain yang bahagia dan nyaris sempurna, mungkin akan ada perasaan cemburu yang dirasakan. Entah itu mengenai keluarganya yang harmonis, tingkat pendidikannya yang tinggi, kekayaannya yang banyak, atau bahkan jabatan yang dimiliki. Yup, itu semua sebenarnya manusiawi dan bisa saja terjadi.

Namun, jika rasa iri ini berkembang menjadi kegiatan membandingkan diri sendiri, maka sebaiknya hentikan sekarang sebelum terlambat. Selain tak memiliki banyak kegunaan, membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuang waktumu secara sia-sia. Selain itu, ada pula dampak buruk lainnya yang bisa ditimbulkan jika kamu sering menerapkan kebiasaan seperti ini. Seperti apa?

1. Membuat Diri Jadi Tak Berkembang

Ketika sedang membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka secara otomatis kamu membagi perhatian dan fokus kepada orang tersebut. Sebenarnya tak masalah jika hal ini terjadi. Akan tetapi, jika sudah berada di level yang tak normal lagi dan berubah menjadi sebuah obsesi, maka hentikanlah sekarang juga. Pasalnya, itu akan membuat kamu menjadi individu yang sulit berkembang dan tak menjadi diri sendiri.

2. Mampu Mengurangi Kebahagian

Sering membandingkan diri sendiri nyatanya juga bisa mengurangi kebahagian dalam hidup. Bagaimana tidak, ketika kamu melakukan kebiasaan ini, maka hidupmu hanya akan berpusat pada orang lain itu. Kamu ingin menjadi seperti dirinya, sehingga lupa untuk menjalani hidup sebagai diri sendiri. Ujung-ujungnya, malah rasa stress dan tak puas saja yang akan didapatkan.

3. Menjadi Seseorang yang Kurang Bersyukur

Kebiasaan membandingkan diri dapat membuat kamu menjadi kurang bersyukur. Ini karena kamu ingin selalu yang lebih dari apa yang dimiliki oleh orang lain. Jika mereka memiliki sebuah mobil baru, maka kamu pun tak akan ketinggalan untuk membeli mobil baru yang lebih bagus dan mahal. 

Bahkan, jika harus mengutang sekalipun, dirimu akan tetap melakukannya. Dan karena inilah, hidupmu mungkin saja terkena masalah dan bikin hati serta pikiran jadi tak tenang. Makanya, jangan sampai termakan rasa iri dan membandingkan diri dengan apa yang dipunya orang lain, ya.

4. Bikin Minder

Last but not least, membandingkan diri bisa membuat diri sendiri jadi minder. Hal ini ditandai dari yang awalnya optimis menjadi pesimis, terlalu merendahkan diri sendiri, tak percaya dengan kemampuan yang dimiliki, dan sebagainya. Bahkan ketika bertemu dengan banyak orang, kamu akan menjadi sosok yang pendiam dan cenderung tak ingin berinteraksi. 

Jika rasa minder ini dibiarkan begitu saja, tentu yang akan rugi adalah dirimu sendiri. Jadi, biasakan untuk terus melangkah maju tanpa harus memandang apa kelebihan orang lain, ya.

Itu tadi beberapa alasan untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika kamu merasa sedang membandingkan diri dengan orang lain, maka ada baiknya untuk berubah sedikit demi sedikit untuk menjadi sosok yang lebih baik. Kamu bisa banget mewujudkan hal ini dengan memperbaiki penampilan yang dipunya. Salah satunya adalah dengan memakai pakaian yang stylish dan keren. Semoga bermanfaat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS