Sukses

Klaim Palsu Celana Menstruasi Ramah Lingkungan Justru Sebabkan Kanker, Bayar Gugatan Konsumen Rp75,7 Miliar

Sebuah merek celana dalam menstruasi digugat konsumennya setelah terbukti memiliki bahan yang bisa sebabkan kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan celana menstruasi berlabel Thinx menyelesaikan gugatan sebesar 5 juta dolar AS yang setara Rp75,7 miliar. Hal itu terjadi setelah pemakai diduga tertipu klaim bahwa pakaian dalam itu aman dan ramah lingkungan.

Faktanya penggugat mengklaim, pakaian dalam menyerap kandungan bahan kimia berbahaya zat perfluoroalkyl dan polifluoroalkil (PFAS), yang berpotensi menyebabkan kerusakan karena paparan berulang. Mengutip New York Post, Jumat (20/1/2023), meskipun bahan PFAS sering digunakan untuk membuat kain kedap air dan tahan noda, PFAS juga dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis, termasuk kanker.

Analisis lebih lanjut mengungkapkan pakaian dalam itu juga mengandung pengobatan anti-mikroba Agion, pestisida manufaktur yang juga dapat menimbulkan ancaman kesehatan, menurut para ahli. Penggugat mengklaim bahwa "pemberian zat kimia melalui vagina" dapat menyebabkan perubahan ultrastruktural pada mukosa vagina, uretra, dan rektum, selain menyebabkan migrasi perak ke dalam aliran darah.

Disebut-sebut sebagai organik, ramah lingkungan, dan tidak beracun serta dipuja oleh pemakai yang ramah lingkungan, celana dalam menstruasi ini diiklankan untuk mereka yang anti-pembalut bekas pakai. Celana menstruasi ini dapat dicuci, digunakan kembali dan tampaknya mencapai hal yang mustahil dengan menampung hingga lima tampon darah menstruasi.

Dalam gugatan tersebut, sang penggugat Nicole Dickens secara independen menguji pakaian dalam Thinx dan konon mengonfirmasi keberadaan bahan kimia berbahaya ini, yang bertentangan dengan slogan merek yang dipromosikan perusahaan. Dia menuduh bahwa perusahaan yang berbasis di Manhattan itu "secara sadar dan sengaja menyembunyikan dan salah mengartikan" produk merek tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Setuju Bayar Ganti Rugi

Perusahaan telah setuju untuk membayar hingga 5 juta dolar AS yang setara Rp75,7 miliar kepada berbagai anggota penggugat untuk penyelesaian. Tetapi hanya jika mereka mengajukan klaim untuk penggantian paling lambat 12 April 2023.

Penyelesaian tersebut berjanji untuk mengganti biaya konsumen yang sadar lingkungan yang membeli pakaian dalam antara 12 November 2016 dan 28 November 2022. Masing-masing untuk maksimal tiga pasang pakaian dalam Thinx seharga 7 dolar AS tetapi hanya dengan bukti pembelian.

Bagi mereka yang tidak memiliki tanda terima yang valid, pengembalian uang maksimum 3,50 dolar AS per pasang. Alternatifnya, pelanggan dapat memilih untuk menerima voucher diskon 35 persen untuk pembelian hingga 150 dolar AS, jika mereka bersedia mengambil risiko untuk membeli produk lainnya.

Thinx berjanji untuk mengambil tindakan dalam mencegah masuknya PFAS, dengan memastikan bahwa bahan kimia berbahaya yang disebut tidak "sengaja ditambahkan" ke produk mereka. Pemasok bahan baku merek tersebut juga perlu menandatangani “Kode Etik Pemasok dan Perjanjian Pemasok Bahan Kimia”, yang akan mewajibkan pemasok untuk bersumpah bahwa tidak ada PFAS yang ditambahkan di produk mereka.

3 dari 4 halaman

Zat Berbahaya

Adapun zat anti-mikroba Agion, Thinx akan melindungi klaim yang dibuat tentang transferabilitas pestisida katakanlah, kulit manusia. Sementara celana penyerap ultra mungkin menjadi pilihan untuk semua menstruasi yang lebih ramah lingkungan, namun kembali pada mereka untuk mempertimbangkan risikonya yang sayangnya disertai dengan sejumlah masalah menstruasi lainnya.

Adapun saat ini menstrual cup disebut tidak nyaman untuk semua orang. Pembalut, jika digunakan terlalu lama dapat menyebabkan sindrom syok toksik meski jarang. Bantalan mungkin juga mengandung bahan kimia berbahaya, keduanya dapat meningkatkan dampak negatif limbah kita di planet ini.

Dan ini bahkan bukan pertama kalinya pelanggan Thinx melihat masalah. Perusahaan sempat mengalami sejumlah tuntutan hukum, masing-masing menuduh adanya PFAS di celana dalam yang dipopulerkan. Merek celana "Period proof" Knix mengikuti gugatan pesaingnya, karena tahun lalu juga terkena gugatan atas kesulitan penerapan bahan PFAS yang sama.

4 dari 4 halaman

Inovasi Produk Menstruasi

Sementara itu, melampaui sekadar memperhatikan kesehatan, inovasi produk menstruasi telah menyentuh ide ramah lingkungan. Di antaranya, celana dalam menstruasi telah jadi produk baru yang membuat penasaran.

"Celana dalam menstruasi merupakan produk kebersihan haid yang relatif lebih baru yang berfungsi untuk alternatif dari produk lebih tradisional yang mungkin diketahui orang, seperti pembalut," sebut Dr. Jessica Shim, seorang dokter di divisi ginekologi di Rumah Sakit Anak Boston dan instruktur klinis di Harvard Medical School, melansir dari CNN, Rabu, 28 Desember 2022.

Teknologi yang digunakan bervariasi di antara perusahaan dengan berbagai merek, namun biasanya melibatkan beberapa lapisan bahan, seperti kapas, nilon, wol merino, atau poliester agar menyerap darah dan menghilangkan kelembapan vulva, sehingga pemakainya merasa kering, menurut Shim. Beberapa merek menggunakan teknologi anti-mikroba untuk memerangi bau maupun menghambat pertumbuhan bakteri.

Celana dalam menstruasi populer beberapa tahun terakhir dengan beberapa alasan. Pertama, rendah limbah dan gagasan bisa digunakan kembali membuat produk ini lebih ramah lingkungan daripada yang sekali pakai. Dilaporkan produk menstruasi konvensional dapat terdiri dari 90 persen plastik, dan sekitar 49 miliar barang sekali pakai ini dikonsumsi tiap tahun di Amerika Serikat saja, menurut Inisiatif Siklus Hidup Program Lingkungan PBB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.