Sukses

Personel BLACKPINK Jadi 4 Besar Influencer Fesyen 2022, Kalahkan Zendaya dan Bella Hadid

Sementara empat personel BLACKPINK ada dalam list, Cha Eun Woo ASTRO jadi satu-satunya pria dalam daftar influencer fesyen teratas 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Empat influencer fesyen teratas tahun 2022 ditempati personel BLACKPINK, menurut sebuah laporan baru Lefty. Mereka mengalahkan nama-nama populer lain, seperti Kim Kardashian, Kylie Jenner, Zendaya, dan Bella Hadid di daftar tersebut.

"2022 adalah tahun kemenangan untuk fesyen. Dengan pelonggaran pembatasan COVID-19 di seluruh dunia, kembali ke runway disambut kelegaan dari industri dan serangkaian acara mewah dan momen viral dari merek dan pencipta fashion terbaik," catat platform pemasaran influencer untuk merek gaya hidup terkemuka itu, dikutip dari situs webnya, Kamis (19/1/2023).

Pihaknya menyambung, "Setelah dua tahun screentime, merek bersandar pada kekuatan kinerja, mengukir emosi dan keajaiban dengan berbagai cara. Dari landasan pacu hingga pertunjukan seni, teater, dan tarian, 2022 memperkuat fesyen sebagai pengalaman multi-indera di mana cerita adalah segalanya."

Di laporan terbaru, mereka menempatkan Jisoo BLACKPINK sebagai influencer fesyen nomor satu tahun lalu. Posisinya diikuti sesama rekan grupnya Rose, Jennie, dan Lisa. Lefty, yang diakuisisi agensi pers mode berpengaruh Karla Otto pada 2021, menggunakan jangkauan dan keterlibatan media sosial untuk menghitung peringkatnya, menurut Semafor.

Jisoo, yang merupakan duta merek Dior, memiliki lebih dari 66 juta pengikut Instagram, jauh lebih sedikit daripada Kardashian dan Jenner, tapi memiliki lebih banyak penggemar yang terlibat. Idol yang sedang menyiapkan debut solonya itu menciptakan lebih dari 2 miliar interaksi media sosial, menurut laporan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Influencer Fesyen Teratas Tahun 2022

Jisoo BLACKPINK menghasilkan "nilai media" sebesar 198 juta dolar AS untuk Dior. Ini merupakan istilah pemasaran yang memperkirakan jumlah yang harus dikeluarkan sebuah merek untuk iklan dalam menciptakan jumlah keterpaparan yang sama.

Cha Eun Woo, anggota boy band ASTRO, berada di peringkat dalam daftar pemberi pengaruh teratas Lefty, satu-satunya pria dalam list tersebut. "Tahun ini bintang-bintang K-Stars mengambil alih Kardashians, hingga dogfluencer dan Drag Queens yang mendominasi gaya jalanan," kata pihaknya.

Mereka menyambung, "Sementara itu, era influencer terus meledak, dengan pertumbuhan ekonomi kreator sebesar 335 persen selama lima tahun terakhir. Fesyen, khususnya, adalah industri yang hadir di mana-mana dan sangat penting."

"Karla Otto x Lefty's Year in Review diambil dari komentar kerja kolaboratif kami, menyeimbangkan data hak milik dengan wawasan kreatif untuk narasi unik dan analitis pada tahun mode," tandasnya. Berikut adalah 10 influencer fesyen teratas tahun 2022, seperti yang diperingkat oleh Lefty:

1. Jisoo BLACKPINK

2. Rose BLACKPINK

3. Jennie BLACKPINK

4. Lisa BLACKPINK

5. Kim Kardashian

6. Zendaya

7. Bella Hadid

8. Kylie Jenner

9. Cha Eun Woo ASTRO

10. Billie Eilish

3 dari 4 halaman

Gelombang Fashion Influencer Global Berikutnya

K-pop telah meledak dalam popularitas global selama beberapa tahun terakhir, dan ekonomi fashion influencer adalah bidang terbaru untuk memanfaatkan kekuatannya. K-pop "telah jadi ekonomi dengan sendirinya, membantu mengubah citra kawasan yang pernah dihancurkan perang jadi modernitas budaya dan pemimpin pemikiran di bidang digital," sebuah laporan dari Lefty yang dirilis tahun lalu menyatakan.

Menurut The Korea Foundation, pasar luar negeri untuk musik dan budaya Korea meningkat dua kali lipat antara 2015 dan 2019. Laporan Lefty memperkirakan bahwa aktor dan aktris asal Thailand dapat jadi bagian dari gelombang fashion influencer global berikutnya.

Sembilan influencer Thailand menghadiri peragaan busana di Milan dan Paris selama musim pekan mode, dan telah menandatangani kontrak dengan merek-merek, seperti Prada, Miu Miu, dan Boss, kata laporan itu. Perusahaan-perusahaan itu "telah mulai berinvestasi pada talenta-talenta ini lebih awal, mengandalkan masa depan gelombang budaya baru yang didukung oleh pemerintah Thailand."

4 dari 4 halaman

Dominasi di Pekan Mode

Sementara itu, pekan mode dunia telah mengumpulkan selebritas terpanas dari seluruh dunia. Tahun lalu juga tidak berbeda, dengan idol K-pop menghasilkan gebrakan besar dalam percakapan online, menurut laporan Ipsos.

Bintang-bintang ini telah jadi ratusan berita utama dan tampil tidak hanya di kursi runway, tapi juga di atas catwalk itu sendiri. Di acara Peter Do, rapper Korea Selatan Jeno NCT melakukan debut catwalk NYFW dan jadi idol K-pop pertama yang membuka acara NYFW.

Di Paris, idol K-pop juga menunjukkan status duta global mereka dengan kehadiran semua personel BLACKPINK, yang semuanya merupakan perwakilan merek mewah. Sebanyak 10,6 ribu percakapan selama pekan mode tersebut yang menyebutkan grup tersebut.

Secara online, idol K-pop mendominasi percakapan sosial tentang rentetan pekan mode dunia, memasuki dan mengklaim sebagian besar 10 tagar teratas berdasarkan volume untuk New York dan Milan. #nyfwdahyun, mengacu pada Kim Da Hyun Twice, saja mengumpulkan lebih dari 100 ribu mention selama NYFW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.