Sukses

Kim Kardashian Menang Lelang Liontin Salib Putri Diana, Ditebus Hampir Rp3 Miliar

Liontin salib itu bukan milik Putri Diana, tetapi milik teman baiknya yang tak pernah terlihat di depan publik sejak sang putri meninggal dunia. Kini, liontinnya dimiliki Kim Kardashian.

Liputan6.com, Jakarta - Liontin salib Attallah yang dikenakan Putri Diana akhirnya berhasil dilelang di London dengan harga 197.453 dolar AS atau hampir Rp3 miliar. Kim Kardashian menjadi pemenang lelang, mengalahkan tiga penawar lainnya.

"Ini adalah perhiasan yang berani, dilihat dari ukuran, warna, dan gayanya yang tidak akan gagal membuat pernyataan yang semarak, baik itu terkait keyakinan ataupun mode, bahkan keduanya," kata Kristian Spofforth, kepala perhiasan Sotheby's London, dalam siaran pers, dikutip dari Vogue, Kamis (19/1/2023).

Ia menyambung, "Kami senang karya ini telah menemukan kehidupan baru di tangan nama lain (Kim Kardashian) yang terkenal secara global."

Liontin itu terbuat dari terbuat dari batu kecubung berpotongan persegi dengan aksen berlian melingkar. Menurut Sotheby's, harga jual akhir yang ditawarkan Kardashian naik lebih dari dua kali lipat dari nilai pralelangnya.

Lionton Attallah pertama kali dibuat pada 1920-an oleh Garrad, salah satu merek perhiasan yang paling sering dikenakan Putri Diana semasa hidup. Liontin itu dibeli Naim Attallah, salah seorang teman sang putri pada 1980-an. Ia kemudian meminjamkannya kepada Putri Wales untuk tampil di sejumlah acara.

Yang paling dikenang adalah momen Diana mengenakan perhiasan tersebut pada Oktober 1987. Ia memadankan aksesori itu dengan gaun beludru ungu Catherine Walker saat menghadiri gala amal Birthright di London.

Kalungnya dilaporkan hanya pernah dikenakan Putri Diana. "Ketika saya tumbuh dewasa, kami selalu menaruhnya di atas meja untuk makan siang Natal, tetapi itu tidak pernah dipakai oleh siapa pun selain Diana dan belum pernah terlihat di depan umum sejak dia meninggal," kata Ramsay Attallah, putra Naim, pada Desember 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembuat Perhiasan Putri Diana

Garrad yang membuat Attallah juga membuat banyak perhiasan lain untuk Putri Diana selama bertahun-tahun. Salah satu yang paling populer adalah cincin tunangan bermata safir ofal yang dikenakan Diana pada 1981. Kini, cincin itu diberikan Pangeran William kepada Kate Middleton. Putri Wales itu kerap memakainya saat tampil di depan umum.

Garrad juga membuat kalung Swan Lake yang terbuat dari berlian dan mutiara Laut Selatan yang dikenakan di penampilan publik terakhirnya, yakni sebuah pertunjukan Swan Lake di Royal Albert Hall, London, pada 1997. Kalung tersebut dijual seharga 12,1 juta dolar AS pada 2021, tapi sampai saat ini, belum ada penawar yang tertarik.

Kalung Attallah Putri Diana bukan satu-satunya koleksi kerajaan yang akan dilelang bulan ini. Sebuah gaun beludru ungu yang dikenakan bangsawan untuk potret resmi pada 1991 dan majalah Vanity Fair pada 1997 juga akan dijual di Sotheby's. Itu cocok dengan batu kecubung di kayu salib, seandainya Kardashian ingin membelinya juga.

Melansir laman Sotheby's, gaun ungu itu diperkirakan bakal laku dengan harga mulai 80 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,2 miliar. Harga tertinggi lelang diperkirakan bakal mencapai 120 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,8 miliar.

3 dari 4 halaman

Gaun Putri Diana

Dilansir dari Tatler, 11 Januari 2023, gaun ungu Putri Diana merupakan karya desainer Victor Edelstein yang menampilkan garis leher penggunanya dengan bentuk hati di bagian dada dan rok berbentuk tulip. Gaun ungu tua itu merupakan bagian koleksi Edelstein's Autumn 1989. Sang desainer merancang tampilan khusus untuk Diana lebih dari satu dekade.

Sebelum lelang mendatang, ada juga lelang amal Christie yang menampilkan 79 gaun sumbangan Diana. Penjualan secara kolektif kala itu mencapai 3,25 juta dolar AS (sekitar Rp48 miliar) dan diberikan kepada organisasi AIDS dan kanker, termasuk Rumah Sakit Royal Marsden, tempat Diana menjabat sebagai pembina selama delapan tahun.

Gaun lain ditampilkan dalam lukisan Douglas Hardinge Anderson pada 1991, serta boneka Franklin Mint pada 1998.  Edelstein merupakan perancang yang juga berada di belakang "Travolta Dress" biru yang dikenakan Diana.

Gaun beludru panjang itu jadi terkenal saat ia menari dengan si aktor Hollywood di Gedung Putih, Amerika Serikat. Gaun Travolta dijual 264 ribu pound sterling atau sekitar Rp5 miliar pada 2019 untuk sebuah badan amal setelah gagal dijual di pelelangan.

Sementara itu, gaun ungu Edelstein akan jadi bagian dari lelang Sotheby's bertajuk The One pada 27 Januari 2023.

4 dari 4 halaman

Gaun Marilyn Monroe

Sementara, Kim Kardashian bukan pertama kali bersinggungan dengan item fesyen bersejarah penting. Dalam Met Gala tahun lalu, bintang reality show itu menuai perhatian setelah mengenakan gaun Happy Birthday yang dikenakan Marilyn Monroe saat menghadiri ulang tahun mantan Presiden AS, John F. Kennedy.

Ia sempat dicibir lantaran dianggap merusak gaun koleksi Museum Ripley's Believe It or Not yang rapuh karena dimakan usia. Ia juga dianggap cari perhatian lantaran sengaja berdiet ekstrem agar bisa memakai gaun tersebut walau hanya di karpet merah.

Pada malam yang sama, Kardashian kembali mengenakan gaun Marilyn lainnya yang didesain Norman Norrell untuk acara Golden Globes 1962. Kardashian mendapatkan gaun berpayet hijau itu melalui Heritage Auctions.

Pada 2021, ia juga membeli pakaian yang dikenakan Janet Jackson dalam video musik If seharga 25 ribu dolar AS. Kemenangan Sotheby ini, bagaimanapun, menandai pertama kalinya dia secara terbuka menawar koleksi perhiasan terkait keluarga kerajaan Inggris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.