Sukses

6 Fakta Menarik Paraguay, Penghasil Tanaman Ganja Terbesar Kedua di Dunia Meski Ilegal

Paraguay merupakan negara Amerika Selatan penghasil tanaman ganja dan pengekspor tenaga air terbesar dunia.

Liputan6.com, Jakarta Paraguay adalah negara yang terkurung daratan di wilayah selatan-tengah Amerika Selatan. Paraguay berbatasan dengan Bolivia di barat laut dan utara, Brasil di timur laut dan timur, dan Argentina di tenggara, selatan, dan barat.

Mengutip Britannica, Rabu 18 Januari 2023 Ibu kota Paraguay adalah Asunción. Sejarah Paraguay baru-baru ini ditandai dengan pergolakan dan pemerintahan otoriter. Negara ini terlibat dalam dua dari tiga perang besar di benua itu, Perang Aliansi Tiga (1864--1970), melawan Argentina, Brasil, dan Uruguay. Kemudian Paraguay juga terlibat dalam Perang Chaco (1932--1935) melawan Bolivia.

Selain itu, Paraguay mengalami kondisi perang saudara pada 1947 dan kediktatoran panjang Alfredo Stroessner (1954-1989) meninggalkan warisan yang mendalam ketakutan dan penyensoran diri di antara orang Paraguay, yang mulai mengatasi hambatan tersebut hanya pada awal abad ke-21. 

Sejak 1989 proses demokratisasi menjadi sulit dan Paraguay telah mengalami serangan ketidakstabilan dalam militernya, pembunuhan seorang wakil presiden pada 1999 dan dakwaan terhadap mantan presiden Juan Carlos Wasmosy (1993--1998) dan Luis González Macchi (1999– 2003) atas tuduhan korupsi.

Pada 2008, Partai Colorado Paraguay, partai politik yang paling lama berkuasa di dunia, kehilangan kekuasaan untuk pertama kalinya sejak 1947, meskipun kembali berkuasa pada 2013. Masih banyak hal lain mengenai Paraguay selain instabilitas politiknya. Berikut enam fakta menarik Paraguay yang dirangkum Liputan6.com pada Rabu 18 Januari 2023.  

1. Pengekspor Tenaga Air Terbesar di Dunia

Sungai memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan ekonomi Paraguay. Bahkan, nama negara tersebut konon berasal dari kata Guaraní yang berarti "sungai yang melahirkan laut". Sungai menyediakan akses ke Samudra Atlantik dan berfungsi sebagai lokasi pembangkit listrik tenaga air yang menjadikan Paraguay salah satu pengekspor tenaga air terbesar di dunia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Populasi Paling Homogen

Kebanyakan orang Paraguay merupakan orang Eropa dan keturunan Guarani. Budaya Guaraní sangat terwakili melalui seni dan festival rakyat, dan Guaraní ditetapkan sebagai bahasa resmi Paraguay dalam konstitusi negara tahun 1992.

Paraguay memiliki salah satu populasi paling homogen di negara Amerika Selatan mana pun. Sebagian besar penduduk hampir semuanya mestizo atau keturunan campuran Eropa dan India. Mereka bangga sebagai Keturunan Guaraní, meskipun campuran Eropa menonjol.

Namun sekitar 300 ribu orang Brazil, kebanyakan petani, berimigrasi ke Wilayah Timur pada tahun 1970-an karena harga tanah di Paraguay lebih murah daripada di Brazil. Imigran lain datang dari Eropa Barat, khususnya Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, Cina termasuk Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan.

Orang India membentuk sekitar 2 persen dari populasi Paraguay. Kelompok etnis yang berbeda termasuk Pai-Tavyterá, Mbyá, Aché, dan Chiripá di timur dan Toba, Maskoy, Lengua, Nivaklé, Tapieté, Ayoreo, dan Chamacoco di Chaco. Kelompok India kecil lainnya tinggal di seluruh Paraguay, salah satunya India.

3. Punya Dua Bahasa Resmi

Sebagaimana ditetapkan dalam konstitusi 1992, Spanyol dan Guaraní adalah bahasa resmi Paraguay. Orang Paraguay sangat nasionalis dan bangga berbicara dalam bahasa Guaraní, yang menjadi penanda kuat identitas mereka.

Bahasa pribumi itu lebih banyak digunakan sehari-hari di Paraguay daripada bahasa Spanyol, hal cukup unik di Amerika Latin. Guaraní dituturkan hampir sembilan per sepuluh populasi, namun bahasa ini hanya digunakan sebagai bahasa pengantar di sekolah sejak 1996.

Seringkali masyarakat Paraguay mencampur kedua bahasa ketika berbicara satu sama lain, serta punya istilah baru dari perpaduan dua bahasa itu. Sebenarnya Bahasa Guarani adalah bahasa daerah dari masyarakat asli di Amerika Selatan yang tinggal di wilayah Paraguay sekarang dan merupakan anak Bahasa Tupi.

4. Produksi Ganja Kedua Terbesar

Hal yang cukup mencengangkan, Paraguay adalah negara pemroduksi ganja terbesar kedua di dunia setelah Meksiko meskipun ganja menjadi barang ilegal di Paraguay. Tetapi produksi ganja sudah menjadi industri gelap di Paraguay yang dikirim ke luar negeri, terutama di negara tetangganya seperti Argentina, Brasil, Uruguay dan Chili. Tingginya produksi ganja di Paraguay, disebabkan tanah di negara ini yang berwarna merah dan subur, yang disebut sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman ganja. 

 

3 dari 4 halaman

4. Wisata Air Terjun Iguazu

Iguazu Falls merupakan keajaiban alam terkenal di Paraguay. Tetapi air terjun ini berada di tiga negara berbeda yaitu Brazil, Argentina dan Paraguay. Iguazu Falls adalah kumpulan lebih dari 200 air terjun yang terlihat begitu mengesankan jika disaksikan dari salah satu negara tersebut.

Di Paraguay, wisatawan harus pergi ke Ciudad del Este untuk menyaksikan dari dekat air terjun Iguazu. Air terjun ini hanya berjarak lima mil dari lokasi tersebut. Kalau beruntung, pengunjung dapat menyaksikan pelangi yang menghiasi air terjun terlihat sangat indah.

Untuk wisata di kota, Anda bisa mengunjungi Ruins of Jesus and Trinidad Mission yang dibangun ketika masa pendudukan Spanyol sekitar awal abad ke-17. Bangsa Spanyol membangun misi dengan mulai menyebarkan agama Kristen ke penduduk di negara ini. Hal tersbeut berlangsung selama 150 tahun yang panjang hingga bangsa Spanyol menghentikannya.

Kemudian, tempat wisata yang menarik perhatian di antara tempat wisata di Paraguay adalah Encarnacion. Situs wisata ini mendapatkan julukan sebagai Mutiara Selatan yang bersandar di tepi Sungai Parana. Menariknya, sebutan itu merujuk pada lokasi Encarnation yang berada di tepi Sungai Parana.

Wisata Paraguay berikutnya yang direkomendasikan adalah taman nasional cora. Taman Nasional ini memiliki ciri khas yang akan memberikan pengalaman melihat pedalaman yang mempersona hingga dikatakan paling romantis di seluruh Paraguay.

 

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Khas Bori-Bori

Di sisi kuliner, bori-bori atau vori-vori merupakan sup ala Paraguay yang terkenal enak. Makanan ini terdiri dari tepung jagung dan keju, dan sayur-sayuran seperti lobak merah, saderi dan bawang yang diisi dengan daging ayam atau lembu.

Sup ini secara tradisinya berperisa dengan daun bay, bunga cengkih dan pasli, biasanya ditambahkan kunyit memberikannya warna keemasan yang kaya. Bori-bori amat populer semasa musim sejuk, walaupun kadangkala ia juga dimakan semasa musim panas.

Bori-bori enak dihidangkan hangat, ditaburkan dengan parsley dan disertai dengan keju parmesan parut. Nama bori-bori di ambil dari sebutannya vori yaitu bola, lantaran makanan ini merujuk bola tepung jagung yang terdapat di dalamnya.

Selain itu ada hidangan vegetarian yang paling terkenal di Paraguay sudah pasti kivevé. Hidangan tradisional ini dibuat dengan bahan-bahan yang paling popular di Paraguay yaitu labu, tepung jagung dan keju segar. Ia mempunyai warna merah muda yang luar biasa dan tekstur berkrim, serupa dengan polenta.

Sajian tidak dikelaskan sebagai manis atau gurih, tapi di antaranya. Kebiasaannya, kiveve dihidangkan sebagai pelengkap BBQ tradisional Paraguay, tetapi rasanya yang sedikit manis, bisa juga dijadikan sebagai pencuci mulut. Kadang-kadang, menu juga boleh dimakan sebagai hidangan utama vegetarian ringan.

Hidangan tersebut muncul pada abad ke-19 semasa masa sulit bagi orang Paraguay. Kuliner tidak lama kemudian menjadi terkenal kerena kaya dengan kalori dan protein dan menggunakan bahan-bahan tradisional yang boleh didapati di mana-mana isi rumah Paraguay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini