Sukses

Cerita Cinta Laura Bantu Anak yang Dirundung karena Sepatunya Rusak

Cinta Laura melihat sebuah konten tentang anak yang menjadi korban bullying karena sepatunya rusak.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris muda Cinta Laura kerap melakukan aksi sosial yang sukses membuat decak kagum. Selain berpenampilan menarik, Cinta Laura banyak menginspirasi orang dengan sederet aktivitas yang dilakukannya. Tak hanya memiliki karier yang cemerlang namun juga imej yang positif.

Salah satu aksi sosial yang dilakukan Cinta diceritakan dalam sebuah podcast Onadio Leonardo. Podcast yang ditayangkan di kanal Youtube The Leonardo’s itu dibagikan ulang lewat beberapa video di akun TikTok @panda.1508, Rabu, 11 Januari 2023.

Saat itu, mereka tengah membicarakan banyak topik menarik termasuk tentang kepedulian terhadap sesama. Cinta lantas mengingat tentang aksi sosialnya yang beberapa waktu lalu dia lakukan kepada beberapa anak di Jember.

Awalnya, Cinta menceritakan jika dia melihat sebuah konten tentang anak yang menjadi korban bullying karena memiliki sepatu rusak. Saat itu juga, hatinya langsung tergerak untuk memberikan bantuan.

"Kira-kira sebulan lalu aku ngelihat ada video seorang anak yang bernama Habib, dia nangis di bully di sekolah karena sepatunya yang rusak," ujar Cinta.

"Bawahnya solnya udah lepas. Jadi dia pakai sepatu tuh yang bener-bener kaki nampak ke lantai. Sepatu tuh hanya hiasan di atas kaki," sambungnya. Tak hanya itu, bocah tersebut ternyata latar belakang keluarganya kurang mampu. Hal inilah yang mendorong Cinta Laura untuk membantu.

Namun, saat Cinta dan timnya mencoba untuk menjangkau anak tersebut, ternyata fakta lain ditemukan. Pasalnya, bukan hanya Habib, ada sekitar 50 anak yang bernasib sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebutuhan dan Perlengkapan Sekolah

Cinta lalu memutuskan untuk memilih lima orang dari beberapa anak tersebut dengan diberikan perhatian penuh. Dia bahkan dia bertekad memberikan bantuan yang tak tanggung-tanggung.

Wanita berusia 29 tahun itu meluangkan waktunya selama dua hari untuk anak-anak yang kurang mampu tersebut. Dia pun memberikan perhatian penuh terhadap kelima anak kurang mampu itu. Cinta juga rela memberikan sesuatu hal yang belum pernah dirasakan anak-anak tersebut.

"Aku datang ke Jember untuk 2 hari. Hari pertama aku ajak mereka makan siang di restoran, dan mereka belum pernah makan di restoran," kata Cinta Laura. Tak hanya meluangkan waktunya untuk bertemu dan makan bersama. Wanita kelahiran 17 Agustus 1993 ini juga membelikan beberapa kebutuhan dan perlengkapan sekolah yang diperlukan kelima anak tersebut.

"Setelah itu aku ajak mereka belanja di salah satu department store, aku beliin baju-baju semuanya, setelah itu kita main, dan itu pengalaman pertama buat mereka. Setelah itu kita ke supermarket dan beli semua perlengkapan sekolah, mainan, dan apapun jajanan yang mereka mau," ucapnya.

Kebaikan Cinta menjadi suatu pengalaman baru untuk anak-anak tersebut. Tak berhenti disitu saja, Cinta juga memberikan bantuan lain berupa tabungan di rekening untuk masa depan mereka.

 

3 dari 4 halaman

Rekening Bank

Wanita kelahiran Jerman ini mengaku jika ia akan mengisi tabungan tersebut setiap bulannya. Cinta berharap jika tabungan itu kelak menjadi bekal bagi anak-anak tersebut setelah lulus dari bangku SMA. "Dan semuanya aku bukain rekening bank, yang mereka nggak bisa sentuh sampai umur 17 tahun," ucap Cinta.

"Setiap bulan berkala aku masukin uang ke situ karena aku ingin mereka punya simpanan saat lulus SMA nanti. Boleh untuk lanjut kuliah, boleh untuk memulai sebuah bisnis," pungkasnya. Video tersebut menuai beragam komentar dari warganet. Banyak yang terkesima dengan kebaikan Cinta. Di usianya yang masih tergolong muda, Cinta mampu memberikan bantuan untuk orang yang membutuhkan.

"Nangis banget, gak sia2 Tuhan menitipkan harta untuk orang2 yg smart dan berempati tinggi seperti cinta laura ini," komentar seorang warganet.  "bayangin dia nabung untuk 5 anak itu dari hari ini sampai mereka 17 thn nanti, sungguh-sungguh luar biasa, respect," komentar warganet lainnya.

"Dari sini aku sadar banget bahwa "aku kurang bersyukur". Terima kasih Cinta Laura Khiel sudah membuka hati ini," tulis warganet lainnya.

Selain berjiwa sosial tinggi, tak seperti kebanyakan artis lainnya yang hidup glamor, Cinta Laura lebih memilih gaya hidup sederhana. Artis lulusan Columbia University ini jarang membeli barang-barang dengan harga setinggi langit.

4 dari 4 halaman

Diajari untuk Bersyukur

Saat menjadi bintang tamu program 'Kick Andy' belum lama ini, Cinta Laura ditanya, apa yang membuatnya memiliki mindset untuk hidup tanpa bermewah-mewahan. Pertama, karena dia merasa percaya diri dengan dirinya sendiri di luar hal material.

"Jadi aku tahu bahwa aku dengan cara berpikir aku, dan kepribadian aku, itu cukup. Kalau ada orang di luar sana yang tidak nyaman dengan aku karena merasa hidup aku kurang glamor atau kurang memenuhi standar mereka, itu bukan masalah aku," jelas Cinta Laura. "Buat aku itu adalah indikasi jelas bahwa memang kita tidak cocok ada dalam hidup satu sama lain," bintang film Jagat Arwah itu menyambung pernyataan.

Didikan kedua orangtua juga memberi pengaruh besar pada pola pikirnya. Sejak kecil, Cinta Laura selalu diajari untuk bersyukur dengan hidupnya yang lebih beruntung dari sebagian orang di luar.

"Misalnya lihat pengemis di luar kaca mobil, mamaku sering ngomong 'Tuh, Cinta, look how blessed you are, buat orang itu 5 ribu rupiah bisa untuk makan seharian, kamu dengan gaya hidup kamu bisa enggak survive dengan uang 5 ribu atau 10 ribu?" ungkapnya.

Sang ayah juga mendidik Cinta untuk berpikir ulang setiap kali hendak membeli barang mahal. Dia selalu diberi pembanding untuk mengukur apakah layak menghabiskan sejumlah uang untuk membeli sesuatu.

"Sama seperti papa aku misal aku beli laptop harga 10 juta, papaku juga akan bilang, 'Bayangin kamu bisa ngegaji berapa orang? Atau bisa beli apa dengan 10 juta?' Jadi selalu ada perbandingan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.