Sukses

Kawasan Tempat Tinggal Meghan Markle dan Harry Terancam Diterjang Banjir Bandang

Otoritas California meminta agar warga yang tinggal di Montecito, kawasan hunian Meghan Markle dan Harry, untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan banjir telah diumumkan otoritas California dan berlaku untuk 90 persen penduduk California, termasuk di kawasan Montecito, tempat tinggal Meghan Markle dan Pangeran Harry di Amerika Serikat (AS). Seluruh penduduk yang terdampak penggumuman itu diperintahkan untuk segera pergi ke tempat yang lebih aman.

Dinas Pemadam Kebakaran setempat juga menyampaikan penduduk yang tinggal di Toro Canyon, Padaro Lane di Carpinteria, dan Sycamore Canyon di Santa Barbara juga harus dievakuasi. Dikutip dari The Sun, Selasa (10/1/2023), dilaporkan setidaknya 12 orang tewas akibat cuaca ekstrem yang terjadi di California dalam 10 hari terakhir.

Serangkaian badai dahsyat yang memicu angin berbahaya, tanah longsor, dan hujan deras telah melanda negara bagian itu. Sebagian besar warga California berada di bawah peringatan waspada banjir selama dua hari ke depan karena sungai atmosferik, fenomena alam yang dipicu kelembapan tinggi memanjang dari daris lintang tropis menuju kutub dan ditandai aliran air yang deras, menghantam negara bagian itu.

Dua fenomena cuaca yang tumpang tindih, yakni sungai atmosferik dan siklon bom, telah menyebabkan banjir yang merusak selama seminggu terakhir. Badai, dengan kecepatan angin hampir 100 mph, memaksa ribuan orang hidup tanpa listrik dan menyulitkan perjalanan penduduk. 

Setelah serangan badai pada akhir Desember 2022, Gubernur California Gavin Newsom memperingatkan warganya bahwa mereka masih akan 'menghadapi yang terburuk beberapa hari ke depan.'

"Banjir bandang telah membunuh lebih banyak orang dibandingkan bencana alam lain," kata Direktor Layanan Darurat California, Nancy Ward pada Minggu, 8 Januari 2022. Badai diperkirakan akan terus berlanjut hingga pertengahan minggu ini.

"Durasi panjang dan intensitas hujan, dikombinasikan dengan efek kumulatif dari peristiwa hujan lebat berturut-turut sejak akhir Desember, akan menyebabkan dampak banjir yang meluas dan berpotensi signifikan," kata Pusat Prediksi Cuaca Layanan Cuaca Nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumah Mewah

Harry dan Meghan mendiami hunian mereka di Montecito, California, dengan kedua anaknya, Archie Harrison dan Lilibet sejak Juni 2020. Rumah mereka dilaporkan bernilai 11,2 juta pound sterling atau setara Rp214 miliar.

Rumah mewah Harry dan Meghan memiliki total sembilan kamar tidur dan 16 kamar mandi. Dilaporkan pula hunian mereka memuat rumah tamu terpisah dengan dua kamar tidur dan dua kamar mandi.

Ruangan lain yang diungkap Meghan dan Harry sejak pindah ke rumah tersebut adalah ruang tamu. Hal tersebut terlihat pertama kali saat Meghan tampil di episode America's Got Talent.

Lewat beberapa rekaman video terungkap interior rumah pasangan Sussex tersebut. Dikutip dari Hello Magazine, ruang tamu mereka dihiasi dinding dan furnitur berwarna krem, aksen serupa seperti di dapur. Sentuhan lainnya berupa tiga panjangan dinding yang dilaporkan sebagai hadiah dari teman dekat mereka, Oprah Winfrey. Ada pula vas bunga, lilin, dan tumpukan buku.

Ruang lain yang tampak dari rumah Meghan dan Harry adalah perapian batu bata besar dengan dinding putih. Terlihat pula bingkai hitam dan tanaman di salah satu sudut ruang. Menurut laporan Elle, terdapat lilin Diptyque Tuberose di belakang ibu anak satu tersebut. Lilin dari brand asal Prancis ini dijual seharga 68 dolar AS atau setara Rp1 juta.

3 dari 4 halaman

Pemilik Sebelumnya

Pemilik sebelumnya dari "Chateau of Riven Rock," sebutan untuk rumah Meghan dan Harry, adalah pengusaha Rusia, Sergey Grishin. Ia membeli properti tersebut pada 2009.

Rumah itu dikelilingi taman hijau yang rimbun dan menghadap ke laut. Bukan itu saja, rumah tersebut juga memiliki gudang anggur, area bermain, dan garasi untuk lima mobil.

Ada pula fasilitas gym, spa, bioskop, guest house terpisah, lapangan tenis, dan kolam renang. Juga, terdapat kebun bunga, rumah teh, dan cottage anak-anak.

Pemandangan indah di kawasan Montecito, Santa Barbara terkenal akan rumah-rumah di bukit yang menawarkan privasi terjaga. Pesona ini pun menarik sederet pesohor untuk tinggal, termasuk Oprah Winfrey, Tom Cruise, dan Ellen DeGeneres. Meghan dan Harry membeli rumah itu pada 2020, setelah berhenti dari tugas kerajaan.

Meghan dan Harry sempat tinggal sejenak di Kanda sebelum kemudian pindah ke AS. Kediaman mereka sebelumnya, Frogmore Cottage di Windsor diserahkan kepada Putri Eugenie yang tinggal di sana bersama suaminya, Jack Brooksbank dan putra mereka, August.

 

4 dari 4 halaman

Ocehan Meghan

Terlepas dari kediamannya, keluarga Harry dan Meghan terus disorot menyusul kontroversi pengakuan Harry soal keluarga Kerajaan Inggris, termasuk cerita para istri, yakni Meghan Markle dan Kate Middleton. Dilansir dari People dan Elle, Jumat, 6 Januari 2023, dari petikan memoarnya, Spare, yang didapat Daily Mail, terdapat komentar Harry mengenai pertengkaran kedua wanita ini, yang terjadi sebelum pernikahan keduanya digelar pada 2018.

Pangeran Harry dilaporkan merinci dalam bukunya bahwa ada perbedaan pendapat soal waktu pelaksanaan gladi resik pernikahan dan busana gadis pembawa bunga. Rupanya ada sesuatu dalam diskusi ini yang membuat Kate tersinggung. Ibu tiga anak itu disebut Meghan memiliki "baby brain because of her hormones.” Maksudnya, kondisi hormon Kate Middleton yang baru melahirkan memengaruhi pikiran wanita ini.

Sebulan sebelum pernikahan Meghan dan Pangeran Harry, Kate Middleton baru melahirkan anak ketiganya, Pangeran Louis. Seorang sumber kemudian menjabarkan apa yang terjadi kala itu, gara-gara komentar ini.

"(Komentar ini) menimbulkan pertengkaran hebat karena Meghan ditegur dan disebut ia tak sedekat itu dengan sang ipar sampai bisa membicarakan soal hormonnya, dan cara bicara seperti ini juga tak dilakukan anggota keluarga kerajaan satu sama lain," kata sumber. Sebaliknya, Meghan jadi tersinggung gara-gara teguran itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.