Sukses

6 Fakta Film M3GAN, Sosok Boneka Hidup Diperankan 2 Orang Aktris

M3GAN merupakan film horor yang mengisahkan tentang boneka yang seperti makhluk hidup karena sudah ditanamkan teknologi mutakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Film M3GAN yang dibaca Megan, sudah rilis di jaringan bioskop Indonesia mulai Rabu 4 Januari 2023. Film horor ini mengisahkan tentang boneka yang seperti makhluk hidup karena sudah ditanamkan teknologi mutakhir.

Indonesia termasuk negara yang lebih dulu mendapat jadwal rilis reguler, karena film ini baru tayang di bioskop Amerika Serikat pada hari ini, Jumat (6/1/2023).  Film horor ini berfokus pada robot AI bernama M3GAN (Model 3 Generative Android) yang menjadi teman gadis yatim piatu bernama Cady (Violet McGraw).

Genma (Allison Williams), pembuat robot yang juga tante dari Cady, memberikan boneka tersebut untuk menjadi teman Cady. Bukannya jadi teman, M3GAN malah bertindak di luar nalar. Disutradarai oleh Gerard Johnstone, berikut beberapa fakta film M3GAN yang dilansir dari laman Collider dan beberapa sumber lainnya.

1. Ditulis James Wan

Bila dilihat dari trailernya, cerita film M3GAN terlihat sangat menegangkan dan menarik untuk disaksikan. Hal itu tidak mengherankan karena naskah film ini ditulis oleh James Wan.

Sutradara dan penulis naskah berkebangsaan Australia yang lahir di Malaysia tersebut terkenal setelah menyutradarai film horor laris seperti The Conjuring dan Annabelle. Film-film yang disutadarai maupun ditulis oleh Wan hampir semua sukses dan dibuatkan sekuelnya.

2. Taylor Swift

Lagu Taylor Swift, "It's Nice to Have A Friend" dan Bella Poarch, "Dolls" menjadi soundtrack film horor thriller ini. Lagu yang dibawakan keduanya sangat mendukung alur cerita sehingga membuat suasana terasa makin mencekam saat mendengarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tak Ada Unsur Supranatural

Film-film horor kreasi Wan biasanya menampilkan teror atau karakter antagonis yang berelemen supranatural. Tengok saja Dead Silence dan Annabelle. Kedua film ini menampilkan boneka yang dirasuki oleh roh jahat.

Nah M3GAN untuk pertama kalinya tidak akan memakai formula seperti itu. Film ini tidak memiliki elemen supranatural. Seperti yang kita lihat di trailer, penyebab M3GAN menjadi monster pembunuh, karena pemrograman perintahnya yang mengalami malfungsi hebat.

4. 13 Tahun Keatas

Tidak seperti film-film horor Wan sebelumnya yang memiliki rating dewasa (R-rated). M3GAN memiliki rating PG-13 atau untuk 13 Tahun Keatas. Jadi apabila ingin membawa adik, keponakan, atau anak yang masih SMP, masih cukup aman.

Tapi perlu Anda ingat, filmnya tetap akan menampilkan elemen pembunuhan dan kematian. Jadi, pastikan Anda membimbing mereka ketika menontonnya. Apabila dirasa adegannya terlalu sadis, Anda mungkin bisa menutup kedua mata mereka.

5. Pemeran Boneka M3GAN

Meski sosok M3GAN adalah boneka android, namun sosoknya di film ini bukanlah hasil dari ciptaan CGI komputer. M3GAN justru diperankan oleh dua aktris cilik.

Yang menjadi fisik M3GAN adalah pendatang baru, Amie Donald. Amie dalam memerankan M3GAN, mengenakan kostum boneka. Sedangkan yang menyuarakannya adalah Jenna Davis.

3 dari 4 halaman

6. Viral di TikTok

Meski baru akan dirilis pada Januari 2023 mendatang, cuplikan trailer M3GAN sudah viral di TikTok. Dalam cuplikan trailer itu, terlihat boneka robot M3GAN sedang menari dengan luwes. Tarian boneka M3GAN tersebut ditiru oleh warganet hingga menjadi viral di platform Tiktok menjelang akhir tahun 2022.

Kisah film ini dimulai ketika pakar robotik bernama Gemma mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk ditanamkan pada boneka berbentuk mirip manusia, diberi nama M3GAN. Saudara Gemma belum lama ini meninggal dunia, membuat hak asuh Cady, putri almarhum jatuh padanya.

Tak ingin keponakannya kesepian, Gemma memberikan M3GAN untuk Cady.  Boneka yang diberikan merupakan purwarupa, lantaran produknya belum dilempar ke pasar.

Awalnya semua terlihat baik-baik saja. Namun M3GAN berubah jadi protektif dan memiliki keinginan sendiri. M3GAN bahkan tak segan melukai bahkan membunuh orang yang menganggu Cady. Sosok M3GAN menambah panjang film horor yang menampilkan sosok boneka mengerikan sebagai konflik utama.

 

4 dari 4 halaman

Boneka Penebar Maut

Salah satunya adalah Child’s Play. Dirilis pada 1988, film Child’s Play menjadi awal perjalanan seorang kriminal memindahkan jiwanya pada boneka rilisan pabrik ‘Good Guy’ bernama Chucky. Sudah 34 tahun berlalu, Child’s Play sudah dibuatkan tujuh jilid dan satu reboot.Kisah boneka laki-laki yang menghabisi korbannya dengan sadis kini berlanjut ke serial televisi, yang di tahun 2023 ini memasuki musim ketiga.

Selain itu, ada Boneka Annabelle pertama kali diperkenalkan dalam film The Conjuring (2013), sebelum dibuatkan film sendiri pada 2014. Hingga kini, Annabelle sudah memiliki tiga jilid. Boneka Annabelle sendiri memang ada dan awalnya diproduksi di Amerika Serikat.Sempat menebar teror pada 1971, boneka itu kini disimpan di museum milik Ed dan Lorraine Warren di kota Monroe, Connecticut, AS.

Sineas Indonesia juga pernah mengangkat kisah boneka penebar maut, salah satunya The Doll yang dibintangi Shandy Aulia dan Denny Sumargo. Gara-gara membawa pulang boneka berbentuk anak perempuan dari proyek pembangunan tempatnya bekerja, Daniel dan Anya diteror kejadian mistis.

Premis The Doll yang rilis 2016 cukup sukses menyedot perhatian penonton Indonesia, hingga dibuatkan tiga jilid. The Doll 3 yang rilis 2022 menampilkan boneka laki-laki bernama Bobby yang tak kalah kejam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.