Sukses

Profil Eiichiro Oda, Penulis Manga One Piece yang Baru Saja Berulang Tahun ke-48

Eiichiro Oda telah melalui jalan panjang sebelum akhirnya dikenal luas sebagai penulis One Piece.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Eiichiro Oda, mangaka penulis One Piece yang baru saja berulang tahun kemarin, Minggu, 1 Januari 2023. Diketahui Oda kini genap berusia 48 tahun, dengan para penggemar mengucap selamat dan banyak doa baik di hari lahirnya melalui sejumlah komentar online.

Melansir IMDb, Selasa (2/1/2023), Oda merupakan penulis manga kelahiran Kumamoto, Jepang, 1 Januari 1975. Saat masih kecil, Oda terinspirasi viking dan bercita-cita jadi seorang seniman manga.

Ia kemudian mengirimkan karakter bernama Pandaman untuk manga gulat klasik Yudetamago Kinnikuman. Ini kemudian tidak hanya digunakan dalam satu bab manga, tapi muncul kembali sebagai karakter kameo berulang dalam karya Oda sendiri.

Saat berusia 17 tahun, ia menyerahkan karyanya, Wanted!, pada 1992, dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk juara ke-2 dalam penghargaan manga Tezuka. Pada usia 19 tahun, Oda bekerja sebagai asisten Nobuhiro Watsuki di manga Rurouni Kenshin, sebelum memenangkan Hop Step Award untuk kategori seniman manga baru.

Ia telah menggambar cerita one-shot bertema bajak laut berjudul Romance Dawn. Pada 1997, One Piece muncul untuk pertama kali di majalah Weekly Shonen Jump edisi #34 dan langsung jadi salah satu manga terpopuler di Jepang, setelah serial Dragon Ball.

Pengaruh terbesar bagi Eiichiro Oda dalam berkarya adalah Akira Toriyama, yang juga dikenal sebagai pencipta Dragon Ball dan Dr. Slump. Ia dan Toriyama telah membuat manga one-shot berjudul Cross Epoch, sebuah persilangan yang berisi karakter dari Dragon Ball dan One Piece.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri Khas Karya

Sebagai mangaka, Eiichiro Oda memiliki ciri khas, yakni selalu menyertakan setidaknya satu atau sekelompok karakter dengan perilaku atau kebiasaan aneh. Ia juga selalu memiliki setidaknya satu karakter yang mengeluarkan ledakan emosi dengan mata melotot dan mulut terkulai lebih lama dari biasanya.

Dalam trivia, disebutkan bahwa menggambar binatang adalah salah satu hobi utama Oda. Ia adalah penggemar berat Pirate Lego. Dalam sebuah wawancara untuk Shonen Jump, Oda menyebut bahwa penjahat favoritnya di One Piece adalah Buggy the Clown.

Salah satu ciri yang membuat penyuka makanan Meksiko ini terkenal adalah memasukkan telur paskah ke dalam manga One Piece-nya untuk dilihat para penggemar. Ini termasuk karakter Sam-San, Minatomo-San, Pandaman, dan logo Doskoi Panda.

Bajak laut asli favoritnya adalah Blackbeard alias Edward Teach. Tiga film favorit Oda adalah Seven Samurai, The Nightmare Before Christmas, dan Young Guns.

Pada 2004, ia menikah dengan Chiaki Inaba, yang pernah memerankan Nami selama pertunjukan panggung Jump Festa One Piece. Seperti kebanyakan mangaka, ia cenderung merahasiakan kehidupan pribadinya dan jarang mengomentari apapun yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, lapor CBR.

 

3 dari 4 halaman

Tinggal Terpisah

Saat ini, Oda dan Inaba masih bersama. Meski Oda tinggal terpisah karena jadwalnya yang padat, mereka masih sering bertemu.

Ketika cerita Oda dan Inaba muncul, penggemar dengan cepat menunjukkan bahwa mangaka tersebut telah menikah dengan orang yang mirip dengan karakternya di kehidupan nyata. Memang, Nami adalah karakter cosplay yang populer, tapi Inaba dinilai menonjol dari yang lain.

Ia disebut sangat mirip dengan Nami, terutama versi karakter pra-time-skip, yakni sebelum Nami menumbuhkan rambutnya. Oda sendiri awalnya merencanakan serial One Piece berlangsung selama lima tahun, dan sudah merencanakan akhirnya.

Tapi, ceritanya terus berlanjut jauh melampaui harapannya, dan popularitasnya telah membengkak jadi sangat besar. Ia adalah penggemar rapper Eminem, pembuat film Quentin Tarantino, dan Tim Burton, yang tercermin dalam karyanya.

Diketahui bahwa desain Enel atau Eneru adalah penghormatan pada Eminem, dan desain Spandam adalah penghormatan yang mungkin ditujukan pada pegulat WWE Mankind. Anehnya, dalam Jajak Pendapat Penggemar Jepang, beberapa waktu lalu, Oda menduduki peringkat ke-48 Karakter Paling Populer di One Piece, meski faktanya ia tidak pernah memasukkan dirinya ke dalam edisi manga mana pun.

4 dari 4 halaman

Jelang Saga Terakhir

Pertengahan tahun lalu, pengguna Twitter dan pembocor One Piece terkemuka @ScotchInformer mengunggah versi terjemahan berisi pesan Oda untuk para penggemar menjelang saga terakhir, lapor Sports Keeda. Terjemahan tidak resmi dilakukan Etenboby, nama lain yang memiliki reputasi baik dalam komunitas "pembocor" serial tersebut.

Pesan ini merayakan seberapa jauh Oda dan serialnya telah berkembang dan menggoda saga terakhir One Piece. Pesan tersebut juga mengklaim bahwa hanya ada "sedikit sisa busur Wano," kemungkinan berarti 1054 akan jadi salah satu masalah terakhir untuk arc tersebut.

Versi terjemahan pesan Oda oleh One Piece leaker @ScotchInformer dimulai dengan ia merenungkan masa kecilnya, di mana ia bermimpi dan bertanya-tanya apakah ia bisa membawa serial manga ke "tahap akhir yang paling hype." Ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa persiapan sudah selesai dan ia sekarang hanya memiliki sedikit arc Wano yang tersisa.

Oda kemudian menertawakan bagaimana ia "hanya" membutuhkan waktu 25 tahun untuk sampai ke sini. Ia kemudian mengatakan tidak apa-apa jika pembaca "mulai membaca dari titik ini," sejak saat ini, itu akan jadi "(the) ONE PIECE," kemungkinan merujuk pada harta eponymous dari serial dan inti dari plot-nya.

Ia kemudian menggoda apa yang bisa diharapkan penggemar di tahun-tahun mendatang saat serial ini mendekati akhir, mengatakan bahwa ia akan menggambar semua "misteri dunia" yang masih banyak tersisa. Oda mengakhiri pesannya dengan mengatakan itu akan "sangat menarik" dan memberi tahu pembaca untuk mengencangkan sabuk pengaman mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.