Sukses

Main di Avatar 2, Kate Winslet Pecahkan Rekor Adegan Tahan Napas di Bawah Air

Kate WInslet mengungkap kunci kesuksesannya jalani adegan tahan napas di bawah air di film Avatar: The Way of Water

Liputan6.com, Jakarta - Aksi Kate Winslet di film sekuel Avatar menarik banyak perhatian. Salah satunya karena ia melakukan persiapan khusus untuk perannya dalam film Avatar: The Way of Water. Kate bahkan mencetak rekor baru sebagai orang yang menahan napas terlama untuk sebuah film.

Melansir Independent, Kamis (15/12/2022), dia tetap di bawah air selama tujuh menit dan 15 detik, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Tom Cruise lewat film Mission: Impossible – Rogue Nation (2015). Sepertinya sifat kompetitif Kate mendorongnya untuk menguji batas kemampuannya.

"Saya tidak perlu menahan napas selama lebih dari tujuh menit," ungkap Kate dalam sebuah wawancara baru-baru ini.  "Hanya saja kesempatan untuk membuat rekor muncul dengan sendirinya. Saya ingin memecahkan rekor saya sendiri, yaitu enam menit dan 14 detik di film Titanic. Jadi saya memecahkan rekor saya sendiri dalam satu menit," sambungnya.

Pencapaian ini tentunya bukan main-main karena Tom Cruise terkenal dengan stamina fisik yang luar biasa, dibandingkan aktris Inggris ini. Namun Kate sukses melakukannya dengan melakukan pengondisian fisik dan mental optimal.

Bahkan Kate juga mempraktikkan latihan pernapasan ini dengan anak-anaknya. "Saya lebih tertarik pada latihan pernapasan sekarang. Dan itu sangat menenangkan," ucap aktris berusia 47 tahun tersebut.

Kate mengaku berusaha bertahan di bawah air dengan fokus pada pikirannya, selain juga melakukan berbagai pelatihan fisik sebelumnya. Aktris peraih Oscar itu menilai kunci kesuksesanya adalah pola pikir untuk menenangkan pikiran, memperlambat segalanya sehingga mampu bertahan selama mungkin di bawah air.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Sembarang Orang

Menurut sutradara James Cameron, Kate sangat serius mempersiapkan dirinya. "Dia melakukan penyelaman bebas sebagai sesuatu yang dia bisa membangun karakternya," terang Cameron. "Itu karena karakternya tumbuh di bawah air. Jadi dia harus benar-benar tenang di bawah air, dan ternyata dia alami," lanjutnya.

Adegan laut dalam dalam film baru ini mengharuskan banyak pemeran untuk merasa nyaman di bawah air dan berlatih menahan napas selama beberapa menit setiap kali. Hal itu juga dilakukan pemain lainnya. Zoe Saldaña, berhasil menahan napas selama lima menit, dan Sigourney Weaver, yang mencapai enam setengah menit, menurut wawancara Times.

"Rasanya sangat menantang untuk menahan napas di bawah air untuk waktu yang lama," kata Joy Miles, instruktur kebugaran kelompok dan pelatih ketahanan bersertifikat. Menurut Miles, prestasi Kate Winslet menunjukkan dia memiliki kontrol ekstrem dengan mengatur pernapasan dan keluaran karbon dioksida.

Hal itu membuat Joy Miles tidak merekomendasikan sembarang orang untuk mencoba sesuatu seperti ini sendiri. "Menahan napas lebih dari dua menit berpotensi menurunkan aliran oksigen ke otak, menyebabkan pingsan dan dalam kasus ekstrim, kerusakan otak," terangnya.

"Di jantung, kekurangan oksigen dapat menyebabkan kelainan ritme dan memengaruhi kerja pemompaan jantung. Jadi, menahan napas di bawah air selama beberapa menit bukanlah keterampilan yang perlu dipelajari kebanyakan orang, tetapi berenang sangat bagus untuk paru-paru Anda," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Pemutaran Perdana

Film Avatar: The Way of Water disutradarai oleh James Cameron dan diproduksi oleh Cameron dan Jon Landau, serta Lightstorm Entertainment. Di Indonesia, sekuel dari film Avatar ini sudah tayang di bioskop mulai hari ini, Kamis (15/12/2022).

Sebelum akhirnya resmi masuk bioskop pada pertengahan Desember 2022, film Avatar 2 sudah lebih dulu ditayangkan dalam acara pemutaraan perdana di London, Inggris dan Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Sementara nuansa dekorasinya begitu meriah, ada pesan lain yang dibawa para pesohor di karpet merah, yakni fesyen ramah lingkungan.

Merujuk keterangan pers pada Liputan6.com, baru-baru ini, Zoe Saldaña, Henry Cavill, Suzy Amis Cameron, dan James Cameron, yang harus absen dalam pemutaran perdana film Avatar: The Way of Water di Los Angeles karena positif COVID-19, mengenakan busana rancangan, serta membawa aksesori yang terbuat dari serat TENCEL dan benang filamen TENCEL LUXE.

Mereka mewakili RCGD Global di karpet merah, yang mana busananya dipilih berdasarkan arahan gaya terbaru yang diluncurkan pihak organisasi. Global Vice President of Marketing and Branding di Lenzing AG, Harold Weghorst, berkata, "TENCEL telah memiliki kemitraan jangka panjang dengan RCGD Global dalam mempromosikan eco-couture di Oscar."

 

4 dari 4 halaman

Material Berkelanjutan

"Kami sangat bangga dapat memperluas kemitraan ini ke karpet merah lainnya guna mempromosikan lebih jauh lagi penggunaan material berkelanjutan dalam fesyen mewah dan selebihnya," tuturnya. "Ajang karpet merah tidak hanya menjangkau audiens lebih luas, tapi juga jadi platform yang baik untuk mendemonstrasikan bahwa fesyen dapat jadi berkelanjutan."

Di Los Angeles, Zoe Saldaña tampil di karpet merah pemutaran perdana film Avatar 2 dengan membawa clutch hitam oleh Tyler Ellis yang dilapisi kain terbuat dari serat yang diklaim dapat terurai. Dengan Petra Flannery sebagai penata gaya, garis desain tas yang berwarna biru itu selaras dengan tema warna Avatar.

Pada acara yang sama, aktor Inggris Henry Cavill mengenakan mantel double-breasted dengan kerah puncak dan saku lurus, dibuat Huntsman menggunakan serat TENCEL Lyocell. Ansembel itu juga dilengkapi garis pinggang yang kuat dan lubang lengan yang tinggi.

Sebelumnya di London, James Cameron mengenakan tuksedo hitam klasik Huntsman yang terbuat dari serat lyocell. Suzy Amis Cameron pun terlihat memukau dalam gaun Vivienne Westwood yang etis dan ramah lingkungan, terbuat dari kain biru tua mewah menggunakan serat TENCEL Lyocell.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.