Sukses

Detail Gaun Lyodra di Asia Artist Awards 2022, Dikerjakan Cuma 2 Minggu

Lyodra merupakan satu-satunya wakil Indonesia di Asia Artist Awards 2022, dan ia berhasil menerima penghargaan Asia Celebrity kategori penyanyi.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Lyodra Ginting masih berada di tengah lampu sorot atensi publik karena kehadirannya di Asia Artist Awards (AAA) 2022. Tidak hanya warganet Indonesia, pesona penyanyi berusia 19 tahun itu juga sukses menarik perhatian penonton Korea Selatan.

Sementara kemahiran bernyanyinya tidak perlu dipertanyakan lagi, kesempurnaan penampilan Lydora juga ditunjang dua gaun tidak kalah menawan. Itu ternyata merupakan rancangan desainer Indonesia, Julianto.

Kepada Liputan6.com, ia bercerita bahwa dua minggu sebelum Lyorda menghadiri AAA 2022, ia dihubungi langsung manajemen yang menaungi penyanyi itu. "(Saya) ditunjuk membuat seluruh pakaian yang digunakan Lyorda selama penampilan di Asia Artist Award (2022) di Jepang," katanya melalui pesan, Rabu (14/12/2022).

Julianto mengatakan, proses desain busana tersebut menyesuaikan lagu yang dibawakan Lyorda. Ia berbagi, "Dari lagu tersebut, baru saya tuangkan inspirasi desain gaun yang digunakan Lyorda dan saya ingin desain saya dapat menggambarkan cerita dari lagu yang ditampilkan."

Total, perancang mode itu menyiapkan tiga desain untuk Lyorda. Pertama, yang dipakai pemenang Indonesian Idol 2020 itu di karpet merah. Melalui gaun itu, si desainer ingin membuat Lyorda mendapatkan momen menangkap mata semua yang menghadiri acara tersebut.

"Desain gaun yang dipakai sangat elegan, ditambah detail fringe dan drape di bagian pundak sebagai pernyataan gaya," ia menuturkan.

Gaun kedua, yang dikenakan Lyodra Ginting saat membawakan lagu Sang Dewi, membawa nuansa keanggunan romantis dengan detail full white butterfly hand beaded dari bawah gaun sampai ke bolero. Aksen ini, disebut Julianto, bermaksud memberi kesan dreamy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Busana yang Belum Teungkap

Julianto menyambung, sebenarnya ada satu lagi busana yang ia siapkan, namun belum terlihat ke depan publik. Itu adalah set outer dan jumpsuit yang akan digunakan Lyorda saat duet dengan salah satu artis Korea. "Melalui busana itu, saya ingin memberi kesan penampilan strong dan joyful untuk Lyodra," katanya. 

Alih-alih mengaku kesulitan saat menyiapkan deretan busana tersebut, Julianto justru merasa tertantang. "Karena saya dan tim harus sangat sigap dalam menyelesaikan gaun Lyodra, fi mana kami hanya diberi waktu selama dua minggu," sebutnya.

Ia menyambung, "Juga, jadi tantangan tersendiri untuk mencocokan jadwal Lyorda yang sangat padat sebelum keberangkatan ke AAA (2022) karena dalam proses pembuatan busana, kami harus fitting untuk melihat apakah gaun tersebut terlihat bagus di Lyorda dan mengetahui apakah ada pengurangan atau penambahan detail."

Secara keseluruhan, Julianto mengatakan, si desainer ingin memperlihatkan kepribadian Lyorda yang elegan dan menyenangkan melalui busana-busana tersebut. "Karena itu, dari tiga (busana) rancangan saya, ada gaun yang sangat glam, lalu juga ada look yang youthful dan fun," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Menerima Penghargaan

Lyodra sendiri tidak bisa menutupi kebahagiaannya saat menerima penghargaan Asia Celebrity kategori penyanyi di AAA 2022. Berulang kali ia mengucapkan terima kasih untuk keluarga, label musik, dan manajemen yang telah membantunya. Pidatonya di atas panggung itu sempat ditanggapi Lee Teuk Super Junior yang membalasnya dengan berkata, "Terima kasih."

Perempuan kelahiran 21 Juni 2003 itu kembali menyampaikan rasa terima kasihnya lewat akun media sosial. "Saya sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan terhadap karya saya. Pencapaian saya saat ini tidak akan mungkin terjadi tanpa bantuan orang-orang hebat dan tulus yang telah memercayai saya sejak saya memulai karier saya," tulis Lyodra dalam bahasa Inggris.

Melansir Koreaboo, Lyodra dilaporkan menarik perhatian penggemar K-Pop di dunia maya. Akun penggemar Stray Kids di Twitter, @hnjiqkka, mengunggah fotonya saat berjalan di karpet merah AAA 2022, bertanya pada warganet siapa wanita yang dimaksud karena "ia sangat cantik."

Kicauan tersebut jadi viral, dengan beberapa pengguna mengungkap bahwa wanita itu adalah penyanyi Indonesia bernama Lyodra.

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Pemenang AAA 2022

Melansir Soompi, berikut daftar lengkap pemenang AAA 2022:

Daesang

Actor of the Year: 2PM’s Lee Junho

Singer of the Year: SEVENTEEN

Song of the Year: IVE (“LOVE DIVE”)

Album of the Year: Stray Kids

Performance of the Year: NewJeans

Stage of the Year: Lim Young Woong

 

Best Artist (penyanyi): ITZY, THE BOYZ, THE RAMPAGE from EXILE TRIBE

Best Artist (aktor): Han So Hee, Park Min Young, Seo In Guk

Best Actor: Kim Sejeong, Girls’ Generation’s Kwon Yuri, Lee Jae Wook, U-KISS’s Lee Jun Young

Best Musician: Choi Ye Na, LE SSERAFIM, TREASURE, NiziU, Peck Palitchoke

 

Best Acting Performance: WJSN’s Bona,  Super Junior’s Choi Siwon, Hwang Minhyun, Kim Young Dae

Fabulous Award: Lim Young Woong, SEVENTEEN

Scene-Stealer Award: Ryu Kyung Soo

 

Best Choice (penyanyi): KARD, Kep1er, PENTAGON, Stray Kids, WJSN CHOCOME

Best Choice (aktor): Kim Seon Ho

Best New Artist (penyanyi): IVE, LE SSERAFIM, NewJeansBest New Actor: Kang Daniel, Seo Bum June

 

Asia Celebrity (penyanyi): ITZY, BE:FIRST, Lyodra

Asia Celebrity (aktor): Kim Seon Ho, Girls’ Generation’s Kwon Yuri, Billkin, PP Krit

 

Emotive Award (penyanyi): CRAVITY, NMIXX

Emotive Award (aktor): Na In Woo

 

Hot Trend (penyanyi): IVE, Lim Young Woong, SEVENTEEN, NiziU

Hot Trend (aktor): 2PM’s Lee Junho, Park Min Young

 

AAA Icon (penyanyi): AleXa, VERIVERY

AAA Icon (aktor): Im Jae Hyuk

 

Idol Plus Popularity Award (penyanyi): BTS

Idol Plus Popularity Award (aktor): Kim Seon Ho

 

DCM Popularity Award (penyanyi): BLACKPINK, Lim Young Woong

DCM Popularity Award (aktor): Kim Sejeong, Kim Seon Ho

 

New Wave Award (penyanyi): Kep1er, NMIXX, TEMPEST

New Wave Award (aktor): Super Junior’s Choi Siwon, Hwang Minhyun

 

Best Achievement: Girls’ Generation’s Kwon Yuri

AAA Potential (penyanyi): Billlie, KINGDOM, LIGHTSUM, TFN

AAA Potential (aktor): Kang Daniel

 

AAA Focus (penyanyi): ATBO, Lapillus, TRENDZ

AAA Focus (aktor): THE BOYZ’s Ju Haknyeon

Best Producer: Seo Hyun Joo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.