Sukses

Detail Cincin Kawin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Berhiaskan 57 Berlian

Kaesang Pangarep secara khusus meminta desain cincin kawin bernuansa hitam yang dipenuhi berlian.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah berakhir. Tapi, detail perkawinan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu masih menarik untuk diulik. Salah satunya soal cincin kawin.

Pada Sabtu, 10 Desember 2022, keponakan Kaesang, Jan Ethes dan Sedah Mirah, bertugas membawa cincin kawin untuk kedua pengantin. Kaesang dan Erina pun langsung menunjukkan tanda ikatan cinta itu pada undangan yang memenuhi Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Cincin tersebut ternyata dibuat brand perhiasan lokal Mondial. Petronella Soan, Chief Operating Officer Central Mega Kencana, perusahaan yang membawahi label itu, mengungkap bahwa pihaknya pertama kali bertemu dengan Kaesang Erina pada 22 Juli 2022.

"Mereka memesan cincin nikah sejak enam bulan lalu. Kaesang secara secara spesifik menginginkan cincin dengan unsur warna hitam. Untuk mengakomodasi permintaan tersebut, pihak Mondial mengaplikasikan berlian hitam sebagai aksen pada cincin Kaesang. Modelnya seperti listring, garis lurus mengitari cincin," ia menjelaskan dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (13/12/2022).

Nella melanjutkan, cincin nikah Kaesang-Erina dilengkapi taburan berlian yang memiliki tingkat warna dan tingkat kejernihan F VVS, serta berlian Mondial Excellent Cut (MEC). Cincin kawin Kaesang dihiasi 51 butir berlian, sedangkan cincin nikah Erina memiliki 57 butir berlian, termasuk satu butir berlian MEC yang menjadi center stone. Selain berlian, kedua cincin tersebut juga menggunakan material emas dengan kadar 75 persen 18K.

"MEC merupakan berlian dengan performa cahaya paling cemerlang dan kemegahan yang sempurna. Berlian dengan sertifikasi MEC ini memiliki standar melampai standar penilaian 4C triple excellent dari Gemological Institute of America (GIA)," sambung Nella.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Butuh Waktu

Berkaca pada pengalaman Kaesang dan Erina, Nella menyarankan agar setiap calon pengantin mulai memesan cincin nikah beberapa bulan sebelum hari H. Utamanya yang menginginkan desain khusus.

"Cincin nikah merupakan simbol dari bersatunya cinta dan komitmen dua individu. Pada akhirnya, cincin nikah menjadi simbol yang akan selalu menemani pasangan dalam kehidupan sehari-harinya setelah pesta pernikahan usai," ia menambahkan.

Selain material pilihan, Mondial juga berinovasi dalam hal pelayanan pelanggan. Mereka menggunakan teknologi High-Definition Journey Monitor yang memungkinkan pelanggan melihat visual dari penjelasan yang diberikan Mondial di layar sentuh. Hal tersebut memudahkan pelanggan melihat perhiasan secara lebih detail.

"Tidak hanya berlian, Mondial juga menghadirkan mutiara murni pertama di dunia dengan sertifikat GIA dan kilau sempurna, yaitu Mondial Excellent Pearl," sambung dia. Khusus untuk koleksi terbaru, ia memperkenalkan Azure yang memadukan berlian dan safir biru untuk merayakan ulang tahun brand itu pada September 2022.

3 dari 4 halaman

Polah Nahyan

Tak hanya Kaesang dan Erina yang jadi bintang di hari pernikahan mereka, Panembahan Al Nahyan, anak kedua Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, juga menjadi sorotan selama rangkaian prosesi pernikahan berlangsung. Polahnya sampai membuat Presiden Jokowi "menyerah."

Ketika keluarga besar Presiden Jokowi tampak seragam mengenakan beskap dan kebaya selama acara berlangsung, Al Nahyan menolaknya. Saat acara ngunduh mantu digelar di Loji Gandrung, Solo, Al Nahyan bahkan terlihat hanya memakai kaus singlet.

Banyak warganet yang tergelitik dengan tingkah Al Nahyan ini. Sebagian dari mereka teringat kelakuan masa kecil melihat tingkah Nahyan yang sulit diatur.

Terkait tingkah putranya, Bobby Nasution pun meminta maaf pada Kaesang. Hal itu terlihat dari cuitan Bobby di akun Twitter-nya. Bersamaan dengan permintaan maaf itu, Bobby juga mengunggah momen Al Nahyan yang mengenakan singlet di acara bahagia Kaesang.

"Maafin Nahyan ya kak @kaesangp," tulis Bobby Nasution melalui akun Twitter @bobbynasution_.

Kaesang Pangarep pun menanggapi cuitan Bobby. Sebagai paman, ia memaklumi kelakuan keponakannya yang demikian. "Ya mau gimana lagi ya," tulis suami Erina Gudono ini. 

4 dari 4 halaman

Aksi Rombongan Teman Iriana

Bukan hanya tingkah Nahyan yang membuat geleng-geleng kepala, aksi spontan Iriana Jokowi dan teman-temannya saat bertemu di pelaminan Kaesang dan Erina tak kalah menjadi buah bibir. 

Iriana, yang tampak senang pernikahan putra bungsunya dihadiri teman-temannya, dengan semangat mengajak mereka berfoto bersama di pelaminan. Jika biasanya pengantin yang menjadi bintang utama, justru Iriana lah yang berada di tengah. Sosok Kaesang dan Erina sontak tertutup oleh keberadaan teman-teman ibunya.

"Pengantinnya aja gak diajak foto," sahut suami Erina Gudono itu terkait foto tersebut.

Kaesang juga kedapatan berkicau di Twitter, "Saya tidak kenal 99 persen yang datang ke resepsi pernikahan saya, tapi terima kasih."

Di salah satu video lain, Kaesang Pangarep terlihat melepas alas kakinya di pelaminan, dan dengan santainya tetap menyalami tamu undangan. Ketika disindir warganet, ia menjawab, "Sakit woi."

Momen viral lainnya dari pernikahan Kaesang dan Erina adalah aksi ponakan Kaesang Jan Ethes berjoget bareng Sedah Mirah Nasution. Sejumlah foto saat Ethes berjoget diunggah Gibran Rakabuming di Twitter. Ethes tampak luwes bergoyang sambil sesekali meliukkan tangannya. Sedah Mirah pun berupaya mengimbangi kelihaian kakak sepupunya itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.