Sukses

8 Inspirasi Gaya Kebaya Ibu Pejabat di Pernikahan Kaesang dan Erina

Dari kutubaru sampai kerah shanghai, simak sederet inspirasi gaya kebaya ibu pejabat di pernikahan Kaesang dan Erina.

Liputan6.com, Jakarta - Serba-serbi pernikahan Kaesang dan Erina masih berada di tengah lampu sorot atensi publik. Kali ini, Anda akan diajak melihat gaya kebaya para ibu pejabat yang boleh jadi inspirasi menarik.

Ya, baik di Yogyakarta maupun Solo, prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dihadiri berbagai pihak, mulai dari pejabat sampai selebritas. Di waktu-waktu itu, kebanyakan tamu undangan memakai busana tradisional, termasuk kebaya bagi para perempuan.

Secara lebih spesifik, berikut inspirasi gaya kebaya para istri pejabat dalam hajatan Kaesang dan Erina, akhir pekan kemarin:

Franka Franklin

Salah satu yang manis berkebaya adalah Franka Franklin, istri Menteri Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim. Pasangan itu tampil serasi dalam busana bernuansa abu dan cokelat.

Franka memilih kebaya abu muda berpotongan kutubaru full brokat yang pemakaiannya dipadankan dengan aksesori kalung menawan. Sebagai pelengkap, pebisnis ini juga menyampirkan selendang berwarna senada, alas kaki serasi, serta bawahan berupa kain cokelat yang serupa dengan suaminya.

Rambutnya ditata dalam sleek bun yang membuat tampilan sepasang antingnya jadi kian manis. Ia pun tersenyum tipis ke arah kamera ketika berpose bersama Nadiem.

Elizabeth Tjandra

Menteri BUMN Erick Tohir dan istrinya, Elizabeth Tjandra, sudah sibuk sejak awal prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Sementara di malam tasyakuran busana mereka serupa dengan Nadiem dan Franka, saat akad nikah di Yogyakarta, keduanya kedapatan memakai pakaian tradisional rancangan desainer Didiet Maulana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rancangan Didiet Maulana

Di unggahan akun Instagram-nya, baru-baru ini, Didiet Maulana bercerita tentang penampilan Erick Tohir sekeluarga. Salah satunya, perancang mode itu menjelaskan bahwa Elizabeth memakai kebaya model kartini berwarna merah muda dengan selendang sutera dan bros di tengah kerah kebaya.

"Keduanya (dengan Erick) memakai kain yang dibuat perajin batik Yogyakarta," sambung Didiet. Busana itu dipadukan bersama riasan yang membuat tampilan Elizabeth kian ayu, dengan makeup terkesan segar dan sanggul rendah yang membuat look-nya kian formal.

Atalia Praratya

Di kesempatan itu, hadir pula Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan istrinya Atalia Praratya. Kontras dengan Ridwan, Atalia memakai busana serba merah muda lembut. Kebayanya berpotongan kerah shanghai dengan aksen bordir dan detail tulle sebagai pemanis ansambel.

Di bagian bawah, kebaya itu berpotongan asimetris, membuat pernyataan gaya yang cukup menarik untuk memperlihatkan bawahan kain cokelat yang dipakai. Itu dipadukan Atalia dengan hijab segi empat yang simpel.

3 dari 4 halaman

Siti Atikoh

Melengkapi daftar panjang tamu undangan, hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istri, Siti Atikoh. Di kesempatan itu, Atikoh memilih busana tradisional terkesan simpel dengan absennya detail manik-manik di kebayanya.

Ia terlihat memakai kebaya berpotongan cukup panjang yang dihiasi bordir di sepanjang kancing dan bagian bawah busana. Itu dipadankan dengan kain dan hijab segi empat berwarna maroon nan serasi.

Puput Nastiti Devi

Pasangan pejabat lainnya yang memastikan kehadiran di pernikahan Kaesang dan Erina adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Puput Nastiti Devi. Keduanya tampil dalam palet busana tidak sama persis, namun terhubung dengan detail-detail manis.

Di unggahan yang dibagikan Nadiem di akun Instagram-nya, baru-baru ini, Puput terlihat memakai kebaya brokat berwarna biru elektrik yang dipasangkan dengan selendang cokelat. Aksen itulah yang kemudian jadi serasi dengan atasan batik yang dipakai Ahok.

Makeup-nya tampak natural dengan rambut ditata dalam sanggul rendah modern yang menyisakan poni samping di kedua sisi.

 

4 dari 4 halaman

Annisa Pohan

AHY dan Annisa Pohan juga tampil serasi ketika menghadiri tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina. Di kesempatan itu, Annisa tampil selaras dengan suaminya, memilih kebaya brokat biru elektrik dipadukan dengan bawahan kain gelap.

Itu juga serasi dengan hand bag yang dibawanya. Menyempurnakan penampilan, rambut Annisa ditata dalam sangggl Jawa klasik yang memberi kesan tampilan ayu dan tambahan aksesori manis, termasuk kalung.

Gista Putri

Gista Putri hadir bersama suaminya Wishutama ke tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina. Ia tampil manis dalam kebaya brokat panjang berwarna merah muda yang dipakai bersama kemben serasi. 

Atasan itu dipadankannya dengan kain bawahan berwarna cokelat, tatanan rambut dengan kesan sedikit messy, dan makeup yang semata memberi kesan tampilan segar.

Nur Asia Uno

Tidak ketinggalan, ada pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan istri, Nur Asia Uno. Senada dengan para istri menteri, Nur tampil manis berkebaya abu muda. Itu dipadukannya dengan hijab seri empat serasi yang simpel.

Sebagai pelengkap penampilan, ia juga memakai aksesori berupa gelang dan cincin berwarna kontras dengan kain bawahan cokelat yang dikenakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.