Sukses

YouTuber Ungkap Perbedaan Unik Beli Ayam Goreng di Korea dengan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Tiap negara punya kebiasaan yang berbeda, begitu pula soal makanan seperti ayam goreng. Makanan ini termasuk disukai banyak orang di berbagai negara, termasuk di Korea Selatan dan Indonesia.

Korea Selatan bahkan termasuk salah satu negara yang memiliki banyak restoran ayam goreng. Siapa sangka, penyajian ayam goreng di Korea Selatan dan Indonesia cukup berbeda.

Hal ini diungkap dalam unggahan pemilik akun TikTok @agakenyang_. Saat itu, wanita Indonesia yang tengah berada di Korea Selatan dan juga seorang YouTuber itu mengunjungi salah satu kedai ayam goreng ternama di sana.

Ia lalu menjelaskan tentang apa saja perbedaan yang ada di kedai tersebut. Berbeda dengan Indonesia, ayam goreng di sana ternyata tidak dijual per potong. Mereka menjual ayam goreng per porsi dengan isi satu ekor. Jadi, satu porsi bisa dimakan oleh beberapa orang. Harganya pun tak bisa dibilang murah.

"Kalau makan sendiri atau berdua bisa-bisa gumuh. Jadi mending makan ramai-ramai deh, dan biar lebih murah juga karena harga per porsinya bisa Rp250 ribuan," ungkap wanita ini dalam video tersebut. Lalu, tak ada saus sambal serta saus tomat yang tersedia di sana.

Untuk Anda yang ingin menyantap ayam goreng dengan saus, sebaiknya pilihlah menu ayam yang dimasak dengan saus. Kedai tersebut juga menyediakan acar lobak dengan cita rasa asam manis yang segar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kentang Goreng

Mereka tidak menyediakan nasi melainkan kentang goreng. Restoran ini juga menyediakan air minum gratis.  Sayangnya, air minum itu dingin karena udara di sana memang sedang dingin yaitu sekitar 3 derajat Celcius.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Auto makin gembul gue kalau tinggal di Korea," komentar seorang warganet. "Soalnya emang mereka beli ayam niatnya buat ngumpul-ngumpul sama teman kan, bukan buat makan berat," komentar warganet lainnya.

“Sama kayak di Thailand. Aku pengin makan tapi kebanyakan soalnya selalu pergi sendiri,” timpal warganet lainnya.  Sampai berita ini ditulis, unggahan pada sudah dilihat lebih dari 1,7 juta kali dan disukai lebih dari 184 ribu kali.

Beda lagi dengan pengalaman Luna Maya. Pada Mei lalu ia sempat berkunjug ke Korea untuk urusan pekerjaan. Di antara agendanya di kota Seoul, perempuan berdarah Bali ini kedapatan ditraktir makan siang oleh idol yang tidak asing lagi bagi banyak orang Indonesia, Choi Siwon.

Melalui unggahan di akun media sosialnya, Luna berbagi momen pertemuannya dengan Siwon. Sebelumnya, penggemar RM BTS ini sudah lebih dulu berbagi menu makan siang apa yang disantapnya bersama Siwon.

3 dari 4 halaman

Luna Maya dan Siwon

Bukan makanan Korea, mereka memilih kuliner Italia. Menunya dimulai dari salad sayuran, dilanjutkan creamy pasta dengan irisan jamur truffle yang mahal.

Masih varian pasta, mereka juga memakan spageti hitam yang dibuat dari tinta cumi, lengkap dengan potongan cumi yang tampak bertekstur kenyal. Tampak pula semacam gyeran jimm, yakni telur kukus khas Korea yang disajikan bersama potongan daun bawang.

Sebagai makanan penutup, Luna dan Siwon menyantap kue cokelat yang bercita rasa manis. Melalui video singkat di TikTok, Luna kedapatan melontarkan kalimat yang cukup menggegerkan para penggemar personel Super Junior tersebut.

Selain Luna Maya dan Youtuber Indonesia di Korea, sejumlah selebritas Korea yang pernah berkunjung ke Indonesia juga sempat mencoba berbagai makanan khas Indonesia.

Salah satunya adalah Chenle NCT. Ia sempat membagikan beberapa momen saat berada di Jakarta pada Oktober lalu melalui akun Instagram miliknya.  Dari semua foto yang ia bagikan, Chenle bisa dibilang lebih sering membagikan soal makanan.

4 dari 4 halaman

Makanan Laut dan Manggis

Ia memperlihatkan berbagai macam makanan Indonesia yang didapat, seperti buah-buahan, makanan dalam kemasan, dan makanan yang bisa diolah secara langsung. Tak disangka, makanan-makanan ini rupanya cocok di lidah pemilik nama asli Zhong Chenle ini.

Chenle mengunggah beberapa makanan yang ia nikmati kala berkunjung ke salah satu restoran di akun Instagram pribadinya. Makanan tersebut sepertinya berasal dari sebuah restoran makanan laut karena terdiri dari olahan udang, kepiting, dan ikan. Ia juga mencoba makanan lain, seperti tumis sayuran dan minum kelapa muda utuh.

Chenle juga membagikan makanan lain yang jadi favoritnya. Ia memperlihatkan sebuah boks berisi empat bungkus mi instan. Ia ternyata menyimpan Lemonilo dengan berbagai rasa.  Selain bekerja sama dengan NCT Dream untuk promosi, mi instan asal Indonesia ini disebut cocok di lidah pria kelahiran 20 tahun lalu itu.

Sudah jadi rahasia umum bila member asal China ini begitu menyukai buah manggis. Bahkan karena kecintaannya tersebut, manggis jadi hal pertama yang ia bagikan di Instagram setibanya di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, Chenle rupanya mendapat sekeranjang penuh buah manggis. Ia pun menyebut manggis sebagai salah satu buah favoritnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS